28 September 2018

Kenali Manfaat Facial Toner dan Skin Toner dalam Skincare

skincare, toner, manfaat toner,perawatan kulit wajah

Halodoc, Jakarta – Salah satu produk perawatan kulit wajah yang penting dan dianjurkan untuk digunakan secara rutin adalah toner. Sebab, cairan yang berbasis air ini mengandung bahan aktif yang dapat membantu mengatasi masalah-masalah kulit. Tidak hanya membantu menghilangkan kotoran seperti minyak dan sisa make up. Penggunaan toner juga bisa membantu menenangkan, memperbaiki, dan menghaluskan permukaan kulit.

Toner sering digunakan pada bagian kulit wajah alias facial toner dan pada kulit secara keseluruhan atau skin toner. Toner biasa digunakan setelah membersihkan wajah dengan pembersih atau sabun pencuci muka. Bila diaplikasikan dengan benar, toner bisa memberi berbagai manfaat untuk kesehatan kulit, di antaranya:

1. Kulit Lebih Lembap

Penggunaan toner bisa membantu melembabkan kulit, dan mencegah terjadinya kerusakan seperti kulit kering dan pecah-pecah. Sebab, toner dapat membantu memenuhi kecukupan asupan air yang dibutuhkan kulit. Hal ini sangat penting untuk menjaga elastisitas, kehalusan, hingga keremajaan kulit secara keseluruhan.

Selain itu, kulit yang terhidrasi dengan baik juga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit seperti keriput atau kulit kusam. Penggunaan make up dalam jangka waktu panjang juga bisa berisiko menyebabkan kulit mengalami penuaan lebih cepat. Nah, penggunaan toner secara rutin disebut dapat membantu menurunkan risiko tersebut.

2. Bebas Jerawat

Rutin menggunakan toner dalam rangkaian skincare juga bisa membantu mencegah dan mengobati jerawat di kulit wajah. Meski berukuran kecil, munculnya jerawat di wajah bisa sangat mengganggu. Selain menyebabkan rasa sakit, jerawat di wajah juga bisa mengganggu penampilan dan membuat pemiliknya tidak percaya diri.

Toner bekerja dengan cara mengangkat penumpukan minyak, residu, dan sel-sel kulit mati dari kulit wajah. Nah, hal itu yang berperan dalam mengurangi jumlah noda di wajah dan mencegah timbulnya jerawat.

3. Mengecilkan Pori-pori

Selain tidak sedap dipandang, pori-pori kulit yang besar juga bisa menyebabkan tumpukan kotoran dan minyak memasuki kulit. Jika hal ini yang terjadi, risiko terjadinya iritasi dan infeksi menjadi lebih besar. Nah, rutin menggunakan toner dalam rangkaian skincare bisa membantu mencegah hal ini terjadi.

Facial toner dapat membantu mengencangkan pori-pori di kulit wajah, sehingga tidak banyak kotoran dan minyak yang diserap kulit. Alhasil, kulit wajah akan terlihat lebih segar, bersih, dan mencegah timbulnya jerawat yang mengganggu.

4. pH Wajah Seimbang

Penggunaan toner juga dapat membantu menyeimbangkan pH alias potensi hidrogen kulit wajah. Jika memiliki pH yang seimbang, kulit akan menjadi lebih sehat dan terjauh dari kelebihan minyak. Selain itu, pH kulit yang seimbang pun dapat mencegah terjadinya infeksi secara keseluruhan, serta seimbangnya kadar pH kulit berperan dalam membuat penampilan wajah yang lebih cerah dan halus.

5. Kulit lebih Terlindungi

Menggunakan toner artinya membantu menjaga tingkat hidrasi kulit, dan membuatnya lebih lembap. Kulit yang lembap tidak akan rentan terhadap kerusakan, artinya tingkat proteksi kulit menjadi lebih tinggi dan terhindar dari masalah.

Selain menggunakan skincare dan toner pada kulit, kamu juga bisa menjaga kesehatan kulit dengan mengonsumsi makanan sehat. Ada beberapa jenis makanan yang sudah dikenal baik untuk kesehatan kulit seperti buah-buahan dan sayuran. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Lebih mudah beli suplemen atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan Apotik Antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: