• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Metode Montessori untuk Anak Usia Dini
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Metode Montessori untuk Anak Usia Dini

Kenali Metode Montessori untuk Anak Usia Dini

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 04 Oktober 2022

“Metode montessori menekankan pada kebebasan dan aktivitas anak-anak sambil menerapkan gagasan pembelajaran langsung melalui latihan kelompok dan permainan. selain itu, terdapat beberapa prinsip utama yang mendasari metode ini.”

Kenali Metode Montessori untuk Anak Usia DiniKenali Metode Montessori untuk Anak Usia Dini

Halodoc, Jakarta – Biasanya, orang tua akan menggunakan metode tertentu untuk membesarkan dan mendidik anak agar mencapai potensi dirinya. Pada saat anak berada di usia pra sekolah atau sekolah dasar, orang tua mungkin cukup familiar dengan metode montessori. Metode ini cukup dikenal dan banyak dipakai sebagai metode pola asuh anak usia dini.

Metode Montessori adalah salah satu jenis pendidikan untuk anak usia dini yang dikembangkan oleh Dr. Maria Montessori. Metode ini menekankan pada kebebasan dan aktivitas anak sambil menerapkan gagasan pembelajaran langsung melalui latihan kelompok dan permainan. Ciri utama metode ini adalah anak akan belajar secara mandiri dan memutuskan apa yang ingin mereka pelajari. 

Prinsip Utama Metode Montessori

Metode ini akan lebih membebaskan anak untuk mengembangkan dirinya secara mandiri. Misalnya, anak akan belajar dengan pembelajaran atau aktivitas pilihan mereka dalam kelompok atau mandiri di kelas. Ada beberapa prinsip utama yang ditawarkan oleh metode ini. 

Berikut lima prinsip utama metode montessori:

1. Fokus pada Pembelajaran Langsung

Anak-anak yang menggunakan metode pendidikan montessori akan menggunakan materi yang telah dirancang sedemikian rupa. Seperti bagaimana mereka tidak hanya mengingat angka ketika mereka belajar aritmatika, namun mereka juga dapat menghitung dengan cepat. 

Maria Montessori menemukan bahwa anak-anak perlu bergerak dan belajar melalui pengalaman langsung. Jadi, tidak hanya dengan duduk dan mendengarkan guru atau orang tua mereka di rumah.

2. Belajar Secara One-on-One Lesson

Jika ada lebih dari satu anak dalam satu kelas montessori, masing-masing dari mereka pasti memiliki tingkat intelektual yang berbeda. Alhasil, guru akan menyesuaikan pelajaran dengan kebutuhan dan tingkat akademik setiap siswa. 

Untuk membantu kebutuhan belajar anak maksimal, metode pembelajaran individu akan lebih dianjurkan. Orang tua juga tetap harus memberikan perhatian penuh kepada anak saat menggunakan metode montessori di rumah.

3. Peran Guru dalam Menyediakan Sarana Belajar

Guru sebagai pembimbing sangat penting perannya di sekolah montessori. Tanggung jawab utama guru adalah untuk mengawasi anak dan menyajikan materi pendidikan yang tepat. 

Mereka tidak hanya berbicara atau menguraikan konsep-konsep abstrak tanpa aplikasi atau contoh secara langsung. Orang tua yang ingin mencoba mendidik anak-anaknya menggunakan metode ini di rumah harus juga mencari berbagai alat pengajaran untuk memudahkan anak belajar.

4. Ruang Belajar yang Mendukung dan Nyaman

Ruang belajar atau kelas harus disiapkan dan dibuat dengan baik. Dalam kata lain, lingkungan belajar perlu dirancang agar mendukung anak-anak belajar mandiri dan mengeksplorasi berbagai topik. 

Misalnya, untuk mengajarkan kerapian, orang tua dapat memilih rak rendah dan berbagai benda yang diatur di lokasi tertentu. Secara umum, ruang kelas sederhana dengan warna-warna lembut juga dapat mendorong anak-anak untuk berkonsentrasi dengan baik.

5. Membebaskan Anak untuk Memilih

Sekolah montessori menyediakan lingkungan belajar yang ditentukan sendiri oleh anak. Anak-anak dapat dengan bebas memilih berbagai materi dan bahan pembelajaran yang ditampilkan.

Hal ini dapat mencakup bahan pembelajaran sensorik, bahasa, matematika, geografi, budaya, musik, seni, dan kehidupan praktis. Kegiatan-kegiatan ini dapat membantu anak mempelajari kecakapan hidup, mengembangkan rasa percaya diri yang kuat, dan menumbuhkan rasa tanggung jawab.

Itulah pembahasan seputar metode montessori. Jika orang tua ingin berkonsultasi ke dokter terkait pola asuh anak, ibu dan ayah bisa menghubunginya melalui Halodoc. Bila dokter meresepkan obat, cek kebutuhan medis di Halodoc. Tunggu apa lagi, segera download Halodoc sekarang! 

Referensi:
American Montessori Society. Diakses pada 2022. What is Montessori Education?
Parenting for Brain. Diakses pada 2022. What is Montessori Education?