• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 5 Cara Melancarkan Buang Air Besar dengan Alami
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 5 Cara Melancarkan Buang Air Besar dengan Alami

Ketahui 5 Cara Melancarkan Buang Air Besar dengan Alami

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 27 Mei 2022

“Masalah pencernaan seperti susah buang air besar tentu dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman. Maka dari itu, ketahui cara alami melancarkan buang air besar yang benar di sini!”

Ketahui 5 Cara Melancarkan Buang Air Besar dengan Alami

Halodoc, Jakarta – Setiap orang mungkin beberapa kali pernah mengalami kesulitan untuk buang air besar. Tentunya hal ini dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman dan bahkan sakit jika dibiarkan. Maka dari itu, kamu perlu tahu cara melancarkan buang air besar dengan metode alami. Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Cara Melancarkan Buang Air Besar dengan Alami

Faktanya, memang tidak ada patokan baku seberapa sering buang air besar perlu dilakukan dalam sehari atau bahkan lebih. Sebab, setiap orang memiliki frekuensi yang berbeda-beda, ada yang 2 kali per hari, bahkan 1-2 kali seminggu. Namun, jika buang air besar sudah tidak dilakukan lebih dari 3 hari dan menimbulkan rasa tidak nyaman, ada baiknya harus diobati.

Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui cara melancarkan buang air besar. Sebelum mengonsumsi obat-obatan, ada baiknya untuk mengetahui cara alami untuk mengatasinya. Nah, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu cara melancarkan buang air besar adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Seseorang yang jarang minum air putih berisiko lebih tinggi alami konstipasi atau sembelit. Ada baiknya untuk menghindari konsumsi minuman bersoda karena dapat memperburuk sembelit dan bahkan membahayakan kesehatan. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi air putih secara rutin.

2. Perbanyak Konsumsi Serat

Banyak dokter yang menyarankan untuk mengonsumsi lebih banyak serat untuk mengatasi masalah pencernaan, terutama sembelit. Serat mampu membuat kotoran di saluran pencernaan lebih mudah dikeluarkan. Alangkah lebih baiknya jika mengonsumsi makanan dengan kandungan serat larut, seperti kacang-kacangan, lentil, kacang polong, serta beberapa buah dan sayuran. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi psyllium yang merupakan pilihan terbaik sebagai cara melancarkan buang air besar.

3. Mengonsumsi Kopi Berkafein

Diketahui jika minum kopi dapat membantu dalam meringankan sembelit. Hal ini dapat terjadi karena kopi mampu merangsang otot-otot di sistem pencernaan. Bahkan, cara ini disebut-sebut lebih efektif dibandingkan mengonsumsi air putih. Kopi juga mengandung sedikit serat larut yang dapat membantu tubuh untuk mencegah sembelit dengan meningkatkan keseimbangan bakteri.

4. Rutin Berolahraga

Berolahraga juga dapat menjadi salah satu cara melancarkan buang air besar. Sebab seseorang yang tidak banyak bergerak memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami sembelit. Saat berolahraga, tinja di pencernaan dapat bergerak dan akhirnya mampu dikeluarkan dari tubuh. Meski begitu, hal ini tidak ampuh terjadi pada semua orang. 

5. Mengonsumsi Pencahar Herbal

Senna adalah salah satu pencahar herbal yang aman dan efektif untuk mengatasi masalah pada pencernaan. Dengan mengonsumsi obat herbal ini, diharapkan buang air besar dapat kembali normal. Senna mengandung senyawa tanaman glikosida yang mampu merangsang saraf di usus agar buang air besar lebih mudah dilakukan.

Nah, itulah beberapa cara melancarkan buang air besar yang bisa dilakukan secara alami. Cobalah untuk melakukan semua hal tersebut agar sembelit yang terjadi dapat diatasi tanpa mengonsumsi obat. Dengan begitu, masalah yang terjadi di saluran pencernaan dapat diatasi menggunakan cara alami.

Kamu juga bisa lho mendapatkan jawaban langsung dari ahli medis menggunakan fitur tanya dokter dari Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan hanya menggunakan smartphone di tangan. Maka dari itu, gunakan aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. 13 home remedies for constipation.
Healthline. Diakses pada 2022. Constipation Relief: How to Make Yourself Poop.