• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 6 Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 6 Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan Tubuh

Ketahui 6 Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 26 Januari 2022

“Daun sirsak memiliki sifat antipiretik, antimikroba, antidiabetes, kardioprotektif, dan anti-parasit, sehingga sudah jelas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat daun sirsak adalah mengobati insomnia, mengelola diabetes, mengobati penyakit kanker, menangani masalah rematik, dan juga maag.”

Ketahui 6 Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Buah sirsak kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh. Vitamin C dapat memperkuat imun bertahan melawan patogen dan juga mempromosikan penghancuran radikal bebas, yang dapat membantu melindungi kulit dan sel dari kerusakan oksidatif lingkungan.

 

Tidak hanya buahnya, daun sirsak juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Daun sirsak mengandung antioksidan termasuk fitosterol, tanin, dan flavonoid yang baik untuk perlindungan mekanisme kerja tubuh. Yuk, simak selengkapnya manfaat daun sirsak lainnya!

Mengobati Insomnia sampai Menstabilkan Tekanan Darah

Daun sirsak memiliki sifat antipiretik, antimikroba, antidiabetes, kardioprotektif, dan anti-parasit, sehingga sudah jelas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat daun sirsak? 

1. Mengobati Insomnia

Secara tradisional, daun sirsak telah digunakan untuk mengobati insomnia. Daun sirsak memiliki kandungan yang bersifat relaksan otot polos, sehingga dapat bertindak sebagai obat penenang. Minum segelas teh daun sirsak juga dapat membantu meredakan stres.

2. Membantu Mengelola Diabetes

Daun sirsak telah lama dipercaya dapat membantu mengelola diabetes karena menurunkan kadar gula darah. Mekanisme di balik sistem kerjanya adalah menghambat enzim yang membantu memecah karbohidrat kompleks menjadi glukosa atau menghalangi penyerapannya.

3. Membantu Pengobatan Kanker

Menurut jurnal ilmiah berjudul Anticancer Properties of Graviola (Annona muricata): A Comprehensive Mechanistic Review yang dipublikasikan oleh National Institutes of Health, disebutkan kalau efek antiproliferatif dan sitotoksik dari ekstrak tanaman sirsak dapat membantu mengobati kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, darah, hati, leher rahim, ovarium, mulut, dan kulit. Bahan bio aktif yang disebut annonaceous acetogenins (AGEs) memiliki beberapa sifat antikanker. AGEs dapat membunuh sel kanker dengan menghambat pertumbuhan protein sel kanker.

4. Pengobatan Rematik

Daun sirsak dapat mengobati penyakit rematik yang umumnya dialami oleh lansia. Cara menggunakannya gampang. Tumbuk daun sirsak hingga menjadi halus dan oleskan pada bagian tubuh yang sakit akibat radang sendi dan eksim. Lakukan ini secara teratur setidaknya dua kali sehari.

5. Mengobati Maag

Daun sirsak adalah obat yang sangat baik untuk maag, karena zat dalam daun sirsak mampu mengurangi peradangan dan juga bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit. Selain itu, daun sirsak dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, proses penyembuhan maag yang biasanya lambat bisa dipersingkat karena sistem imun yang aktif.

6. Menstabilkan Tekanan Darah

Sirsak kaya akan potasium dan zat besi. Kedua bahan ini dapat menurunkan tingkat tekanan darah tinggi. Kalium meningkatkan sirkulasi darah yang lebih baik sementara zat besi membantu mengatur detak jantung. Itulah sebabnya mengapa minum air rebusan daun sirsak direkomendasikan untuk pengidap tekanan darah tinggi.

Itulah manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh. Walaupun memiliki banyak manfaat, perlu diketahui mengonsumsi buah dan daunnya secara berlebihan dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan penyakit Parkinson. 

Daun sirsak ketika dikonsumsi dapat berinteraksi dengan obat tekanan darah tinggi atau obat untuk diabetes. Senyawa dalam daun sirsak dapat memperkuat efek obat tersebut, menyebabkan penurunan berbahaya pada tekanan darah atau kadar gula darah.

Kamu juga harus menghindari makan biji sirsak karena bijinya memiliki senyawa yang dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya. Kalau kamu mengidap diabetes atau hipertensi, kamu bisa mengecek kebutuhan obatamu melalui aplikasi Halodoc! Belum punya aplikasinya? Download sekarang juga ya!

Referensi:
Pulse. Diakses pada 2022. Soursop leaves supply health benefits you probably never thought of.
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Soursop.
Freshly Rooted Tribe.com. Diakses pada 2022. 5 Ways Soursop Tea Can Benefit Your Health.
National Institutes of Health. Diakses pada 2022. Anticancer Properties of Graviola (Annona muricata): A Comprehensive Mechanistic Review.