• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 3 Penyakit yang Dapat Menyerang Batang Otak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 3 Penyakit yang Dapat Menyerang Batang Otak

Ketahui 3 Penyakit yang Dapat Menyerang Batang Otak

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 21 Juni 2022

“Batang otak merupakan salah satu bagian dari otak yang berfungsi sebagai penghubung antara otak besar dan kecil. Jika sudah tidak berfungsi dengan baik, siap-siap ada sejumlah penyakit yang dapat menyerang batang otak.”

Ketahui 3 Penyakit yang Dapat Menyerang Batang Otak

Halodoc, Jakarta – Selebritis Sarwendah tengah mengidap penyakit langka di bagian batang otak. Kondisi tersebut mengharuskan wanita 32 tahun ini untuk menjalani operasi.

Namun demikian, ada dampak panjang yang akan timbul kalau-kalau operasinya tak berhasil seperti penglihatan dan komunikasi yang tak bisa normal seperti sedia kala. Pernyataan ini disampaikan oleh suami Sarwendah, Ruben Onsu, dikutip Tempo.   

Omong-omong soal kondisi yang dialami Sarwendah, ada sejumlah penyakit yang nantinya bisa menyerang bagian batang otak. Tapi sebelumnya, mari pahami pengertian fungsi dan penyakit yang bisa menyerang batang otak.

Batang otak adalah bagian di otak berbentuk tangkai yang berfungsi sebagai penghubung jaringan saraf ke sumsum tulang belakang. Adapun, batang otak berada di area belakang bawah atau dasar otak. 

Batang otak berukuran 1,27 sentimeter yang berperan dalam mengendalikan semua aktivitas dasar sistem pada saraf pusat. Beberapa di antaranya, mengatur suhu tubuh, detak jantung, tekanan darah, menelan, dan bernapas.

Karena fungsi batang otak yang vital bagi tubuh, ada sejumlah penyakit yang bisa menyerang batang otak. Seperti:

1. Tumor Otak

Tumor otak bisa terbentuk dari sel glial di batang otak. Sel yang barusan disebut bertugas untuk menyangga sel saraf yang membawa oksigen ke sel saraf.

Kondisi ini bisa dialami dalam dua keadaan. Tumor otak ringan dan ganas. Kalau sudah ganas, kondisi ini yang disebut kanker batang otak.

Gejala tumor batang otak timbul dengan sejumlah pertanda. Sakit kepala, mual, mati rasa di satu sisi wajah, dan tak stabilnya kondisi tubuh di beberapa titik. 

2. Stroke Batang Otak

Kondisi ini terjadi karena bergumpalnya darah di bagian cabang arteri di batang otak. Jika sudah begini, aliran darah ke batang otak akan terhambat.

Beberapa tanda gejala stroke batang ini yang dirasakan adalah vertigo, gangguan keseimbangan tubuh, penglihatan, dan menurunnya tingkat kesadaran.

Risiko stroke batang otak menyasar kepada mereka yang menderita hipertensi, kolesterol tinggi, dan diabetes. Selain itu, mereka yang punya autoimun dan kardiovaskular berpotensi terkena stroke batang otak.

3. Batang Otak Mati

Ini sudah masuk level yang berbahaya. Sebab, jika batang otak sudah berhenti berfungsi akan berdampak besar buat tubuh.

Paling nyata adalah hilangnya refleks tubuh. Lebih dari itu, kondisi tubuh akan mengalami koma karena sudah berhentinya suplai darah ke otak.

Itulah penjelasan mengetahui jenis penyakit yang bisa menyerang batang otak. Jika merasakan kondisi ini, ada baiknya periksakan diri ke rumah sakit. Pencegahan sedini mungkin bisa mempersempit peluang terserang penyakit batang otak.

Segera buat janji medis untuk mendeteksi dan mengatasi penyakit yang bisa saja berdampak pada kondisi kesehatan keseluruhan. Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Brainstem.
Britannica. Diakses pada 2022. cross-modal plasticity.
Tempo. Diakses pada 2022. Sarwendah Idap Penyakit Langka di Batang Otak, Ruben Onsu Ungkap Bahayanya.