Keringat Dapat Memperparah Eksim Atopik, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
eksim atopik, radang kulit

Halodoc, Jakarta - Eksim atopik merupakan jenis penyakit yang dialami jangka panjang, serta gejalanya dapat membaik dan kembali menjadi parah. Gejala penyakit ini biasanya akan muncul 2-3 kali dalam satu bulan. Eksim atopik merupakan bentuk eksim yang paling umum terjadi dan lebih sering terjadi pada anak-anak. Namun, penyakit ini tidak menutup kemungkinan menyerang orang dewasa.

Baca juga: Bukan Cuma Orang Dewasa, Newborn Juga Bisa Terkena Eksim Atopik

Eksim Atopik, Kondisi saat Kulit Kering dan Meradang

Eksim atopik, atau yang bisa disebut dengan dermatitis atopik, merupakan kondisi ketika kulit meradang, kering, gatal, pecah-pecah, dan berwarna agak kemerahan. Eksim atopik biasanya muncul dan kemudian menghilang dalam beberapa waktu. Karena termasuk penyakit jangka panjang, gejalanya bisa saja muncul 2-3 kali dalam satu bulan.

Biasanya, orang yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit yang sama akan lebih rentan mengidap kondisi ini. Selain riwayat keluarga yang sama, penyakit ini juga rentan dialami oleh orang-orang yang mengidap hay fever, asma, dan kerusakan pelindung pada kulit yang menyebabkan cairan keluar dan bakteri dapat masuk ke dalam kulit.

Baca juga: Eksim Atopik Saat Hamil Bisa Meski Ditangani Tepat

Apa Gejala yang Akan Muncul pada Pengidap Eksim Atopik?

Penyakit ini dapat muncul pada bagian tubuh mana saja, terutama pada bagian kulit yang memiliki lipatan seperti kaki, bagian belakang lutut, tangan (terutama jari tangan), bagian dalam sikut, wajah, dan kulit kepala. Ketika penyakit ini muncul, kulit akan terasa kering dan terasa gatal. Nah, ini merupakan gejala awal dari eksim atopik. Gejala yang mungkin terjadi, antara lain:

  • Eksim atopik yang muncul pada balita berusia 2 tahun, biasanya mengalami ruam di daerah lutut dan lipatan sikut. Hal ini dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

  • Kulit yang menebal, kering, bersisik, dan pecah-pecah.

  • Rasa gatal yang memuncak pada malam hari.

  • Ruam merah, dan ruam ini dapat menyebar akibat digaruk terlalu sering.

  • Luka melepuh yang dapat mengeluarkan cairan dan dapat menjadi luka terbuka saat digaruk.

Tingkat keparahan eksim atopik ini sangat bervariasi. Bagi pengidap eksim yang ringan, hanya sebagian kecil kulit kering yang terkadang terasa gatal. Dalam kasus yang lebih parah, eksim atopik dapat menimbulkan ruam merah yang menyebar ke seluruh tubuh dan rasa gatal yang terus-menerus.

Keringat Dapat Memperparah Eksim Atopik, Benarkah?

Keringat dapat menjadi salah satu faktor yang memperparah eksim atopik yang kamu alami. Selain itu, udara kering dan berdebu, stres, terpapar suhu air dan udara yang terlalu panas atau dingin juga dipercaya dapat menimbulkan gangguan kulit yang memicu terjadinya eksim atopik.

Selain beberapa hal di atas, penyakit ini dapat dipicu dengan adanya perubahan hormon, adanya infeksi kulit, alergi makanan, alergi suhu, alergi bulu hewan, bahan pakaian yang tidak nyaman, terkena serbuk sari tanaman, dan stres.

Baca juga: Eksim, Penyakit Kulit Menahun yang Ganggu Penampilan

Nah, jika kamu menemukan gejala-gejala eksim atopik pada kulitmu, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!