• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 4 Fakta tentang Kura-Kura Brazil

Ketahui 4 Fakta tentang Kura-Kura Brazil

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui 4 Fakta tentang Kura-Kura Brazil

“Jika berencana untuk mengadopsi kura-kura, sepertinya jenis kura-kura Brazil cocok untuk dipelihara. Selain aktif dan umum ditemukan, jenis kura-kura ini dapat hidup cukup lama yaitu hingga 20 tahun, dengan pemeliharaan yang baik tentunya.”

Halodoc, Jakarta – Kura-kura Brazil menjadi salah satu jenis kura-kura yang cukup digemari untuk dipelihara. Cara pemeliharaannya cukup mudah, karena jenis kura-kura ini cenderung memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Selain itu, karakter yang jinal membuat kura-kura ini disenangi banyak kalangan pemelihata. Jika kamu ingin mengenal lebih dekat sebelum memeliharanya, simak fakta kura-kura Brazil selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Cara Memilih Kandang Landak Mini yang Tepat

1. Mudah Dipelihara

Fakta kura-kura Brazil yang pertama adalah mudah dipelihara. Hewan ini berbeda dengan reptil lainnya, karena termasuk hewan jinak dan tidak rewel dalam hal makanan. Hewan ini bisa mengonsumsi makanan hewani dan nabati, karena di alam liat kura-kura Brazil termasuk omnivora atau pemakan segala. Namun saat dipelihara, kamu tidak bisa sembarangan memberikan makanan, karena dapat berakibat fatal bagi kesehatannya.

Hewan ini sangat menyukai serangga, seperti jangkrik atau cacing. Selain itu, kura-kura Brazil juga sangat menyukai sayuran, seperti sawi, kangkung, dan wortel. Jika sedang sangat sibuk sehingga tidak dapat memberikan kedua jenis makanan tersebut, kamu bisa memberinya pelet. Namun pemberiannya tidak disarankan terlalu banyak, dan harus diimbangi dengan jenis makanan yang lain.

2. Reptil yang Cukup Cerdas

Kepintarannya memang tidak bisa disamakan dengan mamalia, seperti anjing atau kucing. Namun jika dibandingkan dari sesama reptil, kura-kura Brazil termasuk salah satu yang paling cerdas. Hebatnya, hewan ini bisa mengenali siapa pemiliknya. Dari penelitian yang dilakukan, penglihatan kura-kura Brazil tidak kalah hebat dengan mamalia, seperti anjing atau kucing.

Kura-kura Brazil menjadi satu-satunya reptil yang memiliki kemampuan penglihatan yang baik dibandingkan jenis reptil lainnya. Hal tersebut dikarenakan, kura-kura Brazil mampu mengendalikan otot mata layaknya mamalia. Ia bisa menggerakkan matanya ke samping dan juga depan.

Baca juga: Cara Merawat Burung Kenari Agar Suaranya Merdu

3. Menularkan Bakteri Salmonella

Fakta kura-kura Brazil selanjutnya adalah dapat menularkan bakteri Salmonella. Bakteri dapat berpindah saat kura-kura berada dalam keadaan tidak bersih. Kura-kura lebih rentan terkena bakteri karena tubuhnya yang langsung bersentuhan dengan tanah. Salmonella sendiri merupakan bakteri yang menyerang sistem pencernaan manusia, terutama usus.

Meski penyakit tersebut umum menyerang dan mudah diatasi, kamu perlu menjaga kebersihan kura-kura peliharaan agar tidak menjadi sumber penyakit bagi pemiliknya. Bakteri Salmonella memang bisa saja tidak membahayakan bagi orang dewasa karena sistem kekebalan tubuhnya yang sudah terbentuk dengan baik, tetapi dapat berakibat fatal bagi anak-anak di bawah usia 5 tahun. 

4. Suka Menyendiri

Fakta kura-kura Brazil yang terakhir adalah suka menyendiri. Sama seperti reptil lainnya, kura-kura Brazil memiliki sifat soliter dan tidak suka hidup bergerombol. Meski demikian, di alam liar kura-kura jenis ini masih bisa ditemukan sekumpulan, karena wilayah teritorial mereka yang berdekatan. Kumpulan kura-kura Brazil juga bisa ditemukan di dekat tempat pasokan makanan, atau saat musim kawin datang.

Kura-kura Brazil jantan mencapai kematangan seksual saat berusia 2–3 tahun. Sedangkan kura-kura betina mencapai kematangan seksual saat berusia di atas 5 tahun. Setelah musim kawin selesai, kura-kura betina akan menggali tanah sebagai tempat penyimpanan telur-telurnya. Dalam satu kali musim kawin, kura-kura betina dapat bertelur sebanyak 5–20 butir.

Baca juga: Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Cocok untuk Pemula

Itulah sejumlah fakta kura-kura Brazil yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk memeliharanya. Jika ada yang ingin kamu tanyakan seputar penjelasan di atas, silahkan diskusikan langsung dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:

California Turtle & Tortoise Club. Diakses pada 2021. The Brazilian Giant Tortoise.

Natural Habitat Adventures. Diakses pada 2021. Giant Tortoise Facts | Galapagos Islands Wildlife Guide.