• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 7 Jenis Alat Bantu Pernapasan Ini

Ketahui 7 Jenis Alat Bantu Pernapasan Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui 7 Jenis Alat Bantu Pernapasan Ini

“Alat bantu pernapasan punya peranan penting bagi orang yang mengalami sesak napas atau masalah pernapasan tertentu. Ada beberapa jenis alat yang umum digunakan. Namun, alat seperti apa yang paling tepat dan sesuai dengan kondisi harus dikonsultasikan pada dokter.”

Halodoc, Jakarta – Bernapas adalah kebutuhan mendasar setiap manusia. Namun, pada beberapa orang dengan kondisi medis tertentu, alat bantu pernapasan bisa saja diperlukan. Penggunaan alat ini perlu sesuai dengan instruksi dan pengawasan dokter.

Ada yang memerlukan alat ini hanya pada saat-saat tertentu, dan ada pula yang memerlukannya seharian penuh, tergantung kondisi masing-masing. Nah, sudahkah kamu mengetahui jenis-jenis alat bantu pernapasan yang ada? Yuk simak pembahasan berikut ini!

Baca juga: Cara Kerja Sistem Ekskresi Paru-Paru pada Manusia

Jenis-Jenis Alat Bantu Pernapasan

Alat bantu pernapasan ada banyak jenisnya. Meski fungsinya sama, mengetahui alat mana yang paling cocok untuk kondisi yang dialami sangat penting. Berikut ini beberapa jenis alat yang umum digunakan:

1. Liquid Oxygen Tank

Seperti namanya, ini adalah alat yang berupa tabung yang berisi oksigen dalam bentuk cairan atau liquid. Cairan tersebut akan terkonversi menjadi gas yang bisa dihirup, ketika sedang digunakan.

2. Compressed Oxygen Gas Tank

Alat jenis ini memiliki cara kerja yang mirip dengan liquid oxygen tank, yaitu mengkompres oksigen dengan tekanan tinggi di dalam tabung. Namun, alat ini lebih jarang dipilih. Kemungkinan karena alat ini sangat berat dan sulit untuk dipindah-pindah.

3. Konsentrator Oksigen Portable

Berbeda dengan yang tadi, konsentrator oksigen portable memiliki keunggulan bisa dipindah-pindah dan digunakan di mana saja. Cara kerja alat bantu pernapasan ini adalah dengan mengubah udara di sekitar menjadi oksigen. Beberapa alat membutuhkan daya listrik, tetapi ada juga yang menggunakan baterai.

Baca juga: Kenali Pengaruh Otot Diafragma terhadap Pernapasan Manusia

4. CPAP Machine

Continuous Positive Airway Pressure atau disingkat CPAP adalah alat yang bekerja dengan cara mengeluarkan oksigen dari selang ke masker yang menutupi hidung. Umumnya, CPAP digunakan oleh pengidap sleep apnea atau masalah pernapasan lain.

5. Mesin Pernapasan BIPAP

Mesin pernapasan BIPAP (Bi-Level Positive Airway Pressure) dapat membantu pengidap masalah pernapasan untuk bernapas secara normal. Alat ini bekerja dengan cara mendorong udara ke paru-paru, sambil menjaga paru-paru tetap terbuka. Jadi, memungkinkan lebih banyak oksigen masuk.

Alat bantu pernapasan ini terdiri dari mesin kecil yang bisa diletakkan di samping tempat tidur, dan masker wajah untuk memberikan tekanan yang diperlukan saat bernapas.

6. Nebulizer

Nebulizer adalah alat bantu pernapasan yang biasa digunakan oleh pengidap asma. Alat ini memiliki fungsi seperti inhaler, yang bekerja dengan cara mengubah dan memasukkan cairan di dalamnya ke saluran pernapasan. Selain untuk pengidap asma, alat ini juga dapat digunakan saat mengalami batuk dan pilek.

Baca juga: Waspada, Ini Tanda Lansia Alami Gangguan Pernapasan

7. Suction Machines

Alat bantu pernapasan jenis ini berfungsi untuk membersihkan lendir dari saluran pernapasan, agar bisa bernapas lebih lega. Alat ini memiliki bentuk seperti selang, yang terhubung dengan sebuah mesin. Cara kerjanya adalah dengan memberi tekanan untuk membersihkan lendir di saluran napas.

Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis alat bantu pernapasan yang umum digunakan. Dapat diketahui bahwa ternyata ada banyak jenis alat yang cara kerjanya berbeda, tetapi punya fungsi yang sama, yaitu memudahkan proses pernapasan.

Alat mana yang paling sesuai dan berapa lama harus digunakan perlu dikonsultasikan pada dokter, karena kondisi setiap orang bisa berbeda-beda. Bila kamu mengalami masalah pernapasan, segera download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit, ya.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Livestrong. Diakses pada 2021. Types of Breathing Machines.
Very Well Health. Diakses pada 2021. What Is Bi-Level Positive Airway Pressure (BiPAP) Therapy?
WebMD. Diakses pada 2021. Home Oxygen Therapy: What to Know.