• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 4 Manfaat Scallop yang Menjadi Sumber Protein

Ketahui 4 Manfaat Scallop yang Menjadi Sumber Protein

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui 4 Manfaat Scallop yang Menjadi Sumber Protein

“Scallop mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, pencinta makanan laut alias seafood tentu sangat mengenal makanan ini. Selain memiliki rasa yang lezat, makanan ini ternyata mengandung banyak nutrisi sehingga baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya kaya akan kandungan protein.

Halodoc, Jakarta – Scallop adalah jenis makanan laut alias seafood yang memiliki sejumlah kandungan nutrisi. Jika dikonsumsi dan diolah dengan cara yang tepat, makanan ini bisa memberi manfaat sehat untuk tubuh. Salah satu nutrisi yang banyak terkandung dalam scallops adalah protein. Lantas, apa saja manfaat sehat yang bisa didapat dari konsumsi makanan ini? 

Bagi pencinta makanan laut, scallop mungkin bukanlah hal yang asing. Makanan yang satu ini dikenal memiliki tekstur yang lembut dengan rasa gurih dan manis. Tidak berhenti sampai di situ, makanan laut yang satu ini ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi, mulai dari protein, vitamin B12, omega-3, asam lemak, kalium, magnesium, kalsium, zat besi, fosfor, zinc, dan selenium.

Baca juga: 6 Seafood yang Aman Dikonsumsi Saat Diet

Manfaat Sehat Scallop yang Sayang Dilewatkan 

Dengan beragam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, scallops bisa memberi manfaat sehat untuk tubuh. Mengonsumsi makanan ini disebut bisa memberi manfaat, seperti: 

  1. Menurunkan Berat Badan 

Bagi pencinta makanan laut yang takut mengalami kenaikan berat badan, konsumsi makanan ini bisa menjadi pilihan. Pasalnya, jenis kerang yang satu ini dikenal sebagai makanan yang rendah kalori. Namun jangan khawatir, kandungan protein dalam makanan ini cukup tinggi. Karena itu, scallop cocok untuk dimasukkan ke dalam menu diet sehat. 

  1. Jantung Lebih Sehat 

Mengonsumsi scallop juga bisa membantu menjaga kesehatan organ jantung. Hal ini berkat kandungan 2 mineral yang ada di dalamnya, yaitu kalium dan magnesium. Faktanya, risiko penyakit jantung disebut lebih rendah berkat asupan kedua nutrisi tersebut. Magnesium dan kalium dalam makanan juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Kesehatan jantung juga lebih terjaga berkat kandungan omega-3 yang ada di dalam makanan ini. 

  1. Meningkatkan Fungsi Otak 

Scallop memiliki kandungan vitamin B12, zink, dan asam lemak omega-3. Asupan nutrisi tersebut nyatanya memiliki peran penting dalam menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Nutrisi ini juga bisa membantu meningkatkan perkembangan sistem saraf serta mengurangi risiko gangguan Alzheimer, hingga depresi.

Baca juga: 3 Seafood yang bisa Atasi Kolesterol Tinggi

  1. Menurunkan Risiko Kanker 

Makanan laut ini juga diperkaya dengan kandungan selenium yang disebut bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker. Ada penelitian yang menyebut bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung selenium disebut bisa membantu menurunkan risiko kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat, serta kanker usus besar.  

Lantas, Bagaimana Cara Mengolahnya? 

Seluruh manfaat sehat dari kandungan nutrisi dalam scallop bisa didapatkan jika makanan ini diolah dengan cara yang tepat. Salah satunya adalah hindari menggoreng scallop, apalagi menambahkan tepung terigu. Hal ini malah bisa menambah kadar lemak jenuh pada makanan. Untuk menambahkan cita rasa, gunakan perasan lemon atau jeruk nipis pada hidangan. 

Dalam memasak scallop, tambahkan minyak zaitun serta bahan-bahan, seperti bawang putih, daun kemangi, hingga lemon dan jahe. Selain mengetahui cara mengolah dan menghidangkan yang tepat, penting juga untuk memastikan konsumsi makanan tidak dilakukan secara berlebihan. Hindari mengonsumsi scallop melebihi porsi yang disarankan. 

Baca juga: 5 Sumber Karbohidrat Kompleks yang Baik untuk Tubuh

Jika muncul reaksi alergi atau keluhan kesehatan setelah mengonsumsi makanan ini, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat. Biar lebih mudah dan cepat, gunakan aplikasi Halodoc untuk menemukan daftar rumah sakit terdekat yang sesuai dengan kebutuhan. Atur lokasi dan temukan daftar rumah sakit yang bisa dikunjungi. Download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Science-Based Health Benefits of Selenium.
Healthline. Diakses pada 2021. Are Scallops Safe to Eat? Nutrition, Benefits and More.
Verywell Health. Diakses pada 2021. Shrimp and Scallops as Part of a Low-Cholesterol Diet.