Ketahui 4 Manfaat Pijat Prostat Bagi Pengidap Prostatitis

Ketahui 4 Manfaat Pijat Prostat Bagi Pengidap Prostatitis

Halodoc, Jakarta – Terapi pijat prostat adalah praktik memijat prostat laki-laki baik untuk alasan medis atau terapeutik. Penggunaan terapi pijat prostat didukung secara anekdot untuk berbagai kondisi. Kondisi-kondisi ini termasuk disfungsi ereksi dan prostatitis kronis.

Pijat prostat dianggap membantu membersihkan saluran prostat. Saluran ini atau saluran pipa, berada di antara prostat dan seluruh sistem reproduksi dan kemih. Memijatnya dapat menghasilkan sekresi cairan spontan. Sekresi ini dapat membantu membersihkan saluran cairan ini. Ini bisa membantu menghilangkan gejala apa pun yang kamu alami.

Kondisi apa yang dapat membantu terapi pijat prostat?

Sebagian besar penelitian yang mengamati penggunaan pijat prostat sangat kecil dan tidak menentukan. Karena alasan itu, beberapa dokter mungkin tidak mendukung penggunaan pijat prostat. Meskipun begitu, sejauh ini ada beberapa kondisi kesehatan yang dapat dibantu melalui terapi pijat prostat:

Baca juga: Pijat Prostat Bisa Atasi Prostatitis, Benarkah?

  • Ejakulasi Menyakitkan

Terapi pijat dapat meringankan penyumbatan cairan dalam sistem reproduksi. Pijatan ini dapat menyebabkan kamu mengalami ketidaknyamanan atau rasa sakit saat ejakulasi. Pijat prostat diyakini dapat menghilangkan masalah ejakulasi.

  • Disfungsi Ereksi

Sebelum pilihan perawatan yang lebih modern hari ini, kaum Adam kerap menggunakan terapi pijat dan stimulasi prostat untuk mengobati disfungsi ereksi. Beberapa laki-laki masih menggunakannya perawatan jenis ini secara tunggal atau digabung dengan terapi lainnya.

  • Masalah pada Aliran Urine

Prostat mengelilingi uretramu. Ketika pembengkakan dan peradangan pada prostat meningkat, prostat mungkin mulai mengganggu atau bahkan memotong aliran urine. Jika terapi pijat prostat membantu menghilangkan beberapa pembengkakan itu, aliran urine bisa membaik.

  • Prostatitis

Sebelum antibiotik dan perawatan yang lebih khusus tersedia, terapi pijat adalah perawatan utama untuk prostatitis.

Komunitas medis tidak banyak mendukung pijat prostat. Belum terbukti lebih bermanfaat daripada perawatan biasa. Tapi, banyak laki-laki merasa lega ketika menggunakan pilihan perawatan ini.

Baca juga: Pria Perlu Tahu, Prostatis Menular atau Tidak?

Bagaimana Pijat Prostat Dilakukan?

Orang-orang yang melakukan terapi pijat prostat tanpa pelatihan formal dapat membahayakan sistem reproduksi. Memijat prostat terlalu keras atau dengan terlalu banyak tekanan dapat meningkatkan gejala atau menyebabkan masalah baru.

Kamu tidak boleh menggunakan pijat prostat elektronik tanpa pelatihan dan instruksi dari seorang profesional medis. Beberapa pemijat elektronik tersedia untuk dibeli.

Karena praktik ini tidak didukung secara luas dalam komunitas medis, mencari terapis pijat prostat yang berkualitas mungkin sulit. Tanyakan kepada dokter untuk daftar rekomendasi.

Pijat prostat sangat mirip dengan ujian dubur digital (DRE). Ahli urologi secara rutin menggunakan DRE untuk memeriksa benjolan, perubahan, ataupun tanda-tanda lain kemungkinan kanker. Dokter dapat melakukan DRE untuk mendapatkan sekresi prostat yang diekspresikan yang dapat diperiksa lebih lanjut untuk mengetahui tanda-tanda prostatitis, infeksi, ataupun gangguan lainnya.

Baca juga: Sering Mengalami Gatal pada Klitoris? Ini Penyebabnya

Selama pijatan prostat, orang yang melakukan pijatan akan memasukkan jari yang dilumasi bersarung ke dalam dubur. Mereka akan dengan lembut menekan atau memijat prostat selama beberapa menit. Jika pijatan ini menyakitkan, beri tahu terapis tersebut sebelum melakukan pijatan. Pijatan mungkin tidak nyaman untuk beberapa saat, namun seharusnya tidak menyakitkan.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai pijat prostat ataupun masalah kesehatan lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.