• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Manfaat dan Cara Memasak Edamame yang Tepat

Kenali Manfaat dan Cara Memasak Edamame yang Tepat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Kenali Manfaat dan Cara Memasak Edamame yang Tepat

“Edamame masih satu keluarga dengan kacang kedelai. Keduanya memiliki perbedaan dari segi bentuk. Edamame terlihat lebih besar dibanding kacang kedelai pada umumnya. Lantas, apa saja manfaat edamame bagi kesehatan tubuh? Bagaimana cara memasaknya?

Halodoc, Jakarta – Edamame adalah camilan tradisional dari Jepang yang kini terkenal di seluruh dunia. Selain dikenal nikmat, edamame memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh, dari meningkatkan kekebalan tubuh, hingga menurunkan risiko kanker.

Apa Saja Manfaat Edamame Bagi Kesehatan Tubuh?

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai cara memasak edamame agar manfaatnya dapat dirasakan oleh tubuh, sebaiknya kamu lebih dulu mengetahui apa saja kandungan dan manfaat edamame. Sejumlah manfaat edamame tersebut disokong dengan banyaknya nutrisi di dalamnya.

Dilansir dari Food Data Central U.S. Department of Agriculture, edamame mengandung energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, gula, kalsium, besi, kalium, serta sodium. Lengkapnya nutrisi tersebut membuat edamame menjadi satu-satunya jenis sayuran yang memiliki kandungan nutrisi lengkap di dalamnya.

Dalam satu porsi edamame saja, mampu memenuhi 10 persen asupan harian zat besi dan vitamin C, 8 persen asupan harian vitamin A dan serat. Dilihat dari kelengkapan nutrisi di dalamnya, berikut ini sejumlah manfaat edamame guna menunjang kesehatan tubuh:

Baca juga: 4 Cara Tepat Makan Oatmeal saat Diet

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat edamame yang pertama adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat yang satu ini dapat dirasakan karena kandungan vitamin dan antioksidan tinggi dalam edamame. Jika rutin mengonsumsinya, kamu mungkin saja terhindar dari berbagai penyakit dan infeksi berbahaya.

2. Meningkatkan Kinerja Organ Jantung

Manfaat edamame selanjutnya adalah meningkatkan kinerja organ jantung. Jika jantung dapat bekerja sebagaimana mestinya, kamu akan terhindar dari berbagai risiko penyakit jantung hingga tekanan darah tinggi. Manfaat tersebut dapat dirasakan karena antioksidan dalam edamame.

Antioksidan tersebut mampu menghancurkan lemak yang tertimbun dalam aliran darah. Menumpuknya lemak dalam tubuh menjadi pemicu penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi. Jadi, pastikan untuk mengonsumsi edamame secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, ya.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat yang satu ini dapat dirasakan karena kandungan isoflavon dalam edamame. Jika rutin mengonsumsinya, risiko kanker prostat maupun kanker payudara akan menurun. Isoflavon juga berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh, yang dapat membunuh sel kanker dengan sendirinya.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Antioksidan dalam edamame dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari paparan radikal bebas. Jika dikonsumsi secara rutin, edamame bermanfaat sebagai terapi alternatif untuk mencegah perubahan kulit seiring dengan bertambahnya usia. Dengan kata lain, edamame mampu mencegah penuaan dini. 

5. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Kandungan serat tinggi dalam edamame mampu menunjang sistem kerja pencernaan. Sayuran ini juga bermanfaat baik bagi peserta diet, karena dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Bagi seseorang yang ingin memiliki berat badan tetap ideal, disarankan untuk mengonsumsi edamame.

Sejumlah manfaat edamame tersebut dapat kamu rasakan jika dibarengi dengan proses memasak yang baik. Berikut ini beberapa cara tepat untuk memasak edamame.

Baca juga: Wortel Dapat Mempertajam Penglihatan di Malam Hari, Mitos atau Fakta?

Bagaimana Cara Tepat Memasaknya?

Berikut ini beberapa cara memasak edamame, agar manfaatnya dapat dengan baik dirasakan oleh tubuh:

  1. Direbus. Merebus edamame dapat dilakukan dengan mencampur sedikit garam. Rebus selama 5 menit, hingga kulit terasa empuk. Kemudian angkat, lalu tiriskan. Edamame siap disantap.
  2. Memakai microwave. Cara memasak selanjutnya dapat dilakukan di microwave. Letakkan edamame dalam mangkuk tahan panas, diamkan 1-3 menit hingga empuk. 
  3. Pan sear. Cara memasak selanjutnya dilakukan dengan temperatur tinggi menggunakan wajan. Masukkan saja edamame dalam wajan dengan api kecil, masak hingga kecokelatan. Edamame pun siap untuk disantap.

Baca juga: Bukan Sekadar Bumbu Dapur, Ini Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Setelah dimasak dengan cara pilihan, edamame dapat dimakan langsung atau ditambah dengan bumbu sesuai selera. Jika kamu lebih memilih mengonsumsi suplemen atau vitamin dengan kandungan seperti edamame, silahkan cek kebutuhannya di sini. Kamu bisa mendapatkan segala yang kamu butuhkan dengan satu kali klik. Yuk, download segera aplikasi Halodoc di sini

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

US Department of Agriculture. Diakses pada 2021. EDAMAME.
The Spruce Eats. Diakses pada 2021. How to Cook Edamame.
Healthline. Diakses pada 2021. 8 Health Benefits of Nuts.