• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 3 Nutrisi Wajib yang Harus Ada di Trimester Pertama

Ketahui 3 Nutrisi Wajib yang Harus Ada di Trimester Pertama

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui 3 Nutrisi Wajib yang Harus Ada di Trimester Pertama

Halodoc, Jakarta - Ibu ingin memiliki kandungan yang sehat? Penting untuk selalu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan agar dapat memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Pemilihan makanan yang sehat tentu harus diwujudkan selama kehamilan. Maka dari itu, ibu harus tahu nutrisi apa saja yang harus dipenuhi, terutama pada trimester pertama. Berikut pembahasan lengkapnya!

Nutrisi saat Hamil yang Perlu Dicukupi pada Trimester Pertama

Pada trimester pertama, pembagian waktu kehamilannya terjadi saat sel-sel janin pertama kali terbentuk hingga akhir minggu ke-12. Momen ini adalah waktu yang paling penting terhadap perkembangan bayi, seperti pembentukan organ, bayi mulai bergerak, hingga pembentukan otot. Saat sudah memasuki usia 12 minggu dan berpindah ke trimester kedua, janin harusnya sudah terbentuk sempurna seukuran buah persik.

Baca juga: Trimester Pertama, Ini 5 Cara Jaga Kehamilan

Maka dari itu, ibu hamil perlu memperhatikan nutrisi saat trimester pertama dengan mengonsumsi segala makanan yang sehat. Beberapa makanan, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, protein tanpa lemak, hingga lemak sehat perlu dicukupi. Namun, beberapa nutrisi saat hamil perlu mendapatkan perhatian khusus karena sangat penting untuk kesehatan janin. Nah, berikut in beberapa nutrisi yang perlu dicukupi pada trimester pertama:

1. Asam Folat

Nutrisi saat hamil yang paling penting untuk dipenuhi adalah asam folat. Kandungan dari vitamin B ini dapat membantu untuk mencegah cacat tabung saraf hingga kelainan serius pada otak dan sumsum tulang belakang. Tercukupinya asam folat telah terbukti dapat menurunkan risiko dari kelahiran prematur. Jumlah kandungan asam folat yang dibutuhkan per harinya selama kehamilan adalah 400 hingga 1.000 mikrogram.

Sumber makanan yang dapat mencukupi kebutuhan asam folat harian, antara lain sayuran berdaun hijau (brokoli dan bayam), buah-buahan (jeruk dan alpukat), kacang-kacangan, kacang polong, dan telur. Beberapa jenis sereal yang nutrisinya sudah diperkaya juga baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi asam folat saat hamil. Konsumsi suplemen vitamin yang mengandung asam folat juga dapat menjadi pilihan lainnya.

Baca juga: 5 Hal Ini Menunjukan Tanda Kehamilan yang Sehat

2. Kalsium

Seorang ibu yang hamil membutuhkan asupan kalsium yang cukup untuk menjaga tulang dan giginya agar tetap kuat dan tidak mudah keropos. Pada bayi, nutrisi yang perlu dicukupi saat hamil ini juga dapat memastikan pertumbuhan tulangnya lebih kuat. Kalsium juga dapat membantu sistem peredaran darah, otot, dan saraf agar tetap berjalan dengan normal. Kebutuhan harian dari kalsium sekitar 1.000 hingga 1.300 miligram per harinya.

Sumber terbaik yang dapat memastikan kebutuhan kalsium harian adalah produk susu karena paling mudah untuk diserap. Makanan lainnya yang merupakan sumber kalsium adalah brokoli, kangkung, bayam, ikan salmon, ikan tongkol, dan ikan salmon. Sama seperti asam folat, ibu juga dapat memastikan kebutuhan harian kalsium terpenuhi dengan mengonsumsi suplemen dari nutrisi tersebut.

3. Protein

Protein juga nutrisi saat hamil yang tidak boleh dilupakan perannya. Nutrisi ini dapat memastikan pembentukan otot hingga jaringan tubuh pada janin. Dengan lebih banyak mengonsumsi protein, ibu hamil juga tidak rentan untuk terkena penyakit. Beberapa sumber makanan yang kaya akan kandungan protein adalah daging tanpa lemak, ikan, telur, kacang-kacangan, hingga produk susu.

Dengan mengetahui segala nutrisi yang harus dicukupi saat hamil, ibu dapat memastikan jika kandungan mendapatkan asupan yang cukup. Berikan yang terbaik untuk janin yang ada di dalam kandungan agar lahir dalam keadaan sempurna tanpa kekurangan apa pun. Selain konsumsi makanan sehat, ibu juga harus berolahraga rutin dan hindari segala kebiasaan buruk yang dilakukan sebelumnya.

Baca juga: Baru Hamil, Ketahui 4 Tipe Bumil Ini

Ibu juga dapat berdiskusi dengan dokter kandungan dari Halodoc hanya dengan menggunakan gadget di tangan. Kemudahan akses ini bisa didapatkan dengan download aplikasi Halodoc saja. Tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Pregnancy diet: Focus on these essential nutrients.
Diet in Pregnancy. Diakses pada 2021. Your guide to first trimester nutrition.