• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kerap Diabaikan, Ini 4 Tanda Kolesterol Tinggi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kerap Diabaikan, Ini 4 Tanda Kolesterol Tinggi

Kerap Diabaikan, Ini 4 Tanda Kolesterol Tinggi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 02 Juni 2022

“Setiap orang perlu tahu berbagai tanda yang ditimbulkan saat tubuh memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Beberapa tanda yang bisa terlihat adalah adanya plak kekuningan di atas kelopak mata dan arcus kornea.”

Kerap Diabaikan, Ini 4 Tanda Kolesterol Tinggi

Halodoc, Jakarta – Kebiasaan hidup tidak sehat dapat membuat seseorang berisiko mengalami kolesterol tinggi. Gangguan ini dapat menimbulkan masalah jika terus dibiarkan, sehingga penting untuk mengetahui beberapa tanda kolesterol tinggi. Nah, untuk mengetahui beberapa tandanya, baca ulasan berikut ini!

Tanda Kolesterol Tinggi yang Penting Diketahui

Kolesterol sendiri adalah jenis lilin lemak (lipid) yang diproduksi oleh hati. Zat ini penting untuk pencernaan makanan dan juga memproduksi hormon tertentu serta vitamin D. Namun, kadarnya perlu dijaga tetap normal, sebab jika terlalu tinggi dapat menimbulkan masalah pada tubuh. Saat kolesterol tinggi, sirkulasi darah terpengaruh dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui berbagai tanda saat seseorang mengalami kolesterol tinggi. Dengan begitu, pemeriksaan dini bisa dilakukan yang akhirnya penanganan yang tepat dapat mencegah komplikasi. Lalu, apa saja sih tanda kolesterol tinggi? Berikut beberapa tanda yang perlu diketahui:

1. Plak Kekuningan di Atas Kelopak Mata

plak kekuningan diatas kelopak mata

Salah satu tanda kolesterol tinggi yang perlu diketahui adalah adanya plak kekuningan di atas kelopak mata, atau disebut juga xanthelasma palpebrarum. Gangguan ini dapat disebabkan oleh pengkristalan kolesterol yang menimbulkan plak kuning di bagian luar mata tersebut. Jika mengalami gejala ini, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri agar masalah yang bisa disebabkan oleh kolesterol tinggi dapat dicegah.

2. Arcus Kornea

arcus kornea

Tanda kolesterol tinggi lainnya yang perlu diketahui adalah arcus kornea. Gangguan ini terjadi saat terlihat adanya lingkaran berwarna putih keabu-abuan di kornea mata. Gejala ini memang wajar dialami seseorang saat yang memiliki kolesterol tinggi, terutama yang diturunkan secara keluarga. Seseorang yang alami gejala ini kerap dihubungkan dengan peningkatan risiko dari penyakit jantung.

3. Kesulitan Bernapas

kesulitan bernapas

Seseorang yang kesulitan untuk bernapas juga bisa menjadi salah satu tanda dari kolesterol tinggi. Saat terjadi penumpukan kolesterol, plak dapat menutup pembuluh darah sehingga alirannya tidak lancar. Dengan begitu, darah yang mengandung oksigen sulit disebar di dalam tubuh karena ada hambatan tersebut. Saat mengalami sesak napas, tubuh juga lebih mudah lelah dan gangguan denyut jantung bisa juga terjadi.

4. Nyeri Dada

nyeri dada

Dalam beberapa kasus, nyeri dada juga bisa menandai gejala kolesterol tinggi. Sebab, kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan zat lemak di pembuluh darah arteri. Penumpukan ini membuat aliran darah menuju jantung tidak lancar dan akhirnya menimbulkan rasa nyeri. Jika dibiarkan, risiko untuk alami serangan jantung lebih tinggi.

Itulah beberapa tanda kolesterol tinggi yang perlu diketahui. Jika kamu mengalami salah satu atau bahkan lebih dari tanda tersebut, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan kesehatan. Dengan begitu, komplikasi akibat kolesterol tinggi dapat dihindari. 

Kamu juga bisa kok bertanya pada dokter dari Halodoc terkait tanda kolesterol tinggi. Interaksi ini bisa dilakukan dengan menggunakan fitur tanya dokter dari aplikasi Halodoc. Maka dari itu, segera download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan kemudahan dalam akses kesehatan kapan dan di mana saja!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. Do high cholesterol levels trigger symptoms to occur?
Very Well Health. Diakses pada 2022. High Cholesterol Symptoms and Signs.
Stats Pearl. Akul Munjal; Evan J. Kaufman. Diakses pada 2022. Arcus Senilis.
Dovepress. Pragya A Nair and Rochit Singhal. Diakses pada 2022. Xanthelasma palpebrarum – a brief review.