• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 7 Manfaat Rutin Konsumsi Kunyit Dicampur Garam
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 7 Manfaat Rutin Konsumsi Kunyit Dicampur Garam

Ketahui 7 Manfaat Rutin Konsumsi Kunyit Dicampur Garam

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 07 Desember 2022

“Manfaat kunyit dicampur garam terjadi berkat kandungan antioksidan, vitamin C, kurkumin dan natrium klorida di dalamnya. Adapun manfaatnya, yakni mencegah diabetes hingga meredakan sembelit.”

Ketahui 7 Manfaat Rutin Konsumsi Kunyit Dicampur GaramKetahui 7 Manfaat Rutin Konsumsi Kunyit Dicampur Garam

Halodoc, Jakarta – Kunyit mengandung kurkumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa dan lemak. Di dalamnya juga mengandung antioksidan dan vitamin C, fosfor, kalsium serta minyak atsiri.

Sementara garam merupakan kumpulan senyawa dengan kandungan terbesar berupa natrium klorida. Di dalamnya juga mengandung senyawa lain, seperti magnesium klorida, magnesium sulfat dan kalsium klorida.

Berbagai nutrisi tersebut efektif membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Adapun manfaat kunyit dicampur garam, yakni mencegah diabetes, mengatasi batuk, menyembuhkan radang tenggorokan dan meredakan sembelit.

Manfaat Kunyit Dicampur Garam Bagi Tubuh

1. Mencegah Diabetes

Kandungan kurkumin di dalam air rebusan kunyit efektif mencegah pradiabetes menjadi diabetes tipe 2. Caranya, siapkan kunyit sebesar ibu jari, kemudian parut dan rebus hingga mendidih. Tambahkan sejumput garam dan minum air tersebut.

2. Obat Batuk

Sifar antiradang dan antibakteri di dalam kunyit serta garam mampu mengatasi batuk. Caranya, seduh sejumput garam, parutan kunyit dan jahe. Minum air campuran ini sebanyak dua kali dalam sehari.

3. Menyembuhkan Radang tenggorokan

Radang tenggorokan ditandai dengan rasa nyeri, gatal, tidak nyaman atau sensasi kering pada tenggorokan, terutama saat makan atau minum. Gangguan ini umumnya disebabkan oleh infeksi virus. 

Guna mengatasi gangguan, silakan seduh parutan kunyit, sejumput garam dan air hangat. Tambahkan juga air perasan jeruk nipis. Lakukan langkah ini hingga radang tenggorokan benar-benar membaik.

4. Mengatasi Sembelit

Sembelit atau konstipasi merupakan gangguan yang ditandai dengan kesulitan buang air besar (BAB) atau penurunan frekuensi BAB. Kondisi ini umumnya dipicu oleh pola makan tidak sehat dan tidak mengonsumsi cukup serat.

Gangguan tersebut dapat disembuhkan dengan air rebusan kunyit. Caranya, geprek kunyit sebesar satu ibu jari dan campur dengan air panas serta sejumput garam. Rebus selama 5 menit dan minum air rebusannya.

5. Meredakan Demam

Demam merupakan reaksi dari sistem kekebalan tubuh dalam melawan patogen seperti kuman, virus atau bakteri penyebab penyakit. Adapun penyakit yang sering memicu demam yakni flu, radang tenggorokan dan infeksi saluran kemih.

Guna meredakan gejala demam, disarankan untuk memarut kunyit dan menambah sedikit air panas. Kemudian peras campuran air tersebut dan tambahkan sejumput garam, madu serta kuning telur.

6. Meredakan Asam Lambung

Penyakit asam lambung terjadi akibat melemahnya otot kerongkongan bagian bawah (otot LES). Otot ini seharusnya secara otomatis menutup saluran kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. 

Bila otot LES melemah, kerongkongan akan tetap terbuka, sehingga asam lambung akan naik kembali ke kerongkongan. Guna mencegah kondisi tersebut, silakan mengonsumsi air rebusan kunyit dan sejumput garam.

7. Melancarkan Menstruasi

Air rebusan kunyit efektif melancarkan menstruasi. Caranya, siapkan 2 rimpang kunyit, setengah sendok teh ketumbar, biji pala, setengah genggam daun sri gading dan sejumput garam.

Tumbuk semua bahan sampai halus, kemudian rebus dengan 1 liter air hingga mendidih. Kemudian, saring dan minum satu gelas per hari secara rutin. Lakukan ini selama beberapa minggu.

Di balik manfaat yang ditawarkan, kunyit dan garam juga berpotensi menimbulkan reaksi alergi jika digunakan oleh pengidap alergi. Gejala yang muncul berupa gatal, kemerahan dan sensasi panas serta menyengat di kulit.

Segera hentikan pemakaian dan janji medis jika merasakan gejala alergi setelah menggunakan minyak esensial atau mengonsumsi bunga sedap malam. Dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya, dengan mendownload Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Health Shots. Diakses pada 2022. From weight loss to improving skin health, here are 7 benefits of turmeric water.
NDTV Food. Diakses pada 2022. Turmeric Water: 5 Benefits Of This Desi Detox Water And How To Make It.