• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 6 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh

Ketahui 6 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ketahui 6 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh

“Selain manfaatnya sebagai penyedap rasa, daun salam juga memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Ada beberapa vitamin, mineral, dan antioksidan yang terkandung pada daun salam. Daun salam memiliki sifat antikanker, antiinflamasi, dan antibakteri, yang dapat membantu mengelola kondisi kesehatan tertentu.”

Halodoc, Jakarta – Daun salam merupakan salah satu bahan masakan, biasanya digunakan untuk memasak sup dan semur. Selain manfaatnya sebagai penyedap rasa, daun salam juga memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Daun salam telah lama digunakan sebagai diuretik, zat yang memicu keringat atau membuang kelebihan garam atau air dari dalam tubuh. 

Ada beberapa vitamin, mineral, dan antioksidan yang terkandung pada daun salam. Itulah yang menyebabkan daun salam baik untuk kesehatan. Tidak heran jika daun salam sangat populer. Karena selain digunakan dalam masakan, daun salam juga bisa digunakan sebagai obat herbal dengan cara digiling. 

Baca juga: 7 Tanaman Herbal yang Diklaim Mampu Cegah Corona

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Daun salam memiliki sifat antikanker, antiinflamasi, dan antibakteri, yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.  Simak manfaat daun salam berikut ini:

  1. Efek AntiBakteri

Dalam studi laboratorium, ditemukan bahwa daun salam memiliki sifat antibakteri. Artinya daun ini bisa menghentikan bakteri yang tumbuh. Khususnya menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus dan E. coli. Dari studi laboratorium, ditemukan juga bahwa daun salam mampu melawan H. Pylori, bakteri yang menyebabkan bisul, bahkan kanker. 

  1. Baik untuk Kesehatan Gula Darah

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi kapsul daun salam dapat menurunkan kadar gula darah pada pengidap diabetes tipe 2. Namun, mungkin diperlukan penelitian lebih lanjut, apakah efek ini muncul ketika seseorang mengonsumsi daun salam dalam jumlah yang lebih sedikit. Sementara pada orang yang tidak mengidap diabetes, terjadi penurunan  kadar gula darah yang lebih rendah setelah makan daun salam.

  1. Pencegahan dan Pengelolaan Kanker

Penelitian sel laboratorium juga menunjukkan bahwa daun salam mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara dan sel kanker kolorektal. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami seberapa efektif daun salam dalam membantu pengidap kanker. 

Baca juga:  Gaya Hidup yang Perlu Dijalani Pengidap Diabetes Melitus

  1. Mengobati Batu Ginjal

Sebuah studi tahun 2014 menyelidiki apakah ekstrak daun salam dapat membantu mencegah batu ginjal. Studi tersebut menemukan bahwa, bersamaan dengan delapan obat tradisional lainnya, daun salam mampu mengurangi jumlah urease dalam tubuh. 

Urease adalah enzim yang dapat menyebabkan beberapa gangguan lambung, termasuk batu ginjal, ketika kadar enzim tersebut tidak seimbang. Namun, untuk hal ini, para ilmuwan menyarankan adanya penelitian lebih lanjut untuk memahami bagaimana fungsi herbal daun salam untuk batu ginjal. 

  1. Meningkatkan Pencernaan

Daun salam berdampak baik pada sistem pencernaan dengan mencegah kerusakan lambung dan melancarkan buang air kecil. Hal ini membantu tubuh melepaskan racun dan baik untuk kesehatan ginjal. Selain itu, senyawa organik yang ditemukan dalam daun salam sangat efektif dalam mengatasi sakit perut, meredakan sindrom iritasi usus besar atau bahkan memudahkan mencerna makanan. 

  1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Selalu mengalami stres? Jika iya, perlu kamu ketahui bahwa linalool dalam daun salam dapat menurunkan tingkat stres dan kecemasan pada tubuh. Daun salam juga memiliki kualitas menenangkan alami yang dapat membantu tubuh tenang dan mengurangi kemungkinan depresi. 

Baca juga: Ini 6 Tanaman Obat yang Sebaiknya Ada di Rumah

Tips Mengonsumsi Daun Salam

Umumnya, daun salam digunakan sebagai bahan resep masakan sehingga makanan menyerap rasanya. Sayangnya, metode ini bukan yang paling bergizi karena orang biasanya tidak makan daun salam utuh. 

Bumbu makanan dengan daun salam yang dihancurkan adalah cara terbaik untuk mendapatkan nilai gizi sepenuhnya. Daun salam segar yang dicampur juga dapat digunakan dalam makanan, meskipun metode itu kurang umum. Daun salam segar memiliki rasa yang lebih kuat, jadi sebaiknya gunakan dalam jumlah yang sedikit. 

Itulah yang perlu diketahui mengenai manfaat kesehatan dari daun salam. Mungkin masih ada jenis daun yang biasa digunakan dalam masakan yang memiliki manfaat kesehatan. Kamu bisa mendiskusikannya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Bay Leaves

Healthline. Diakses pada 2021. 5 Possible Uses for the Bay Leaf

Verywell Fit. Diakses pada 2021. Bay Leaf Nutrition Facts and Health Benefits