• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 7 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Hati

Ketahui 7 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Hati

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Hati adalah organ penting yang melakukan berbagai tugas mulai dari memproduksi protein, kolesterol, dan empedu, hingga menyimpan vitamin, mineral, dan bahkan karbohidrat.

Hati juga berfungsi memecah racun seperti alkohol, obat-obatan, dan produk sampingan alami dari metabolisme. Menjaga hati dalam kondisi yang prima sangat penting untuk menjaga kesehatan. Pola makan yang sehat dapat menjaga fungsi hati. Lantas, makanan apa saja yang terbaik untuk kesehatan hati? Selengkapnya baca di sini!

1. Kopi

Kopi adalah salah satu minuman terbaik yang dapat diminum untuk meningkatkan kesehatan hati. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi melindungi hati dari penyakit, bahkan pada mereka yang sudah bermasalah dengan organ ini.

Minum kopi juga dapat membantu mengurangi risiko pengembangan jenis kanker hati yang umum, dan memiliki efek positif pada penyakit hati dan pembengkakan. Konsumsi kopi juga dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah pada orang dengan penyakit hati kronis. 

Baca juga: Terlalu Sering Konsumsi Alkohol Sebabkan Gangguan Fungsi Hati

Kopi juga mengurangi peradangan dan meningkatkan kadar antioksidan glutathione. Antioksidan menetralkan radikal bebas berbahaya, yang diproduksi secara alami di dalam tubuh dan dapat menyebabkan kerusakan sel.

2. Teh

Satu penelitian di Jepang menemukan bahwa minum 10 cangkir teh hijau per hari dikaitkan dengan peningkatan fungsi kesehatan hati. Sebuah studi yang lebih kecil pada orang dengan penyakit hati berlemak non-alkohol menemukan bahwa minum teh hijau yang tinggi antioksidan selama 12 minggu meningkatkan kadar enzim hati dan juga dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan timbunan lemak di hati.

Selain itu, ulasan lain menemukan bahwa orang yang minum teh hijau lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker hati. 

3. Jeruk

Jeruk mengandung antioksidan yang secara alami melindungi hati. Dua antioksidan utama yang ditemukan dalam jeruk adalah naringenin dan naringin. Efek perlindungan jeruk dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi sel.

Baca juga: Hati Lebih Berat dari Normal, Waspada Perlemakan Hati

Penelitian juga menunjukkan bahwa antioksidan ini dapat membantu mengurangi perkembangan fibrosis hati, suatu kondisi berbahaya di mana jaringan ikat yang berlebihan menumpuk di hati. 

4. Anggur

Anggur memiliki berbagai manfaat, termasuk menurunkan peradangan, mencegah kerusakan, dan meningkatkan kadar antioksidan sehingga baik untuk hati. Anggur, terutama anggur merah dan ungu, mengandung berbagai senyawa tumbuhan yang bermanfaat. 

Resveratrol dalam anggur memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Banyak penelitian pada hewan menunjukkan bahwa anggur dan jus anggur dapat bermanfaat bagi hati. Studi menunjukkan anggur memiliki berbagai manfaat, termasuk menurunkan peradangan, mencegah kerusakan, dan meningkatkan kadar antioksidan.

5. Kacang

Kacang tinggi lemak, nutrisi termasuk antioksidan vitamin E dan senyawa tanaman yang bermanfaat. Komposisi ini bermanfaat terutama untuk kesehatan jantung, tetapi juga berpotensi untuk hati.

Baca juga: Gejala Ini Ditimbulkan Penyakit Hati Berlemak Non-Alkohol

6. Ikan Berlemak

Ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3, yaitu lemak sehat yang membantu mengurangi peradangan dan dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Asam lemak omega 3 membantu menurunkan lemak hati dan trigliserida pada mereka yang mengidap penyakit hati berlemak non-alkohol atau steatohepatitis non-alkohol.

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dianggap sebagai lemak sehat karena banyak manfaatnya bagi kesehatan, termasuk efek positif pada jantung dan kesehatan metabolisme. Beberapa penelitian yang lebih baru menemukan efek serupa dari konsumsi minyak zaitun pada manusia, termasuk lebih sedikit penumpukan lemak di hati, peningkatan sensitivitas insulin, dan peningkatan kadar enzim hati dalam darah.

Itulah makanan terbaik untuk kesehatan hati. Informasi selengkapnya mengenai kesehatan hati bisa ditanyakan melalui Halodoc! Butuh layanan antar obat juga bisa melalui Halodoc.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 11 Foods That Are Good for Your Liver.
Liver Foundation.org. Diakses pada 2021. A Healthy Diet, a Healthier Liver, a Healthier You.