• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 6 Olahraga yang Efektif untuk Menurunkan Body Fat

Ketahui 6 Olahraga yang Efektif untuk Menurunkan Body Fat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ketahui 6 Olahraga yang Efektif untuk Menurunkan Body Fat

“Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menurunkan body fat atau lemak tubuh adalah berolahraga. Meski semua jenis olahraga baik, ada beberapa pilihan yang lebih efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Tentunya bila dilakukan secara rutin.”

Halodoc, Jakarta – Beberapa jenis olahraga, seperti berlari dan berenang, memiliki keuntungan tertentu bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Namun, sebenarnya tidak ada satu jenis olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan. 

Setiap jenis olahraga atau latihan punya efek yang berbeda-beda pada tiap orang. Salah satu yang jadi faktor penentunya adalah gaya hidup secara keseluruhan, seperti pengaturan pola makan, istirahat yang cukup, dan pengelolaan stres.  

Baca juga: 6 Pilihan Olahraga Selama Social Distancing

Olahraga untuk Menurunkan Body Fat

Setiap jenis olahraga itu baik dan bermanfaat. Namun, tidak semua orang bisa cocok dengan satu jenis olahraga. Jadi, penting untuk mempertimbangkan juga kondisi kesehatan secara keseluruhan, atau berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memilih jenis olahraga.

Namun, secara umum, berikut ini jenis olahraga terbaik untuk menurunkan body fat:

  1. Lari

Lari adalah salah satu bentuk olahraga kardiovaskular atau kardio. Lari menyebabkan jantung dan paru-paru bekerja lebih keras. Kerja ekstra ini menyebabkan tubuh membakar energi yang telah disimpan di seluruh tubuh, seperti di sel-sel lemak.

Jika tubuh membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsinya, seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan. Penurunan berat badan tidak langsung dan membutuhkan olahraga teratur selama beberapa minggu atau bulan.

  1. Berjalan

Berjalan memiliki efek yang sama pada tubuh dengan berlari, tetapi ini adalah bentuk latihan dengan intensitas yang lebih rendah. Meskipun intensitasnya lebih rendah berarti tubuh akan membakar lebih sedikit kalori per menit, ia memiliki beberapa keuntungan.

Misalnya, berjalan lebih mudah dipertahankan dalam jangka waktu yang lebih lama. Kebanyakan orang, termasuk mereka yang memiliki kebugaran rendah, bisa coba memulai gaya hidup yang lebih aktif dengan berjalan.

  1. Bersepeda

Bersepeda adalah bentuk lain dari kardio yang efektif untuk menurunkan berat badan. Bersepeda umumnya lebih intens daripada berjalan, karena membutuhkan tenaga tambahan dari kaki untuk menjaga pedal tetap bergerak.

Pada sepeda statis, mudah untuk mengubah resistensi dan meningkatkan intensitas latihan. Saat bersepeda di luar ruangan, dimungkinkan untuk mengayuh lebih cepat atau bersepeda menanjak untuk meningkatkan intensitas.

  1. Latihan Ketahanan atau Resistensi

Latihan resistensi meliputi kegiatan seperti latihan beban. Kebanyakan orang akan mendapat manfaat dari menggabungkan latihan kardio dan resistensi ke dalam rutinitas mereka.

Latihan ketahanan dapat meningkatkan komposisi tubuh dengan meningkatkan ukuran dan kepadatan otot di sekitar tubuh. Ini juga bisameningkatkan tingkat metabolisme istirahat, yaitu berapa banyak kalori yang dibakar tubuh saat istirahat.

Genetika dan usia adalah faktor yang memiliki pengaruh signifikan pada tingkat metabolisme istirahat, tetapi peningkatan otot juga dapat membuat perbedaan kecil.

Baca juga: Alasan Olahraga Baik untuk Menjaga Kesehatan Mental

  1. Renang

Berenang adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan dengan risiko cedera yang rendah. Berenang merupakan bentuk latihan kardio, tetapi ada juga resistensi alami dari air. Resistensi ini mengurangi dampak berenang pada sendi dan menurunkan risiko cedera.

Berenang cocok untuk orang dari segala usia, dan ini adalah olahraga yang dapat dilakukan dengan santai atau penuh semangat. Olahraga ini bisa menjadi salah satu bentuk latihan terbaik untuk membakar kalori.

  1. Latihan Interval Intensitas Tinggi (Hiit)

HIIT baru-baru ini muncul sebagai pilihan latihan yang digemari. Ini adalah jenis latihan yang melibatkan siklus pendek, aktivitas intensitas tinggi. Biasanya ada periode pemulihan singkat di antara sesi gerakan.

Sebuah tinjauan pada 2019 di British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa HIIT setidaknya sama efektifnya dengan bentuk latihan tradisional untuk menghilangkan lemak. Bentuk latihan tradisional yang dimaksud termasuk berlari selama 30 menit.

Itulah beberapa jenis olahraga yang efektif membakar lemak tubuh atau body fat. Tentunya, manfaat baru bisa dirasakan jika olahraga dilakukan secara rutin, dibarengi gaya hidup sehat lainnya. Bila kamu mengalami masalha kesehatan akibat olahraga, gunakan aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter dan beli obat yang diresepkan dengan mudah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. The 8 Best Exercises for Weight Loss.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What Are The Best Exercises For Weight Loss?