• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 6 Penyebab Mulut Anjing Berbusa

Ketahui 6 Penyebab Mulut Anjing Berbusa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Mulut berbusa adalah kondisi yang bisa terjadi pada binatang peliharaan, termasuk anjing. Hal ini mungkin membuat khawatir jika terjadi saat bermain atau berjalan bersama anjing peliharaan. Meski begitu, kamu tidak perlu terlalu panik. Jika mulut anjing berbusa, hal pertama yang perlu dilakukan akan bersikap tenang dan berusaha mencari tahu penyebabnya. 

Nyatanya, ada banyak hal yang bisa menjadi alasan mulut anjing berbusa. Keluarnya busa dari mulut anjing peliharaan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kelelahan, keracunan makanan atau benda asing, hingga gejala gangguan medis tertentu. Mulut berbusa pada anjing perlu ditangani dengan cara yang tepat, sebelumnya tentu perlu diketahui apa saja hal yang bisa memicu kondisi ini. 

Baca juga: 5 Penyakit yang Sering Dialami oleh Anjing Ras

Penyebab Mulut Anjing Berbusa

Mulut anjing peliharaan yang mengeluarkan busa bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari yang bersifat ringan hingga berat. Apa saja hal-hal yang bisa menjadi pemicu mulut anjing berbusa? 

1.Kelelahan 

Salah penyebab anjing mengeluarkan busa dari mulutnya adalah kelelahan. Biasanya, hal ini muncul saat anjing aktif bermain dan berlarian di bawah terik matahari. Saat anjing terlalu aktif dan terlalu bersemangat, air liur atau ludahnya menjadi lebih banyak. Nah, hal itu bisa terlihat seperti busa atau bisa memicu anjing mengalami kesulitan bernapas, sehingga keluar busa dari mulutnya. Jika ini yang terjadi, segera ajak anjing peliharaan ke tempat yang teduh dan hentikan aktivitas. 

2.Benda Asing 

Mulut anjing berbusa juga bisa disebabkan oleh benda asing. Biasanya, benda asing bisa masuk dan berdiam dalam waktu yang lama di dalam mulut anjing. Semakin lama, keberadaan benda asing ini akan memicu mulut anjing berbusa.

Baca juga: Inilah Tanda-Tanda Anjing Mengalami Penurunan Penglihatan

3.Mual 

Mulut anjing berbusa juga bisa menjadi tanda hewan peliharaan ini mengalami mual. Kondisi tersebut bisa memicu terbentuknya busa di sekitar mulut anjing. Mengatasi kondisi ini dilakukan tergantung pada penyebabnya. Namun, jika kondisi anjing terlihat semakin memburuk, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter hewan. 

Jika ragu, kamu bisa bertanya terkait mulut berbusa pada anjing dan apa saja penyebabnya pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter hewan melalui Video/Voice Call atau Chat. Kamu juga bisa menyampaikan keluhan yang dialami anjing peliharaan dan dapatkan tips menjaga kesehatannya. Download aplikasi Halodoc sekarang! 

4.Stres atau Cemas 

Anjing yang tengah merasa stres atau cemas juga bisa mengeluarkan busa dari mulutnya. Jika ini yang terjadi, pemilik bisa mencoba untuk lebih memperhatikan kondisinya dan membantu mengurangi rasa stres atau cemas yang muncul.

5.Keracunan 

Keracunan makanan juga bisa menyebabkan mulut anjing berbusa. Biasanya, anjing peliharaan bisa mengalami keracunan karena makanan, minuman, atau kemasukan benda asing. Jika hal ini yang terjadi, sebaiknya segera bawa anjing peliharaan ke rumah sakit untuk mengatasi keracunan dan mencegah hal yang tidak diinginkan. 

6.Masalah Kesehatan 

Masalah kesehatan juga bisa memicu mulut anjing berbusa. Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan hal ini, seperti masalah kesehatan oral, abses, cedera, kejang, rabies, hingga masalah kesehatan lain yang lebih serius. 

Baca juga: Ketahui Perawatan yang Tepat untuk Anjing Beagle

Mengetahui penyebab mulut anjing berbusa adalah hal yang perlu dilakukan. Dengan begitu, pengobatan yang tepat bisa segera dilakukan dan risiko komplikasi pada anjing bisa diturunkan. Pada tingkat yang parah, mulut anjing berbusa bisa menjadi tanda bahaya dan berujung pada kematian.

Referensi:
Canidae. Diakses pada 2021. Why is My Pet Foaming at the Mouth?
Vet Info. Diakses pada 2021. Why Does Your Dog Foam at the Mouth?