• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Teknik Dasar untuk Lakukan Renang Gaya Punggung
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Teknik Dasar untuk Lakukan Renang Gaya Punggung

Kenali Teknik Dasar untuk Lakukan Renang Gaya Punggung

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 29 September 2022

“Renang gaya punggung ternyata memiliki banyak manfaat. Akan tetapi, ini harus dilakukan dengan benar agar kamu bisa memperoleh manfaat yang maksimal.”

Kenali Teknik Dasar untuk Lakukan Renang Gaya PunggungKenali Teknik Dasar untuk Lakukan Renang Gaya Punggung

Halodoc, Jakarta – Renang gaya punggung memiliki beragam manfaat. Namun, gaya renang ini mungkin lebih sulit untuk pemula daripada renang gaya bebas. Pasalnya, gaya renang yang satu ini mengharuskan perenang menghadapkan posisi punggung di atas air. Meskipun metode ini akan membuat pernapasan lebih mudah, menjaga posisi tubuh tetap lurus di dalam air membutuhkan kekuatan dan koordinasi otot yang stabil.

Sebenarnya, renang gaya ini akan menjadi teknik renang yang paling mudah dibedakan dari teknik renang lainnya. Nah, untuk memperoleh manfaat yang maksimal, kamu perlu tahu beberapa teknik dasar untuk renang gaya punggung berikut ini!

Teknik Dasar Renang Gaya Punggung

Sesuai dengan namanya, gaya punggung dilakukan dengan punggung menjadi alas. Namun, teknik ini lebih daripada sekadar mengambang di air.

Berikut beberapa teknik dasar renang gaya punggung:

  • Tubuh harus horizontal dan setegak mungkin, dengan kepala sejajar, mata melihat ke atas dan tetap stabil.
  • Tendangan kaki yang konsisten berasal dari pinggul dan tetap dalam lebar tubuh.
  • Jari-jari kaki meruncing ke depan dengan pergelangan kaki rileks, dan lutut sedikit menekuk pada setiap tendangan.
  • Tekuk lutut akan memberikan kekuatan pada tendangan awal, dan diakhiri saat jari-jari kaki memecah permukaan air.
  • Tangan mengayun ke dalam air dengan jari kelingking terlebih dahulu, dan putar ke belakang kepala hingga kembali ke bawah air. Pastikan lengan selalu berdekatan dengan telinga saat memutar.
  • Lengan tetap lurus dan jari-jari rapat, terutama saat berada di dalam air.
  • Tendangan kaki dan ayunan gerakan lengan harus bersamaan sambil mempertahankan posisi kepala tetap stabil.
  • Semua teknik dilakukan terus menerus, stabil, dan santai.

Selain itu, teknik pengambilan bernapas juga tak kalah penting. Perenang gaya ini bernapas secara berbeda dari perenang gaya bebas, gaya dada, dan kupu-kupu karena kepala mereka berada di luar air sepanjang waktu. 

Perenang gaya ini dapat bernapas terus-menerus dan dilakukan dengan menarik napas ketika satu lengan istirahat, lalu membuang napas saat lengan lainnya istirahat.

Manfaat Renang Gaya Punggung

Setelah berhasil melakukan gaya ini dengan sempurna, kamu akan segera memperoleh manfaatnya. Banyak hal yang bisa ditingkatkan dari renang gaya ini:

1. Melatih Otot Tubuh

Renang gaya punggung melibatkan penggunaan banyak otot untuk bergerak dan menjaga keseimbangan di dalam air. Otot-otot tubuh, terutama di lengan, kaki, perut, bahu, panggul, dan bokong, dapat dilatih dan diasah dengan gaya ini.

2. Membakar Kalori

Berenang adalah salah satu bentuk latihan untuk jantung yang efektif. Selama 30 menit, renang gaya ini dapat membakar 200 kalori. Teknik renang ini juga dapat menurunkan risiko obesitas jika rutin dilakukan.

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Berenang gaya punggung memiliki keuntungan tambahan untuk memperbaiki postur tubuh. Otot-otot tubuh yang bekerja lebih keras ketika menggunakan teknik renang ini akan mempertahankan punggung untuk lurus di dalam air. Berenang gaya ini secara teratur akan membantu kamu mengembangkan kebiasaan duduk atau berdiri dengan tegak.

4. Membuat Tubuh Rileks

Berenang dipercaya sebagai cara bagi tubuh untuk rileks dan meredakan ketegangan. Salah satu gaya renang yang sering dilakukan untuk tujuan relaksasi adalah gaya punggung. Mood juga dapat meningkat dengan gaya ini, bahkan, olahraga ini bisa membuat kamu tidur lebih nyenyak di malam hari.

5. Meningkatkan Tinggi Badan

Renang gaya punggung memiliki beberapa keunggulan, salah satunya adalah meninggikan badan. Gaya ini akan melatih kamu untuk menjaga tubuh tetap lurus di dalam air. Akibatnya, tulang belakang akan memanjang sehingga membuat kamu tampak lebih tinggi dan lebih berotot.

Itulah pembahasan mengenai teknik dasar renang gaya punggung. Apabila kamu perlu berkonsultasi ke dokter, kamu bisa mengunjungi rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Segera  download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Dick’s Pro Tips. Diakses pada 2022. Breaking Down the Backstroke Technique.
Swim Teach. Diakses pada 2022. How To Swim Backstroke.