• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Manfaat Tembaga bagi Kehidupan Sehari-hari
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Manfaat Tembaga bagi Kehidupan Sehari-hari

Kenali Manfaat Tembaga bagi Kehidupan Sehari-hari

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 September 2022

“Tembaga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari, termasuk untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaatnya adalah menyehatkan kulit dan memperlancar produksi sel darah.”

Kenali Manfaat Tembaga bagi Kehidupan Sehari-hariKenali Manfaat Tembaga bagi Kehidupan Sehari-hari

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orang lebih sering mendengar jika tembaga berhubungan dengan kabel dan elektronik. Padahal, nutrisi ini juga dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah tertentu agar dapat berfungsi dengan normal.

Tembaga banyak terkandung dalam beberapa jenis makanan, termasuk makanan laut, kacang-kacangan, sayuran, buah, dan makanan lainnya. Memastikan kandungan ini tercukupi sehari-harinya mampu mendukung pertumbuhan dak kesehatan tubuh.

Maka dari itu, perlu tahu berbagai manfaat tembaga untuk kehidupan sehari-hari, termasuk untuk kesehatan.

Berbagai Manfaat Tembaga untuk Kesehatan Tubuh

1. Menyehatkan Kulit

Kandungan tembaga dapat meningkatkan produksi kolagen, yang mampu meningkatkan kekuatan dan struktur kulit, serta elastin yang dapat memberikan elastisitas dan ketahanan kulit. Bahkan, penelitian lainnya juga menyebutkan jika tembaga mampu mengurangi kerutan halus dan memperbaiki tampilan kulit.

Bahkan mineral ini juga efektif melawan infeksi akibat tinea pedis karena sifat antimikroba dan antijamurnya. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan kaus kaki yang diresapi oleh tembaga. 

Metode yang sama juga dapat mencegah infeksi kulit dan luka, termasuk luka yang sulit diobati pada pengidap diabetes. Maka dari itu, mineral ini dapat memberikan banyak manfaat pada seseorang yang rentan alami gangguan pada kulit.

2. Memperlancar Produksi Sel Darah

Tembaga juga memiliki manfaat lainnya yaitu mampu memperlancar produksi sel darah merah. Hal ini sangat penting dalam kelangsungan hidup dan menjaga kesehatan tubuh sehingga berbagai risiko kesehatan bisa diminimalisir.

3. Cegah Pengeroposan Tulang

Tembaga juga memiliki peran penting dalam pembentukan tulang. Bahkan, mineral ini diperlukan untuk membentuk tulang yang kuat. Konsumsi suplemen dengan tembaga dapat memperlambat kehilangan kepadatan mineral yang meningkatkan risiko menopause dan kekeroposan tulang.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Mineral ini juga sangat penting dalam menjaga kekuatan jantung dan pembuluh darah. Konsumsi suplemen dengan kandungan ini dapat meningkatkan fungsi jantung dan mencegah pembesaran jantung yang disebabkan oleh defisiensi tembaga.

Selain itu, konsumsi tembaga dapat menurunkan risiko aterosklerosis akibat berkurangnya kadar PAI-1. Bahkan, mendapatkan kadar mineral yang cukup dapat menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol jahat.

5. Mengatasi Kecemasan dan Depresi

Mengutip dari Journal of Maternal-Fetal & Neonatal Medicine, wanita hamil yang mengonsumsi suplemen tembaga per harinya mampu mengurangi gejala depresi dan kecemasan selama kehamilan. 

Namun pada penelitian lainnya, seseorang yang mengidap depresi memiliki kadar tembaga darah yang lebih tinggi. Tingginya kadar mineral ini juga berhubungan dengan depresi pasca-melahirkan. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan terkait hubungan antara kesehatan mental dan tembaga.

Itulah berbagai manfaat dari tembaga untuk kehidupan sehari-hari yang perlu diketahui. Dengan mencukupi kebutuhan harian dari mineral ini, berbagai manfaatnya tentu dapat dirasakan dan didapatkan. Meski begitu, perlu tahu batas konsumsi tembaga pada tubuh agar tidak mendapatkanya secara berlebihan.

Jika masih memiliki pertanyaan lainnya terkait manfaat tembaga untuk kesehatan, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk berinteraksi langsung dengan pakarnya. Kemudahan ini dan berbagai macam lainnya yang berhubungan dengan akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Maka dari itu, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Self Decode. Diakses pada 2022. 6 Copper Health Benefits + Sources, Intake & Dangers.
Journal of Maternal-Fetal & Neonatal Medicine. Diakses pada 2022. Evaluating the effects of copper supplement during pregnancy on premature rupture of membranes and pregnancy outcome.
Web MD. Diakses pada 2022. Copper and Your Health.