• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 7 Makanan yang Mampu Mengusir Bad Mood

Ketahui 7 Makanan yang Mampu Mengusir Bad Mood

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ketahui 7 Makanan yang Mampu Mengusir Bad Mood

“Saat sedang bad mood, hindari makanan yang tinggi gula, tinggi lemak dan tinggi kalori. Sebaiknya pilih makanan yang mampu meningkatkan suasana hati. Beberapa makanan yang terbukti memperbaiki suasana hati antara lain ikan berlemak, cokelat hitam, pisang, oat, beri-berian, kacang-kacangan dan biji-bijian.”

Halodoc, Jakarta – Saat sedang bad mood, kamu mungkin tergoda mengonsumsi makanan untuk memperbaiki suasana hati. Biasanya, banyak orang yang beralih ke makanan manis, tinggi lemak dan tinggi kalori ketika bad mood. Bukannya memperbaiki suasana hati, makanan tinggi lemak, tinggi gula dan tinggi kalori malah dapat memberikan dampak negatif. 

Pasalnya, penelitian telah membuktikan kalau makanan yang kita konsumsi mampu memengaruhi kerja otak secara keseluruhan. Nah, mengonsumsi makanan tinggi gula, tinggi kalori dan tinggi lemak dinilai berhubungan dengan jenis gangguan suasana hati. Kalau kamu sedang bad mood, sebaiknya pilih makanan sehat berikut ini:

1. Ikan Berlemak

Asam lemak omega-3 adalah lemak esensial yang hanya bisa kamu dapatkan dari makanan. Sebab, kandungan yang satu ini tidak diproduksi secara alami di dalam tubuh. Omega-3 banyak terkandung dalam ikan berlemak, seperti salmon, tuna, lele, kembung dan lain-lain. 

Penelitian telah membuktikan bahwa omega-3 berkontribusi dalam perkembangan otak yang pada gilirannya mampu menurunkan risiko depresi. Meskipun tidak ada dosis standar, sebagian besar ahli setuju bahwa orang dewasa mendapatkan setidaknya 250-500 miligram omega-3 per harinya.

Baca juga: 5 Cara Menenangkan Pikiran Saat Bad Mood

2. Cokelat Hitam

Makanan yang satu ini paling banyak dicari saat sedang bad mood. Coklat memang terbukti kaya akan senyawa yang mampu meningkatkan suasana hati. Flavonoid, kafein, theobromine, dan n-acylethanolamine adalah beberapa senyawa yang berperan meningkatkan suasana hati. Kendati demikian, banyak produk cokelat yang mengandung bahan tambahan seperti gula dan lemak. Oleh sebab itu, sebaiknya pilih cokelat hitam yang tinggi flavonoid dan lebih rendah gula tambahannya. 

3. Makanan Fermentasi

Kimchi, yoghurt, kefir, kombucha, dan asinan kubis adalah beberapa makanan fermentasi dapat meningkatkan kesehatan dan suasana hati usus. Proses fermentasi memungkinkan bakteri hidup berkembang biak dalam makanan yang kemudian mampu mengubah gula menjadi alkohol dan asam. Selama proses ini, probiotik terbentuk dan mampu mendukung pertumbuhan bakteri sehat di dalam usus. Pada gilirannya, probiotik akan meningkatkan kadar serotonin yang dapat memperbaiki suasana hati. 

Penting untuk dicatat bahwa tidak semua makanan fermentasi merupakan sumber probiotik yang baik. Bir, beberapa roti, dan anggur juga termasuk produk fermentasi yang sebaiknya kamu hindari saat sedang bad mood.

4. Pisang

Buah yang satu ini kaya akan vitamin B6, yang membantu mensintesis neurotransmiter perasaan baik seperti dopamin dan serotonin. Satu buah pisang besar umumnya mengandung 16 gram gula dan 3,5 gram serat. Ketika dipasangkan dengan serat, gula dilepaskan perlahan ke aliran darah yang kemudian menstabilkan gula dan mengontrol suasana hati yang lebih baik. 

Baca juga: 4 Fakta Tentang Mood yang Perlu Diketahui

5. Oat

Produk gandum seperti oat, oatmeal, muesli, dan granola adalah sumber serat yang amat baik. Serat membantu memperlambat pencernaan karbohidrat sehingga pelepasan gula ke dalam aliran darah tidak terjadi spontan. Proses ini dapat menjaga tingkat energi kamu tetap stabil. Kadar gula yang stabil terbukti mampu meningkatkan suasana hati. Kandungan zat besi dalam oat juga dapat memperbaiki gejala suasana hati pada pengidap anemia defisiensi besi.

6. Beri-berian

Meskipun mekanismenya tidak jelas, konsumsi makanan kaya antioksidan nyatanya mampu mengatasi peradangan yang berhubungan dengan depresi dan gangguan mood. Nah, beri-berian adalah salah satu sumber antioksidan terbaik yang mampu memerangi stres oksidatif. Buah beri juga kaya akan anthocyanin, senyawa yang mampu melawan penyakit dan menurunkan risiko depresi.

7. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Bukan hanya tinggi kandungan seratnya, biji-bijian dan kacang-kacangan mengandung protein nabati, lemak sehat, dan triptofan, asam amino yang bertanggung jawab untuk memproduksi serotonin untuk meningkatkan suasana hati. Almond, kacang mete, kacang tanah, dan kenari, serta biji labu, wijen, dan bunga matahari, adalah sumber yang sangat baik. 

Baca juga: Begini Cara Suasana Hati Memengaruhi Kesehatan

Kamu perlu waspada jika mengalami bad mood berkepanjangan. Sebab, hal ini mungkin bisa menjadi pertanda awal depresi. Jangan tunda untuk menemui dokter untuk membantu masalah yang sedang kamu alami. Supaya lebih mudah dan praktis, buat janji rumah sakit terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Healthy Foods That Lift Your Mood.
Everyday. Diakses pada 2021. 7 Bad-Mood-Busting Foods.