• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kerap Disamakan, Ini Perbedaan Lensa Bluecromic dan Blueray
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kerap Disamakan, Ini Perbedaan Lensa Bluecromic dan Blueray

Kerap Disamakan, Ini Perbedaan Lensa Bluecromic dan Blueray

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 19 September 2022

“Lensa bluecromic dan blueray memiliki perbedaan. Salah satunya adalah kemampuan mengubah warna saat siang guna memberi efek perlindungan mata dari paparan sinar UV.”

Kerap Disamakan, Ini Perbedaan Lensa Bluecromic dan BluerayKerap Disamakan, Ini Perbedaan Lensa Bluecromic dan Blueray

Halodoc, Jakarta – Kacamata memiliki dua komponen utama yaitu frame dan lensa. Frame bisa disesuaikan dengan selera atau tren yang sedang happening guna mempercantik penampilan.

Sementara lensa, ini adalah bagian paling penting pada kacamata yang berfungsi membantu meningkatkan penglihatan. Penyesuaian lensa dilakukan berdasarkan keluhan dan fungsinya.

Dua jenis lensa yang umum dipilih yaitu lensa bluecromic dan blueray. Keduanya memiliki perbedaan mendasar. Beberapa di antaranya perubahan warna, perbedaan fungsi dan kemampuan menangkal sinar biru (blue light).

Pengertian Lensa Bluecromic dan Blueray

Lensa Bluecromic

Lensa ini memiliki kemampuan berubah warna menjadi gelap ketika terpapar sinar matahari yang mengandung UV. Sangat cocok untuk kamu yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan siang hari.

Lensa Blueray

Lensa ini memiliki kemampuan menangkan efek samping radiasi dari blue light yang dihasilkan oleh gadget. Tak hanya itu, lensa blueray juga bisa mencegah paparan sinar UV masuk ke dalam mata.

Perbedaan Lensa Bluecromic dan Blueray

1. Perbedaan Fungsi

Lensa bluecromic bisa digunakan siang hari sebagai ganti kacamata hitam karena bisa berubah warna jadi lebih gelap. Tapi, kadar gelapnya tidak seperti kacamata hitam pada umumnya.

Sementara blueray, lensa ini tidak bisa berubah warna menjadi gelap di siang hari. Jika bertujuan untuk menghalangi silau akibat paparan sinar matahari, kamu tetap perlu menggunakan kacamata hitam.

2. Perubahan Warna

Perbedaan yang jelas terlihat saat kedua jenis lensa terpapar sinar UV dari matahari. Lensa bluecromic berubah kehitaman, tapi bluelight tetap berwarna bening. Perubahan warna gelap pada bluecromic bisa memberikan perlindungan maksimal pada mata.

3. Perbedaan Menangkal Sinar Biru

Ketimbang lensa bluecromic, blueray mampu menangkap sinar biru dari gadget dengan lebih baik. Sinar biru bisa berdampak pada mata lelah. Penyakit mata ini dikenal dengan sebutan sindrom penglihatan komputer.

Penyakit tersebut berdampak pada 50 persen pengguna gadget yang ditandai dengan mata kering, iritasi dan penglihatan kabur. Tak hanya itu, pengguna gadget juga berisiko mengalami fotoksisitas.

Keparahan gejalanya tergantung pada panjang gelombang dan waktu paparan sinar biru. Karena itu, penggunaan lensa blueray diperlukan guna membantu menurunkan intensitas cahaya sebanyak 94 persen.

4. Pemakaian di Siang atau Malam Hari

Baik lensa bluecromic atau blueray terasa nyaman dipakai malam hari, di dalam maupun di luar ruangan. Karena bisa berubah menjadi lebih gelap, lensa bluecromic lebih unggul. Sebab, membuat mata terasa lebih nyaman saat berada di luar ruangan pada siang hari.

5. Perbedaan Harga

Lensa bluecromic dibanderol dengan harga lebih mahal karena bisa berubah warna. Jadi, pembeli bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Disarankan untuk menggunakan lensa yang sesuai agar kesehatan mata tetap terlindungi.

Jika bingung menentukan jenis lensa yang ingin dipakai, kamu bisa tanya dokter untuk membantu menyesuaikan jenis lensa sesuai dengan kebutuhan. Kamu juga bisa mendapatkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya dengan mendownload Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. Can blue light glasses prevent damage to eyes?
Eyehealth. Diakses pada 2022. Blue Ray Cut Lens In Nepal, What Is Blue Ray Cut Lens, And Its Features.
Essilor. Diakses pada 2022. LENSES TO PROTECT YOUR EYES FROM HARMFUL BLUE LIGHT.