• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 5 Cara Tepat Merawat Anjing Siberian Husky

Ketahui 5 Cara Tepat Merawat Anjing Siberian Husky

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Siberian Husky adalah jenis anjing yang memiliki bulu indah dan tebal. Anjing ini memiliki berbagai warna bulu yang membuat mereka cantik. Mata anjing Siberian Husky memiliki warna yang indah. Anjing tentu saja berasal dari siberia dan cukup mudah dikenali. Itulah sebabnya, banyak pencinta anjing yang tertarik dengan ketampanan anjing ini. 

Jika kamu tertarik memelihara Siberian Husky, maka ketahuilah bahwa anjing ini sangat atletis dan cerdas. Mereka juga lebih mandiri dibanding anjing lainnya. Memelihara Siberian Husky bisa sangat menantang dan menyenangkan. Hal penting yang harus diketahui yaitu bagaimana cara merawat anjing ini. 

Baca juga: Memelihara Hewan, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

Cara Merawat Anjing Siberian Husky

Siberian Husky adalah ras anjing yang dikenal cerdas dan berenergi tinggi. Anjing ini meski tampak gagah dan berwibawa, namun sebenarnya ia memiliki temperamen yang ramah.

Sebenarnya cukup mudah untuk memelihara Siberian Husky, asalkan kamu telaten dalam merawatnya. Terutama merawat bulunya yang indah. Untuk memenuhi kebutuhan anjing Siberian Husky, maka berikut ini cara tepat untuk merawatnya:

  • Lebih banyak Aktivitas Fisik dan Olahraga

Seekor Siberian Husky membutuhkan banyak aktivitas fisik yang membuatnya kuat dan sehat. Anjing ini memiliki sifat yang sangat aktif karena dibesarkan untuk menjadi anjing pekerja. Siberian Husky biasanya akan cepat bosan jika tidak banyak aktivitas, jadi harus selalu ada sesuatu yang dia lakukan. 

Anjing pintar ini setidaknya membutuhkan 30 hingga 60 menit per hari untuk berolahraga. Untuk Siberian Husky yang berusia dewasa, jogging bisa menjadi olahraga yang menyenangkan dan sehat untuk dinikmatinya. Ia senang berlari, bermain, dan mengejar sesuatu. Jika ia bosan karena tidak ada kegiatan, maka ia akan melolong terus-menerus. 

  • Harus Selalu Diawasi

Seekor Siberian Husky membutuhkan pengawasan ketika mereka berada di dekat hewan yang lebih kecil, karena ia memiliki naluri predator yang cukup kuat. Jangan biarkan ia berkeliaran sendiri. Menjaga Husky di halaman berpagar aman adalah suatu keharusan, begitu juga mengamankannya dengan tali saat pergi keluar halaman. 

Baca juga: Ini Alasan Hewan Kesayangan Harus Divaksin

  • Tantangan Kesehatan dan Makan

Perlu kamu ketahui bahwa anjing Siberian Husky mewarisi masalah kesehatan tertentu, termasuk penyakit mata dan displasia pinggul. Namun mayoritas anjing Siberian Husky sangat sehat. Untuk itu perlu menjaga anjing ini tetap pada berat badan yang sehat untuk menghindari masalah kesehatan utama. Penting untuk memberi makan yang berbasis protein dan berkualitas tinggi. 

  • Perawatan Bulu 

Bulu Husky yang tebal perlu disikat dengan baik seminggu sekali atau lebih. Selama musim rontok, sikat bulu setiap hari. Selain itu, dengan mandi sesekali bisa sangat membantu menjaga penampilan Husky. Yang paling penting perawatan kecantikannya harus dilakukan secara teratur. 

  • Perawatan Kuku dan Gigi

Husky memiliki kuku yang kuat dan tumbuh cepat, jadi kamu harus memotongnya secara teratur dengan pemotong kuku khusus. Perawatan kuku dapat menghindari retak, pecah, atau tumbuh berlebih. Selain itu, untuk menghindari penumpukan kotoran, kamu harus memeriksa telinga Husky secara rutin untuk menghindari infeksi.

Tentu saja, gigi Husky juga sebaiknya disikat minimal tiga kali seminggu untuk membantu menghilangkan plak dan mencegah penumpukan karang gigi. Jika anjing Husky kesayanganmu sangat menikmati saat sikat gigi, kamu boleh menyikat giginya setiap hari. 

Baca juga: Ini Bahayanya Kutu pada Hewan Peliharaan

Selain melakukan perawatan dan menjaga kesehatan fisiknya, kamu juga harus merawat anjing Siberian Husky dengan kasih sayang. Hal ini sangat penting untuk hubungan kalian berdua. Mengetahui bahwa ia dicintai adalah cara terpenting untuk mendapatkan kesehatan yang baik. 

Jika anjing kesayangan kamu mengalami masalah kesehatan, kamu dapat bertanya pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan saran penanganan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Prestige Animal Hospital. Diakses pada 2020. Siberian Husky
Daily Puppy. Diakses pada 2020. How to Care for a Siberian Husky
Puppy Toob. Diakses pada 2020. 7 Special Tips For Taking Care of a Siberian Husky