• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Manfaat Kemangi untuk Kesehatan Pria

Kenali Manfaat Kemangi untuk Kesehatan Pria

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kenali Manfaat Kemangi untuk Kesehatan Pria

“Kesehatan reproduksi dan kualitas kesuburan pria sangat penting karena berkaitan dengan peluang kehamilan. Nah, mengonsumsi kemangi dikabarkan dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kesuburan pria. Misalnya seperti meningkatkan gairah seksual, meningkatkan kualitas sperma, mengatasi ejakulasi dini, hingga mencegah kemandulan.”

Halodoc, Jakarta – Selain dijadikan sebagai lalapan atau penyedap masakan, daun kemangi atau basil ternyata juga menawarkan banyak manfaat lain. Salah satunya adalah meningkatkan kesehatan reproduksi dan kesuburan pria. Sebab, daun kemangi diketahui mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. 

Selain itu, daun yang satu ini kaya akan senyawa antioksidan seperti beta-karoten, beta-cryptoxanthin, lutein, hingga zeaxanthin. Semua nutrisi tersebut bermanfaat penting dalam meningkatkan kesehatan pria. Penasaran apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari daun kemangi? Yuk simak infonya di sini!

Baca juga: Serba-Serbi Kesuburan Pada Pria yang Harus Diketahui

Bermanfaat untuk Kesehatan dan Kesuburan Pria

Kesehatan reproduksi dan kualitas kesuburan pria sangat penting karena berkaitan dengan peluang kehamilan. Nah, mengonsumsi kemangi dapat memberikan banyak manfaat bagi kesuburan pria, antara lain:

  1. Meningkatkan Gairah Seksual

Daun kemangi tergolong sebagai makanan yang bersifat afrodisiak. Perlu diketahui bahwa makanan afrodisiak adalah makanan yang dapat meningkatkan gairah seksual. Dilansir dari Lybrate, kandungan nutrisi di dalam daun kemangi mampu merangsang tubuh ketika melakukan hubungan seksual.

  1. Meningkatkan Kualitas Sperma

Mengonsumsi daun kemangi dapat meningkatkan kualitas sperma, sehingga sperma mampu mencapai sel telur dengan mudah untuk melakukan pembuahan. Sebab, daun kemangi mengandung senyawa arginin. Senyawa tersebut diketahui dapat memperpanjang hidup sperma dan meningkatkan kekebalan sperma. Selain itu, daun kemangi juga bermanfaat dalam membantu pertumbuhan sel sperma.

  1. Mengatasi Ejakulasi Dini

Kandungan senyawa sineol dalam kemangi juga diduga bermanfaat untuk mengatasi masalah seksual. Salah satunya adalah ejakulasi dini pada pria. Selain itu, senyawa tersebut juga sangat baik untuk meningkatkan kualitas sperma, sehingga mampu membuahi sel telur dengan baik.

  1. Mengurangi Risiko Kemandulan

Salah satu penyebab dari kemandulan adalah produksi sel sperma yang rendah. Nah, salah satu manfaat dari kemangi berkat kandungan nutrisinya adalah membantu meningkatkan pertumbuhan sperma. Selain itu, senyawa arginin pada kemangi juga bermanfaat untuk memperpanjang hidup sperma. Maka dari itu, mengonsumsi daun kemangi secara teratur diharapkan dapat mengurangi risiko kemandulan pada pria.

Baca juga: Benarkah Kehamilan Ditentukan dari Banyaknya Sperma?

Manfaat Lain dari Kemangi

Selain bermanfaat bagi kesehatan reproduksi pria, kemangi juga memiliki beragam manfaat lainnya untuk kesehatan secara keseluruhan, antara lain: 

  1. Melawan Radikal Bebas

Daun kemangi mengandung berbagai antioksidan alami yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satu manfaatnya adalah melindungi jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas sendiri dapat menyebabkan stres oksidatif pada tubuh dan menyebabkan kerusakan sel. Oleh sebab itu, memenuhi asupan antioksidan yang dapat diperoleh dari kemangi, dan bermanfaat untuk mengurangi stres oksidatif. Selain itu, radikal bebas dalam tubuh juga dapat menyebabkan penuaan dini seperti kerutan pada wajah.

  1. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Dilansir dari WebMD, menambahkan kemangi ke dalam makanan dapat membantu mengurangi kadar gula darah yang tinggi. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tikus yang mengidap diabetes dan diberikan ekstrak kemangi. Selain itu, kemangi juga dapat membantu mengobati efek jangka panjang dari gula darah yang tinggi.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kandungan eugenol dalam kemangi dapat memblokir saluran kalsium. Kondisi tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh. Selain itu, kemangi juga dapat meningkatkan aliran darah dengan membuat otot dan pembuluh darah menjadi rileks. Kedua hal tersebut dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Nah, itulah penjelasan terkait manfaat daun kemangi bagi kesehatan reproduksi pria. Misalnya seperti meningkatkan gairah seksual, meningkatkan kualitas sperma, mengatasi ejakulasi dini, hingga mengurangi risiko infertilitas. Oleh sebab itu, mengonsumsi kemangi sangatlah dianjurkan, terutama bagi kamu yang sedang menjalani program kehamilan.

Baca juga: Ciri Air Mani yang Sehat

Namun, memeriksakan diri ke dokter secara rutin untuk mengetahui kesehatan sperma juga tak kalah penting. Sebab, pemeriksaan sperma juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kesuburan ayah. Hal tersebut tentu saja berkaitan dengan peluang kehamilan pada pasangan. 

Pasalnya, menurunnya kualitas dan kesehatan sperma seringkali tidak disadari secara dini. Oleh sebab itu, segeralah memeriksakan kesehatan sperma sedari awal sebelum memulai program hamil.

Melalui aplikasi Halodoc, kamu dapat membuat janji dengan dokter spesialis untuk memeriksakan kesehatan sperma di rumah sakit pilihanmu. Tentunya tanpa perlu mengantri atau menunggu berlama-lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Basil
Dr Health Benefits. Diakses pada 2021. 12 Potential Benefits of Lemon Basil for Reproductive System 
Librate. Diakses pada 2021. Daily Basil Consumption Can Enhance Libido In Men
Science Direct. Diakses pada 2021. Antioxidant activity and total phenolic content of essential oils and extracts of sweet basil (Ocimum basilicum L.) plants
Cambridge University. Diakses pada 2021. Dietary L-arginine supplementation improves semen quality and libido of boars under high ambient temperature