• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 5 Cara Ampuh Meredakan Dahak Berlebih
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 5 Cara Ampuh Meredakan Dahak Berlebih

Ketahui 5 Cara Ampuh Meredakan Dahak Berlebih

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 11 Juli 2022

“Dahak berlebih bisa muncul akibat berbagai masalah kesehatan, seperti flu, alergi, infeksi, dan lain-lain. Agar bisa kembali bernapas lega, ada beberapa cara meredakan dahak yang bisa dilakukan.”

Ketahui  5 Cara Ampuh Meredakan Dahak BerlebihKetahui  5 Cara Ampuh Meredakan Dahak Berlebih

Halodoc, Jakarta – Dahak adalah cairan kental dan lengket yang menumpuk di belakang tenggorokan. Cairan ini biasanya muncul ketika kamu mengalami masalah kesehatan, seperti flu, pilek, alergi, dan lain-lain. Karena cukup menganggu, penting untuk mengetahui cara meredakan dahak berlebih.

Selain itu, dahak berlebih bisa menyebabkan rasa tidak nyaman bagi siapa saja yang mengalaminya. Dahak berlebih juga bisa mengganggu pernapasan bahkan mengganggu tidur. Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara meredakan dahak berlebih agar kamu bisa mengeluarkan cairan tersebut dan bisa bernapas dengan baik kembali.

Cara Meredakan Dahak Berlebih

Dahak sebenarnya memiliki peran penting dalam tubuh. Cairan yang diproduksi oleh selaput lendir ini membantu melindungi dan melembabkan sistem pernapasan kamu, serta menyaring debu, alergi, dan virus.

Ketika kamu sehat, dahak biasanya tipis dan hampir tidak terlihat. Namun, saat kamu sakit atau terdapat banyak partikel, dahak bisa menjadi kental dan lebih terlihat karena berfungsi untuk menangkap zat asing tersebut.

Nah, bila dahak berlebih membuat kamu tidak nyaman, berikut cara meredakan dahak yang wajib kamu tahu:

1. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi dan Hangat

Minum air yang cukup, terutama air putih hangat, merupakan salah satu cara ampuh untuk meredakan dahak berlebih. Air bisa melegakan pernapasan kamu dengan membuat lendir bergerak. Pilihan minuman lainnya yang juga baik untuk diminum selain air putih, antara lain teh tanpa kafein, sari buah hangat dan air lemon.

Selain minum cairan yang cukup, kamu juga perlu menjaga tubuh kamu tetap hangat. Hal itu karena tubuhmu akan lebih mampu melawan kondisi yang menjadi penyebab dahak berlebih (seperti pilek) pada kondisi yang hangat. 

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghangatkan tubuh, antara lain mandi air hangat, mengenakan pakaian yang lebih tebal, melapisi tubuh dengan selimut.

2. Gunakan Pelembap Udara

Melembapkan udara di sekitar kamu dengan memasang pelembap udara bisa membantu melembapkan tenggorokan dan saluran hidung, serta mengurangi produksi dahak berlebih. Pilihlah pelembap udara yang bagus dan pastikan kamu membersihkannya secara teratur.

3. Gunakan Semprotan Saline Hidung

Cara ini bisa meredakan dahak berlebih dengan membilas dan menghidrasi jaringan di hidung dan sinus kamu. Gunakanlah semprotan steril yang mengandung natrium klorida.

4. Berkumur dengan Air Garam

Buatlah air garam dengan mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, kemudian berkumur lah dengan air tersebut. Cara ini bisa meredakan tenggorokan yang teriritasi dengan membersihkan lendir.

5. Gunakan Kayu Putih

Baik itu balsem atau minyak oles, aroma kayu putih bisa membantu meredakan dahak berlebih di dada kamu.

Bila dahak berlebih yang kamu miliki tidak kunjung hilang atau kamu sering mengalami dahak berlebih, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Dengan begitu, dahak berlebih bisa diatasi dengan pengobatan yang tepat.

Untuk memeriksakan kesehatan kamu, kamu bisa buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Memeriksakan kesehatan secara berkala penting agar masalah kesehatan bisa ditangani lebih awal sebelum terlambat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How to Get Rid of Phlegm: Tips, Home Remedies, and Medications to Try
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Phlegm and Mucus: How To Get Rid of It