• Home
  • /
  • Kesal pada Pasangan, Lakukan Ini Agar Cepat Baikan

Kesal pada Pasangan, Lakukan Ini Agar Cepat Baikan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Kesal pada Pasangan, Lakukan Ini Agar Cepat Baikan

Halodoc, Jakarta - Saat kamu sudah memutuskan untuk berkomitmen dengan seseorang, pasti kamu akan berusaha semaksimal mungkin untuk membahagiakannya. Walau begitu, bukan tidak mungkin perdebatan dapat timbul ketika terjadi kesalahpahaman. Banyak orang bilang apabila hal ini dapat menjadi "bumbu” rumah tangga.

Sangat penting untuk kamu menjadi dewasa dalam mengatasi pertengkaran yang terjadi dalam hubungan. Maka dari itu, kamu harus tahu cara yang ampuh untuk cepat baikan dengan pasangan. Dengan begitu, perselisihan yang terjadi tidak berlarut-larut.

Baca juga: Cekcok dengan Pasangan, Coba Atasi dengan Rahasia Ini

Hal yang Dapat Dilakukan Agar Cepat Baikan dengan Pasangan

Merupakan hal yang normal ketika pasangan terlibat dalam perdebatan. Dengan adanya hal tersebut kamu semakin mengetahui karakter pasanganmu dan hal yang ingin dilakukannya. Jika kamu tidak pernah berbeda pendapat, berarti kamu dan pasangan kurang bisa mengekspresikan pendapat masing-masing.

Walau begitu, hal yang paling penting adalah tindakan yang kamu lakukan setelah perselisihan tersebut dan cara mengatasinya. Ketika solusi dari masalah tersebut belum ditemukan dan rasa kesal masih ada, sangat sulit untuk meminta atau memaafkan pasanganmu. Maka dari itu, berikut adalah cara cepat baikan dengan pasangan:

  1. Meminta Maaf Lebih Dahulu

Memang tidak banyak orang yang mau untuk meminta maaf pertama, karena rasa gengsi atau merasa hal tersebut akan ditandai sebagai kelemahan. Padahal, tidak ada salahnya meminta maaf terlebih dulu agar masalah yang ada tidak diselesaikan dengan berlarut-larut. Jangan sampai perdebatan yang kecil akan membesar karena kamu tidak ingin meminta maaf terlebih dahulu.

  1. Bernegosiasi

Kamu juga dapat bernegosiasi dengan pasanganmu sebagai cara cepat baikan dengan pasangan. Memang hal yang biasa apabila kamu dan pasangan menginginkan hal yang berbeda. Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan negosiasi agar ketemu titik tengah yang disepakati bersama tanpa adanya perselisihan lebih lanjut.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait hubungan, psikolog dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan! Selain itu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar rumah dengan aplikasi tersebut.

Baca juga: Cara Bertengkar dengan Pasangan Bisa Pengaruhi Usia

  1. Memberikan Waktu Sendiri

Mungkin sebaiknya kamu tidak berbicara dengan pasangan untuk beberapa saat, karena mungkin ia menginginkan waktu untuk sendiri selama beberapa saat. Hal ini juga penting untuknya memproses pikiran dan perasaan tentang masalah yang terjadi. Dengan begitu, setelah mendapat waktu sendiri, pikirannya menjadi lebih jernih dan hati lebih terbuka yang dapat dengan mudah mencari jalan keluar dari masalah yang terjadi.

  1. Atasi Kemarahan yang Timbul

Cara cepat baikan dengan pasangan lainnya adalah dengan mengatasi rasa marah yang timbul. Jika kamu telah dapat mengatasi emosi yang timbul saat pertengkaran, pikiran dan hati yang tenang akan menemukan solusi untuk masalah yang terjadi. Pada saatnya, kamu akan menemukan apabila perasaan marah yang terjadi berhubungan dengan perasaan diabaikan atau lebih banyak menginginkan perhatian.

  1. Utamakan Hubunganmu

Kamu juga harus benar-benar mengutamakan hubungan dengan pasangan agar lebih langgeng. Hubungan yang harmonis sangat dibutuhkan, sehingga kamu berpikir secara jauh. Dengan perselisihan yang ada, kamu akan benar-benar mencari cara agar masalah ini dapat diatasi dengan cepat dan tepat. Selain itu, kamu juga dapat berempati pada perspektif dari pasanganmu.

Baca juga: Kiat Mengajarkan Anak Meminta Maaf

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan sebagai cara agar cepat baikan dengan pasangan yang dapat mengatasi masalah agar tidak berlarut-larut. Dengan begitu, kamu dapat menjadi lebih dewasa dalam menyikapi suatu perdebatan. Sehingga, hubungan kamu dengan partner menjadi lebih awet.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. 8 Ways To Kiss And Make Up
Bustle. Diakses pada 2019. 6 Ways To Make Up After A Fight No Matter How Bad It Was