• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 5 Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

Ketahui 5 Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui 5 Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Bagi sebagian orang tidur siang menjadi salah satu cara untuk menahan rasa lapar saat puasa. Namun, ternyata manfaat tidur siang tidak hanya itu saja. Banyak manfaat kesehatan lain yang bisa diperoleh dari tidur siang saat berpuasa. Kendati demikian, tidur siang yang bermanfaat ditentukan oleh beberapa faktor, seperti waktu dan lamanya tidur.


Normalnya, seseorang membutuhkan waktu tidur sebanyak 7-8 jam dalam 24 jam. Saat berpuasa, jam tidur dapat berkurang dan rata-rata seseorang hanya dapat tidur sebanyak 5-6 jam saja. Nah, hal inilah yang bisa membuat seseorang mudah lelah dan mengantuk saat puasa. Oleh karenanya melakukan power nap di siang hari dapat meningkatkan sedikit energi. 


Namun, kamu hanya disarankan untuk tidur selama 20-30 menit saja untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari tidur siang. Lebih dari itu, tidur siang yang lebih lama bisa membawa kamu ke tahap tidur yang lebih dalam, membuat kamu pusing sesudahnya dan mengganggu tidur semalaman.

Baca juga: Cara Mudah Mengatur Jam Tidur saat Puasa

Manfaat Tidur Siang Saat Puasa


Dari penjelasan sebelumnya, sudah jelas kan kalau tidur siang mampu memberikan manfaat kesehatan? Berikut adalah sejumlah manfaat tidur siang yang dapat kamu peroleh saat berpuasa:


1. Menahan Rasa Lapar


Berkurangnya jam tidur saat berpuasa bisa membuat kamu mudah lelah, mengantuk, bahkan sampai membuat kamu lebih lapar saat berpuasa. Mengapa bisa demikian? Ternyata, kurang tidur dapat memicu naiknya hormon ghrelin, hormon yang meningkatkan nafsu makan dan menurunkan kadar hormon leptin, yaitu hormon yang mengirimkan sinyal saat kenyang. 


Namun, rasa lapar yang datang di siang hari wajar terjadi saat kamu sedang berpuasa. Hal ini disebabkan oleh bergesernya ritme sirkadian yang membuat kamu lelah dan ingin makan. Nah, tidur siang bisa menjadi cara untuk menahan lapar dan menekan keinginan untuk maka saat berpuasa. Sebab, tidur mampu menghambat naiknya hormon ghrelin dan meningkatkan leptin.


2. Bikin Lebih Fokus


Power nap saat berpuasa juga mampu meningkatkan kewaspadaan kamu, apalagi jika kamu sedang bekerja. Studi yang dilakukan oleh Annals of Emergency Sleep Medicine, menunjukan bahwa individu yang beristirahat untuk tidur siang ternyata mampu menyelesaikan tugas simulasi dengan lebih efisien, membuat lebih sedikit kesalahan dan melaporkan kurangnya rasa mengantuk sesudahnya. 

 

Baca juga: Ketahui 8 Tips Mengatasi Insomnia saat Puasa

3. Mengurangi Stres


Tidur siang singkat ternyata juga mampu menstabilkan tekanan darah sistolik. Melansir dari WebMD, sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang tidur siang selama mengalami penurunan tekanan darah setelah mengalami tekanan mental. Jadi, kalau kamu merasa sedang stres, cobalah untuk membiasakan tidur siang untuk membantu tubuh pulih dari situasi yang penuh tekanan.

 


4. Mampu Mempertajam Memori


Tidur siang dapat membantu kamu untuk mengingat hal-hal yang telah kamu pelajari sebelumnya, lho! Tidur siang berfungsi agar kamu tidak melupakan hal-hal seperti keterampilan motorik, persepsi indra, dan juga ingatan verbal. Nah, apabila kamu akan menghadapi ujian, sebaiknya jangan lewatkan tidur siang untuk mempertajam memori kamu ya!

 

5. Meningkatkan Suasana Hati


Selain menahan haus dan lapar, kamu juga harus menahan amarah supaya tidak membatalkan puasa. Nah, bila kamu sedang merasa sedih, marah atau mengalami perasaan yang tidak enak, cobalah tidur siang untuk memperbaiki suasana hati kamu. Tidur siang atau bahkan hanya beristirahat selama satu jam tanpa tertidur ternyata mampu meningkatkan mood seseorang. Dikutip dari WebMD, para ahli mengatakan relaksasi yang berasal dari berbaring dan istirahat adalah pendorong suasana hati, baik kamu tertidur atau tidak.

Baca juga: Tidur Siang saat Puasa Bikin Gemuk, Benarkah?

Nah, itulah beragam manfaat tidur siang yang bisa kamu dapatkan saat berpuasa. Jika kamu mengalami masalah kesehatan saat menjalankan puasa, hubungi dokter lewat aplikasi Halodoc saja. Lewat Halodoc, kamu bisa bertanya sepuasnya dengan dokter-dokter spesialis tanpa harus ke luar rumah.  


Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Napping.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Napping: Do's and don'ts for healthy adults.