• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Ketahui 5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 Mei 2022

“Lidah buaya dan minyak kelapa adalah bahan alami yang efektif mengatasi rambut rontok. Asupan nutrisi juga bisa diperoleh dari blueberry, brokoli, jambu biji, buah kiwi, jeruk, pepaya, stroberi, dan ubi jalar.”

Ketahui 5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Halodoc, Jakarta – Rambut rontok adalah persoalan biasa. Normalnya, akan selalu ada rambut yang rontok setiap hari sebagai bentuk peregenerasian. Kebanyakan orang akan kehilangan 50 hingga 100 rambut per hari sebagai bagian dari siklus alami ini.

Jika kamu mengalami kerontokan lebih dari itu, dan sampai menyebabkan kebotakan ataupun beberapa area rambut di kepala terlihat menipis, itu menjadi tanda rambut rontok berlebih. Simak berikut ini cara alami mengatasi rambut rontok berlebihan!

Lidah Buaya dan Minyak Kelapa untuk Mengatasi Rambut Rontok

Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok berlebihan, yaitu:

1. Batasi Menggunakan Sampo Setiap Hari

Pada dasarnya, kulit kepala memiliki kelembapannya sendiri. Terlalu sering mencuci rambut dengan sampo akan menghilangkan kelembapan alami kulit kepala. Makanya, kamu disarankan untuk membatasi kuantitas keramas. Setidaknya 2-3 kali dalam seminggu adalah waktu ideal untuk keramas.

2. Jangan Menyisir Rambut saat Basah

Menyisir rambut saat basah akan membuat akar rambut rentan patah. Sebab, sehabis keramas adalah momen kulit kepala lagi rentan-rentannya. Sebenarnya menyisir rambut ada baiknya juga, bisa menstimulasi kulit kepala lewat ujung-ujung sisir. Namun, yang paling baik adalah lakukan saat rambut sudah setengah kering.

3. Gunakan Lidah Buaya

Gel lidah dapat memberikan nutrisi kepada kulit kepala dan helai-helai rambut. Kamu bisa membelah lidah buaya, lalu usapkan ke kulit kepala sembari dipijat perlahan. Diamkan selama 20-30 menit baru bersihkan dengan air hangat. Prosesi ini merupakan salah satu cara alami mengatasi rambut rontok berlebihan.

4. Minyak Kelapa

Selain lidah buaya, minyak kelapa juga bahan alami yang efektif untuk mengatasi rambut rontok. Prosesnya sama, usapkan di kulit kepala sampai ke ujung rambut sembari dipijat pelan. Diamkan selama beberapa saat atau bisa juga seharian, lalu dicuci hingga bersih.

5. Menjaga Asupan Makan

Merawat rambut supaya tetap sehat dan mengurangi kerontokan tidak hanya dilakukan dengan memberikan nutrisi dari luar melainkan juga dari dalam. Nutrisi dari dalam ini bisa dilakukan melalui menjaga asupan makan. 

Kamu bisa mulai rutin makan blueberry, brokoli, jambu biji, buah kiwi, jeruk, pepaya, stroberi, dan ubi jalar. Vitamin C membantu dalam produksi kolagen yang memperkuat kapiler yang memasok batang rambut.

Itulah informasi mengenai cara alami mengatasi rambut rontok berlebihan. Kalau kamu butuh melengkapi kebutuhan obat dan suplemen harianmu, semua bisa dipenuhi melalui toko kesehatan Halodoc. Download Halodoc sekarang juga ya!

Referensi:
BBC Good Food. Diakses pada 2022. What to eat for healthy hair
WebMD. Diakses pada 2022. 5 Reasons for Sudden Hair Loss, and How You Can Get Help