• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 3 Dampak Berbagi Lipstik dengan Orang Lain

Ketahui 3 Dampak Berbagi Lipstik dengan Orang Lain

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui 3 Dampak Berbagi Lipstik dengan Orang Lain

“Dampak berbagi lipstik dengan orang lain tidak sesederhana yang dibayangkan. Faktanya, kebiasaan ini bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan terus menerus. Kebiasaan berbagi lipstik dengan orang lain disebut bisa meningkatkan risiko penularan bakteri hingga memicu terjadinya herpes pada bibir.

Halodoc, Jakarta – Dampak berbagi lipstik dengan orang lain tidak boleh disepelekan. Nyatanya, berbagi peralatan make up, terutama lipstik, bukanlah hal yang bijaksana. Ada sejumlah dampak kesehatan yang bisa muncul akibat kebiasaan yang satu ini, salah satunya adalah terjadi penyebaran virus yang bisa memicu penyakit. 

Lipstik adalah jenis make up yang sering digunakan untuk memberi warna dan memoles bibir. Pilihan warna produk kecantikan ini beragam, mulai dari warna paling terang hingga yang paling gelap. Karena itu, saling berbagi atau bertukar lipstik untuk sekadar mencoba warna tertentu adalah hal yang sering terjadi. Sayangnya, tidak banyak yang menyadari bahwa ada bahaya di balik kebiasaan tersebut.

Baca juga: Agar Bibir Tetap Pink Alami meski Tak Pakai Lipstik

Dampak Berbagi Lipstik yang Harus Diwaspadai 

Setidaknya, ada tiga dampak berbagi lipstik yang perlu diwaspadai, yaitu: 

  1. Penyebaran Bakteri

Bayangkan jika ujung lipstik menyentuh banyak bibir, dan kamu menggunakan lipstik yang sama. Faktanya, ada banyak bakteri yang mungkin terdapat di setiap bibir manusia. Bakteri bisa menempel di ujung lipstik dan berpindah dengan mudah. Bibir manusia memiliki pembuluh darah yang luas di bawah permukaan kulit akan tetapi sangat tipis. Jadi, apapun yang diterapkan pada bibir bisa menyebar ke seluruh pembuluh darah.

Baca juga: Lipstik Bisa Sebabkan Kanker Mulut?

  1. Bakteri bisa Bertahan Lama 

Tapi kan, lipstik saya dipinjam beberapa hari yang lalu? Bakteri tetap ada di sana dan bisa menyebar jika ujung lipstik yang sama digunakan. Sebab, bakteri pada lipstik bisa bertahan hingga berminggu-minggu. Saat dioleskan ke permukaan bibir, bakteri akan berpindah dan bisa memicu penyakit. 

  1. Risiko Herpes 

Ini adalah dampak berbagi lipstik yang paling nyata dan bisa berbahaya. Sebab, ada kemungkinan seseorang yang meminjam lipstik tengah mengalami luka, bibir pecah-pecah, atau sariawan. Nah, dari sanalah bakteri bisa muncul dan bisa menular. Bakteri yang tertular dari luka di bibir atau mulut bisa menjadi pemicu terjadinya herpes. 

Baca juga: Ini Bahaya Pakai Lipstik Kedaluwarsa

Maka dari itu, hindari kebiasaan meminjamkan lipstik agar tidak mengalaminya dampaknya. Selain itu, penting juga untuk selalu menjaga kesehatan bibir, dengan mengonsumsi makan sehat dan lengkapi dengan perawatan bibir yang sesuai. Cek kebutuhan perawatan kecantikan di aplikasi Halodoc. Dapatkan produk yang dibutuhkan dengan mudah, pesanan akan dikirim segera ke rumah. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
Boldsky. Diakses pada 2021. Deadly Reasons Why You Should Not Share Your Lip Balm!
WebMD. Diakses pada 2021. Dirty Secret: Sharing Makeup. 
HuffPost. Diakses pada 2021. Can Sharing Lipstick, Lip Balm Or Cigarettes Give You Herpes?