• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 5 Gejala Awal Munculnya Kanker Kelenjar Getah Bening
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 5 Gejala Awal Munculnya Kanker Kelenjar Getah Bening

Ketahui 5 Gejala Awal Munculnya Kanker Kelenjar Getah Bening

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 20 Januari 2022

“Kemunculan awal kanker kelenjar getah bening pada umumnya mirip dengan jenis kanker yang lain, seperti kelelahan. Kemunculan benjolan di bawah kulit juga bisa menjadi tanda kanker kelenjar getah bening, walaupun pada situasi berbeda ini bisa menjadi gejala kondisi kesehatan yang lain. Ini bisa menjadi gejala kanker kelenjar getah bening jika kemunculannya disertai gejala-gejala lainnya.”

Ketahui 5 Gejala Awal Munculnya Kanker Kelenjar Getah Bening

Halodoc, Jakarta – Kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berfungsi sebagai penyaring zat berbahaya. Kelenjar getah bening berfungsi untuk membantu melawan infeksi dengan menyerang dan menghancurkan kuman yang masuk ke dalam tubuh melalui cairan getah bening.

Ada ratusan kelenjar getah bening di seluruh tubuh. Ada dua jenis kanker kelenjar getah bening, pertama kanker yang dimulai di kelenjar getah bening disebut limfoma (hodgkin dan non-hodgkin) dan yang kedua kanker yang dimulai di tempat lain di tubuh dan kemudian menyebar ke kelenjar getah bening. Yuk, ketahui gejala awal munculnya kanker kelenjar getah bening di sini!

Mulai dari Benjolan sampai Kelelahan Tanpa Sebab

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kanker kelenjar getah bening ada dua jenis, dan masing-masing memiliki gejala awal yang berbeda-beda. Untuk jenis limfoma Hodgkin,  berikut adalah tanda awal kemunculannya:

1. Benjolan di Bawah kulit

Kadang-kadang kelenjar getah bening dapat mengalami pembesaran. Pembesaran kelenjar getah bening mungkin terasa sebagai benjolan di bawah kulit terutama di daerah leher, ketiak, atau selangkangan.

Sebagian besar gejala ini lebih mungkin disebabkan oleh kondisi lain yang kurang serius. Namun, jika kamu mengalaminya dan tidak kunjung mengecil, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter untuk tahu penyebab pastinya.

2. Demam

Gejala awal kanker kelenjar getah bening yang lain adalah demam yang datang dan pergi selama beberapa minggu tanpa infeksi yang signifikan. Demam memang bisa menjadi tanda penyakit apa saja, itulah sebabnya mengapa perlu mawas diri, apalagi bila selain demam ada gejala lain yang mengindikasi kanker kelenjar getah bening.

3. Penurunan Berat Badan

Sel kanker dapat membakar lebih banyak sumber energi tubuh sementara tubuh mencoba untuk melawan pertumbuhan sel-sel tersebut. Hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan secara tiba-tiba, terutama karena banyak limfoma biasanya tumbuh dengan cepat.

4. Gatal-Gatal di Kulit

Gatal-gatal di kulit dapat menjadi gejala awal kemunculan kanker kelenjar getah bening. Ini diperkirakan karena reaksi tubuh terhadap bahan kimia yang dilepaskan oleh sistem kekebalan sebagai reaksi terhadap keberadaan sel kanker. Bahan kimia ini mengiritasi saraf di kulit sehingga membuatnya gatal.

5. Kelelahan

Kebanyakan orang yang mengidap kanker umumnya mengalami kelelahan. Ini adalah gejala umum pada orang dengan kanker darah, termasuk juga kanker kelenjar getah bening. Bahkan perawatan untuk kanker seperti kemoterapi dan radioterapi juga memiliki efek samping kelelahan yang signifikan. 

Itulah beberapa gejala awal kemunculan kanker kelenjar getah bening. Informasi selengkapnya mengenai penyakit ini bisa ditanyakan langsung ke dokter di Halodoc. Kamu juga bisa buat janji pemeriksaan di rumah sakit tanpa harus antre lewat aplikasi Halodoc!

Referensi:
Cancer.net. Diakses pada 2022. Lymphoma – Hodgkin: Symptoms and Signs.
Drugs.com. Diakses pada 2022. Lymphoma.
American Cancer Society. Diakses pada 2022. Signs and Symptoms of Skin Lymphoma.