• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 7 Pola Hidup Sehat agar Terhindar dari Obesitas

Ketahui 7 Pola Hidup Sehat agar Terhindar dari Obesitas

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Selain bikin kamu tidak pede, obesitas termasuk masalah medis yang meningkatkan risiko penyakit dan masalah kesehatan lain, seperti penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan kanker. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh banyak faktor, seperti pola makan yang buruk, malas berolahraga hingga keturunan. 

Walaupun kelihatannya sulit untuk menurunkan berat badan yang sangat banyak, tidak ada yang tidak mungkin jika kamu mau berusaha. Kabar baiknya, menurunkan berat badan sedikit saja pun bisa memperbaiki atau mencegah masalah kesehatan yang terkait dengan obesitas.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Ini Dampak dari Obesitas

Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Obesitas

Nah, jika kamu tidak ingin mengalami obesitas atau ingin menurunkan berat badan secara bertahap, mulai sekarang sebaiknya terapkan pola hidup sehat berikut ini:

1. Perbanyak Konsumsi Lemak Baik

Selama ini, banyak orang percaya bahwa pengidap obesitas maupun yang berisiko mengalaminya wajib menghindari lemak. Padahal, tidak semua lemak jahat dan merugikan. Penelitian yang dipublikasikan dalam Nutrition Journal menunjukkan bahwa asupan lemak pada makanan yang sehat, seperti lemak tak jenuh ganda dapat meningkatkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko obesitas.

2. Kurangi Makan Olahan

Menurut sebuah studi pada 2016 yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi makanan tinggi gula dan makanan olahan lainnya mampu meningkatkan risiko obesitas yang lebih tinggi. Makanan olahan yang tinggi lemak, garam, dan gula, rata-rata dapat mendorong seseorang untuk makan berlebih.

3. Perbanyak Sayur dan Buah

Pastikan kamu rutin mengonsumsi buah dan sayur adalah lima sampai sembilan porsi per hari untuk mencegah obesitas. Sayuran dan buah dapat membantu menjaga kalori yang masuk ke dalam tubuh kamu tetap seimbang dan mengurangi risiko makan berlebihan.

4. Banyak Makan Serat

Bukan rahasia lagi kalau makanan yang tinggi serat berperan penting untuk menjaga berat badan tetap ideal. Melansir dari Healthline, orang yang rutin mengkonsumsi suplemen serat kompleks tiga kali sehari selama 12 minggu mampu menurunkan hingga 5 persen dari berat badannya.

Baca juga: Bahaya Perut Buncit untuk Kesehatan

5. Latihan Aerobik

Rutin melakukan aktivitas fisik mampu menjaga atau menurunkan berat badan tetap ideal. Latihan aerobik adalah salah satu aktivitas fisik yang dipercaya dapat membakar lemak lebih efektif. Untuk hasil yang maksimal, melakukan aktivitas aerobik sedang selama 150 menit atau aktivitas aerobik berat 75 menit setiap minggu.

6. Tambahkan Latihan Beban

Latihan beban sama pentingnya untuk menjaga berat badan seperti aktivitas aerobik. Selain aktivitas aerobik mingguan, WHO merekomendasikan latihan beban yang melibatkan semua otot utama setidaknya dua kali per minggu.

7. Kelola Stres dengan Baik

Stres bisa memberikan berbagai dampak negatif pada tubuh dan pikiran. Studi pada 2012 berjudul Effects of Chronic Social Stress on Obesity menunjukkan bahwa stres dapat memicu respons otak yang mengubah pola makan dan menyebabkan keinginan untuk makan makanan berkalori tinggi. Nah, seperti yang kamu tahu, makanan berkalori tinggi terlalu banyak dapat berkontribusi pada perkembangan obesitas.

Baca juga: Apakah Menurunkan Berat Badan Ampuh Mengatasi Sleep Apnea?

Intinya adalah makan makanan yang sehat dan melakukan lebih banyak aktivitas fisik dapat membantu mencegah obesitas. Bila kamu punya kendala saat berusaha menurunkan berat badan, kamu bisa menghubungi dokter atau ahli gizi lewat aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi ini, kamu bisa menghubungi dokter maupun ahli gizi kapan saja dan di mana saja via Chat atau Voice/Video Call.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Prevent Obesity in Kids and Adults.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Obesity.