• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Perawatan untuk Mengatasi Kutu Rambut pada Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Perawatan untuk Mengatasi Kutu Rambut pada Anak

Kenali Perawatan untuk Mengatasi Kutu Rambut pada Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 07 Januari 2022

“Kutu rambut pada anak memang sangat mengganggu. Mereka jadi tak bisa tidur karena gatal, bahkan karena terlalu sering menggaruk kulit kepalanya yang bisa saja terluka. Oleh karena itu, penting untuk mencari cara yang tepat dalam membasmi kutu rambut pada anak.”

Kenali Perawatan untuk Mengatasi Kutu Rambut pada Anak

Halodoc, Jakarta – Kutu rambut adalah serangga kecil tak bersayap yang hidup di rambut manusia dan memakan darah di kulit kepala. Jika kamu menemukan kutu pada rambut anak, maka kemungkinan kamu juga akan menemukan telur kutu rambut. Telur kutu berwarna cokelat kehitaman ini adalah telur yang belum menetas menjadi kutu. Sementara telur kutu putih adalah telur yang sudah menetas.

Kutu rambut tidak bisa melompat atau terbang, jadi mereka menyebar hanya ketika orang-orang melakukan kontak dekat. Seperti saat kamu berdekatan,  ketika kamu memakai topi atau syal, atau ketika kamu menggunakan sisir atau sikat rambut bersamaan.  Ini berarti kutu rambut sangat mudah menyebar di antara anggota rumah tangga dan anak-anak di sekolah dan penitipan anak.

Kondisi ini memang cukup umum, tetapi jangan khawatir karena kutu rambut tidak membawa penyakit apapun. Hanya saja anak yang memilikinya akan sering menggaruk kepalanya dan merasakan gatal yang luar biasa, atau bahkan muncul luka di kepala. 

Cara Mengatasi Kutu Rambut pada Anak

Ada dua cara utama untuk mengobati kutu rambut, yakni menggunakan obat dan menghilangkannya dengan tangan sendiri. Berikut penjelasan keduanya: 

  • Obat-obatan

Sampo obat, krim bilas, dan losion tersedia di toko kesehatan untuk membantu membunuh kutu. Ini mungkin bisa dibeli tanpa resep atau dengan resep dokter. Jika kamu membeli obat bebas, pastikan ia aman untuk anak. Sebab ada beberapa sampo yang aman untuk anak di atas 2 bulan, dan ada yang aman hanya untuk anak di atas usia 2 tahun saja. 

Di beberapa tempat, kutu telah mengembangkan resistensi terhadap beberapa obat. Ini berarti obat ini tidak lagi bisa bekerja dengan maksimal dalam membunuh kutu. Jadi, mintalah dokter atau apoteker untuk merekomendasikan obat yang ampuh. Sementara untuk kutu yang sangat resisten, dokter mungkin menyarankan untuk minum obat tertentu. 

Pastikan kamu mengikuti dosis yang tertera pada kemasan obat atau sesuai petunjuk dokter. Sebab menerapkannya terlalu banyak bisa berbahaya. Menerapkan terlalu sedikit juga bisa tidak ampuh dalam membasmi kutu. 

  • Menghilangkan Sendiri dengan Tangan

Menghilangkan kutu dan telur kutu dengan tangan dapat menjadi cara yang tepat jika obatnya tidak sepenuhnya menghilangkan kutu pada rambut anak. Ini juga merupakan pilihan bagi siapa saja yang tidak ingin menggunakan insektisida. Cara ini juga merupakan satu-satunya pilihan untuk anak-anak berusia 2 bulan atau lebih muda, yang tidak boleh menggunakan pengobatan kutu obat.

Untuk melakukan ini, gunakan sisir bergigi halus pada rambut basah. Lakukan cara ini setiap 3–4 hari selama 3 minggu setelah kutu hidup terakhir terlihat. Membasahi rambut kamu untuk sementara akan menghentikan kutu agar tidak bergerak, dan kondisioner akan membuatnya lebih mudah untuk menyisir rambut.

Tidak perlu membeli sisir elektronik yang mengklaim dapat membunuh kutu atau membuat telur kutu lebih mudah dihilangkan. Tidak ada penelitian yang dilakukan untuk mendukung klaim ini. Kamu juga tidak perlu membeli larutan cuka khusus untuk dioleskan ke kulit kepala sebelum memetik telur kutu. Sebab air dan kondisioner berfungsi dengan baik.

Meskipun petroleum jelly, mayones, atau minyak zaitun kadang-kadang digunakan untuk mencoba membunuh kutu rambut, perawatan ini mungkin tidak berhasil. Jika obat tidak berhasil dan kamu ingin mencoba metode ini, bicarakan dengan dokter terlebih dahulu.

Kamu juga bisa mengajak anak untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit untuk membasmi kutu pada rambutnya. Kamu bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit melalui Halodoc supaya lebih mudah. Praktis bukan? Yuk download Halodoc sekarang!

Hal yang Perlu Dihindari dalam Membasmi Kutu

Selain dua perawatan di atas, ada beberapa hal penting yang yang tidak boleh kamu lakukan untuk membasmi kutu:

  • Jangan gunakan pengering rambut setelah menerapkan perawatan kulit kepala. Beberapa perawatan kutu menggunakan bahan yang mudah terbakar dan bisa terbakar.
  • Jangan menggunakan semprotan pestisida atau memanggil petugas pengendalian hama untuk mencoba menyingkirkan kutu karena ini bisa berbahaya.
  • Jangan gunakan minyak esensial (seperti minyak kenanga atau minyak pohon teh) untuk mengobati kutu di kulit kepala. Mereka dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit dan tidak disetujui oleh U.S. Food and Drug Administration.
  • Jangan pernah menggunakan bahan kimia yang sangat mudah terbakar, seperti bensin atau minyak tanah pada siapa pun.
Referensi:
American Academy of Pediatrics. Diakses pada 2021. Head Lice: What Parents Need to Know.
Kids Health. Diakses pada 2021. Head Lice.
Raising Children Network (Australia). Diakses pada 2021. Head Lice.