• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 11 Makanan yang Mengandung Selenium Tinggi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 11 Makanan yang Mengandung Selenium Tinggi

Ketahui 11 Makanan yang Mengandung Selenium Tinggi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 September 2022

“Selenium merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh dan bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa makanan yang mengandung banyak selenium yaitu daging sapi, kacang brazil, telur, dan ikan.”

Ketahui 11 Makanan yang Mengandung Selenium TinggiKetahui 11 Makanan yang Mengandung Selenium Tinggi

Halodoc, Jakarta – Selenium adalah mineral penting yang secara alami terkandung dalam banyak sumber makanan. Beberapa sumber makanan yang mengandung banyak selenium yaitu kacang, makanan laut, dan daging. Mineral ini merupakan nutrisi penting bagi tubuh manusia. Sebab ia memiliki manfaat penting dalam reproduksi, metabolisme hormon tiroid, sintesis DNA, dan perlindungan tubuh dari kerusakan oksidatif dan infeksi. 

Simak artikel ini untuk mengetahui informasi tentang makanan sehat yang mengandung banyak selenium. 

Makanan Kaya Selenium yang Baik Dikonsumsi

Mineral selenium bermanfaat untuk mendukung reproduksi, fungsi kelenjar tiroid, produksi DNA, dan mencegah peradangan. Kekurangan selenium pada tubuh ditandai dengan perubahan suasana hati, kecemasan, kebingungan, dan berkontribusi pada penyakit myodegenerative seperti kelemahan otot. 

Kabar baiknya, kekurangan selenium dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan berikut ini:

1. Kacang brazil

Kacang brazil merupakan salah satu sumber selenium terbaik. Dalam 28 gram  atau sekitar enam hingga 8 kacang, mengandung selenium sekitar 544 mcg. Namun, batasi konsumsi kacang brazil untuk mencegah keracunan selenium.

2. Ikan

Makanan laut  seperti ikan tuna mengandung sekitar 92 mcg selenium per 85 gram ikan. Hal tersebut menjadikan ikan tuna sebagai sumber selenium yang sangat baik. Begitu juga dengan ikan sarden, tiar, kerang, udang, salmon, dan kepiting, yang mengandung selenium antara 40 hingga 65 mcg.

3. Daging sapi

Kandungan selenium pada daging sapi tergantung pada jenis potongannya. Misalnya, potongan steak daging mengandung selenium sekitar 33 mcg. Sementara hati sapi mengandung sekitar 28 mcg selenium, dan daging giling sekitar 18 mcg.

4. Ayam

Daging ayam mengandung sekitar 22 hingga 25 mcg selenium per 85 gram. 

5. Telur

Satu telur rebus mengandung sekitar 20 mcg selenium. Meskipun kamu mengolah telur dengan cara berbeda, kandungannya tetap kurang lebih sama.

6. Nasi merah

Secangkir nasi merah yang dimasak akan menghasilkan 19 mcg selenium, atau sekitar 27 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan. Orang dewasa dapat mengonsumsi daging merah dengan 85 gram ayam, untuk mendapatkan jumlah selenium yang direkomendasikan (50 mcg). 

7. Biji bunga matahari

Seperempat cangkir biji mengandung hampir 19 mcg selenium. Biji-bijian ini bisa kamu jadikan camilan sehat sekaligus mendapatkan manfaat dari selenium yang terkandung di dalamnya.

8. Bayam

Bayam yang dimasak mengandung sekitar 11 mcg selenium per cangkir. Kelebihan lainnya, bayam juga mengandung banyak asam folat dan vitamin C yang baik untuk kesehatan.

9. Susu dan yoghurt

Susu dan yoghurt masing-masing mengandung sekitar 8 mcg selenium per cangkir, atau sekitar 11 persen dari kebutuhan harian. Kamu bisa menambahkan susu atau yoghurt ke dalam satu porsi sereal, untuk memperoleh nutrisi penting lainnya. 

10. Pisang

Secangkir pisang mengandung 2 mcg selenium, atau 3 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Meskipun tidak banyak, tapi kebanyakan buah memang mengandung sedikit selenium atau tidak sama sekali. Maka kamu perlu mencampurkan pisang ke dengan yoghurt atau oatmeal untuk mendapatkan lebih banyak selenium.

11. Udang

Sekitar 85 gram udang memiliki kandungan selenium sebanyak 40 mcg, atau 73 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan pada orang dewasa.

Sebagai mineral penting, kamu perlu mendapatkan asupan makanan yang mengandung selenium setiap hari. Perlu diingat, jumlah selenium harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa sebanyak 55 mcg. Hal tersebut untuk mencegah gangguan kesehatan seperti masalah kesuburan.

Bagi kamu yang ingin tahu lebih jauh mengenai manfaat selenium, atau memiliki keluhan kesehatan, dapat bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
National Institute of Health. Diakses pada 2022. Selenium
Healthline. Diakses pada 2022. 20 Foods Rich in Selenium
Medical News Today. Diakses pada 2022. 15 foods high in selenium
WebMD. Diakses pada 2022. Healthy Foods High in Selenium