• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 5 Penanganan Flat Foot Tanpa Operasi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 5 Penanganan Flat Foot Tanpa Operasi

Ketahui 5 Penanganan Flat Foot Tanpa Operasi

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 25 Oktober 2022

“Perangkat orthotic tidak dapat menyembuhkan flat foot, tetapi bisa mengurangi gejala dan membantu menjalani aktivitas seperti biasa.”

Ketahui 5 Penanganan Flat Foot Tanpa OperasiKetahui 5 Penanganan Flat Foot Tanpa Operasi

Halodoc, Jakarta –  Flat foot adalah kondisi ketika bagian yang melengkung pada telapak kaki rata saat kaki menapak. Flat foot juga kerap disebut dengan flat feet dan dapat terjadi ketika lengkungan tidak berkembang selama masa kanak-kanak. Selain itu, kondisi ini juga disebabkan oleh cedera. 

Walaupun biasanya tidak memicu rasa sakit, namun kondisi flat foot bisa membatasi ruang gerak dan hambatan lain dalam bekerja. Penanganan biasanya dilakukan melalui operasi, namun ada beberapa penanganan yang tidak membutuhkan operasi. Informasi selengkapnya mengenai penanganan flat foot bisa dibaca di sini! 

Penanganan Flat Foot Tanpa Operasi

Lengkungan kaki biasanya berkembang sepanjang masa kanak-kanak. Beberapa anak memiliki kaki datar fleksibel, di mana lengkungan terlihat saat anak duduk atau berjinjit tetapi menghilang saat anak berdiri. 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cedera bisa menyebabkan kaki kehilangan lengkungan. Tendon yang membentang di sepanjang bagian dalam pergelangan kaki yang membantu menopang lengkungan bisa melemah atau robek. Saat tingkat keparahannya meningkat, radang sendi dapat berkembang di kaki.

Selain operasi, ada beberapa penanganan yang bisa dilakukan untuk kondisi flat foot. Apa sajakah itu?

1. Pengaplikasian Perangkat Orthotic

Penggunaan perangkat dapat membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh flat foot. Penyangga lengkungan ini dirancang membentuk kontur kaki. Perangkat orthotic tidak dapat menyembuhkan flat foot, tetapi bisa mengurangi gejala dan membantu menjalani aktivitas seperti biasa.

2. Latihan Peregangan

Beberapa orang dengan kaki datar juga memiliki tendon achilles yang memendek. Latihan untuk meregangkan tendon ini dapat membantu meregangkan telapak kaki.

3. Terapi Fisik

Flat foot dapat menyebabkan cedera berlebihan pada beberapa pelari. Ahli terapi fisik dapat memberikan latihan untuk memperkuat otot dan tendon di kaki dan meningkatkan kemampuan berjalan ataupun menapak.

4. Latihan Spesifik 

American Academy of Orthopaedic Surgeons merekomendasikan latihan berikut untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas pada kaki dan pergelangan kaki sehingga akan  meringankan gejala. Latihan tersebut antara lain:

  • Peregangan Tali Tumit

Tendon achilles yang kencang akan mendorong kaki untuk berguling ke dalam. Tujuan peregangan tali tumit adalah untuk meregangkan tendon achilles dan otot betis posterior. Untuk melakukan peregangan tali tumit, seseorang harus:

  1. Berdiri menghadap dinding dan letakkan satu tangan di dinding setinggi mata.
  2. Tempatkan kaki yang perlu diregangkan kira-kira satu langkah di belakang kaki lainnya, dan tapakkan tumit dengan kuat di tanah.
  3. Tekuk lutut kaki depan hingga merasakan regangan pada kaki belakang.
  4. Tahan selama 30 detik dan kemudian istirahat selama 30 detik.
  5. Ulangi sembilan kali lagi. Sangat penting untuk menghindari melengkungkan punggung dan menjaganya tetap lurus.
  6. Lakukan latihan ini setidaknya dua kali sehari. 
  • Latihan Bola Golf 

Latihan ini membutuhkan kursi dan bola golf. Berikut ini adalah tahapan melakukannya:

  1. Duduk di kursi dengan kaki kursi kokoh di tanah.
  2. Letakkan bola golf di bawah kaki, dan gulingkan ke depan dan ke belakang di bawah lengkungan kaki selama 2 menit untuk meregangkan ligamen plantar fascia.

5. Kombinasi Perawatan

Seseorang juga dapat menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid untuk menghilangkan rasa sakit. Dalam kasus di mana obesitas merupakan faktor yang berkontribusi, dokter dapat merekomendasikan makan makanan yang sehat dan berolahraga untuk mencapai indeks massa tubuh yang sehat dan mengurangi stres pada lengkungan.

Kapan Operasi Perlu Dilakukan untuk Penanganan Flat Foot?

Mengenakan penyangga pergelangan kaki mungkin juga bermanfaat sampai peradangan berkurang. Seseorang dengan radang sendi atau tendon yang pecah mungkin menemukan bahwa kombinasi penggunaan sol dan penggunaan penghilang rasa sakit dapat meminimalkan gejalanya. Jika ini tidak berhasil, pembedahan mungkin diperlukan.

Beberapa orang dengan flat foot dapat secara otomatis menyelaraskan anggota tubuh mereka dengan cara yang mencegah gejala. Orang yang tidak mengalami gejala biasanya tidak memerlukan pengobatan. Jika flat foot menyebabkan rasa sakit, maka sepatu yang mendukung dan pas dapat membantu. Sepatu ekstra lebar dapat memberikan kelegaan.

Anak-anak biasanya tidak membutuhkan perawatan untuk kondisi flat foot ini. Jika anak mengalami rasa sakit, mungkin anak memerlukan sol dan orthotic yang pas. Dukungan lengkungan yang dirancang khusus dapat mengurangi tekanan pada lengkungan dan mengurangi rasa sakit jika kaki berguling terlalu jauh ke dalam.

Namun, penting bahwa seseorang menggunakan orthotic di bawah pengawasan dokter, karena menggunakan orthotic yang salah atau menggunakannya dengan tidak benar dapat memperburuk gejala.

Beberapa tulang tidak berkembang dengan baik di masa kanak-kanak, yang dapat mengakibatkan kaki rata sejak lahir berlanjut hingga dewasa. Dalam kasus yang jarang terjadi ini, intervensi bedah mungkin diperlukan untuk memisahkan tulang yang menyatu.

Itulah informasi mengenai penanganan flat foot tanpa operasi. Kalau punya masalah kesehatan, kamu bisa buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. What to know about flat feet.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Flat Feet.