• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 6 Manfaat Anak Mengikuti Kegiatan Pramuka di Sekolah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 6 Manfaat Anak Mengikuti Kegiatan Pramuka di Sekolah

Ketahui 6 Manfaat Anak Mengikuti Kegiatan Pramuka di Sekolah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 15 Agustus 2022

“Kegiatan pramuka ternyata memberikan manfaat untuk anak. Baik untuk kesehatan fisiknya maupun kesehatan mentalnya.”

Ketahui 6 Manfaat Anak Mengikuti Kegiatan Pramuka di SekolahKetahui 6 Manfaat Anak Mengikuti Kegiatan Pramuka di Sekolah

Halodoc, Jakarta – Pramuka adalah kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan membentuk karakter seorang anak. Menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010, kegiatan ini diwajibkan untuk pelajar mulai jenjang SMP.

Bukan cuma di Indonesia, hampir setiap negara ternyata juga punya gerakan pramukanya sendiri, lho. Lantas, apa yang membuat kegiatan ini diminati dan bahkan diwajibkan oleh sebagian negara? 

Manfaat Kegiatan Pramuka untuk Anak

1. Mengasah kemampuan khusus

Selama kegiatan pramuka, anak akan dilatih beberapa kemampuan khusus, seperti membaca alam, upacara, P3K, hingga memasak. Kemampuan tersebut akan diajarkan secara individu maupun berkelompok. Melalui kegiatan ini, anak diharapkan mendapat skill baru yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. 

2. Menumbuhkan rasa percaya diri

Kegiatan pramuka mendorong anak untuk mempelajari hal-hal baru. Mereka juga dituntut untuk memecahkan suatu masalah dan menghadapi tantangan secara individu maupun kelompok. Berkaca dari kegiatan ini anak mampu menumbuhkan rasa percaya dirinya.

3. Mengembangkan kemampuan bersosialisasi

Hampir semua kegiatan pramuka dilakukan secara berkelompok yang otomatis mempertemukan mereka dengan orang-orang dari beragam latar belakang.  Melansir Journal of Early Childhood Research, ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh anak ketika berinteraksi dengan lingkungan sekitar, seperti:

  • Berani mengutarakan berpendapat.
  • Menyelesaikan konflik melalui musyawarah.
  • Menyalurkan emosi secara positif.
  • Menghargai perbedaan.
  • Mengenali isyarat nonverbal.

4. Menumbuhkan rasa tanggung jawab

Dalam satu regu pramuka, biasanya terdiri dari anggota dengan keahlian masing-masing. Misalnya, ada yang ahli P3K atau ahli tali temali. Setiap individu tersebut punya tanggung jawabnya sendiri-sendiri untuk menangani suatu masalah. 

Hal ini didukung oleh pernyataan The Scout Association bahwa pramuka bukan cuma mendukung pendidikan anak di sekolah, tetapi juga membentuk pribadi agar  sukses dalam hidup dan karier di masa depan.

5. Mengajarkan sikap kepemimpinan

Studi yang dilakukan oleh Tufts University mengungkapkan kalau kegiatan pramuka adalah peluang besar bagi untuk mengasah jiwa kepemimpinannya. Dengan begitu, mereka bisa menjadi pemimpin yang baik di tempat kerja dan komunitasnya kelak.

6. Menyehatkan fisik maupun mental

Seluruh kegiatan pramuka mengharuskan anak untuk bergerak aktif, misalnya saat baris berbaris, membangun tenda atau menelusuri alam bebas. Selain mengasah skill baru, kegiatan ini jelas baik untuk kesehatan fisik dan mental anak. 

Studi yang dilakukan Front Public Health, beraktivitas di alam bebas terbukti bermanfaat untuk kesehatan mata, pernapasan, jantung, dan otot. Bukan itu saja, melihat pemandangan alam dan berkegiatan dengan teman sebayanya juga berdampak positif untuk kesehatan mentalnya.

Pramuka juga melatih anak untuk berpikir kritis, melakukan observasi, berhitung cepat yang bermanfaat untuk kehidupannya sehari-hari.

Jika anak mengalami masalah kesehatan, segera periksakan diri ke dokter. Buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis. Jangan tunda untuk memeriksakan diri sebelum kondisinya semakin memburuk. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Diakses pada 2022. Tiga Manfaat Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah.
Journal Early Childhood Research. Diakses pada 2022. Development of social relationships, interactions and behaviours in early education settings.
Health Fitness Revolution. Diakses pada 2022. Top 10 Health Benefits of Joining Boy/Girl Scouts.