• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 8 Tanda Melahirkan Sudah Dekat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 8 Tanda Melahirkan Sudah Dekat

Ketahui 8 Tanda Melahirkan Sudah Dekat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 Juni 2022

“Setiap wanita hamil perlu tahu beberapa tanda melahirkan jika sudah dekat. Dengan begitu, penanganan oleh dokter bisa didapatkan segera agar persalinan dapat lancar.”

Ketahui 8 Tanda Melahirkan Sudah DekatKetahui 8 Tanda Melahirkan Sudah Dekat

Halodoc, Jakarta – Saat memasuki trimester ketiga, wanita yang sedang hamil harus lebih waspada terhadap waktu melahirkan. Salah satu caranya dengan mengetahui tanda-tanda melahirkan.

Ketahui beberapa tandanya pada ulasan berikut ini!

Berbagai Tanda Melahirkan saat Sudah Dekat

Tanda-tanda akan melahirkan dapat berbeda pada setiap wanita. Bahkan, oleh wanita tersebut, kondisi ini bisa berbeda dari satu kehamilan ke kehamilan berikutnya. Namun, ada beberapa tanda yang sering dirasakan oleh wanita hamil saat waktu melahirkan sudah dekat, yaitu:

1.  Pecah Ketuban

Pecah ketuban adalah tanda melahirkan pertama yang umum terjadi pada wanita. Kondisi ini terjadi berbarengan dengan kontraksi. Umumnya, wanita akan melahirkan dalam kurun waktu 12 jam setelah ketuban pecah. Bagi wanita yang tidak mengalaminya, bayi mungkin harus diinduksi karena risiko untuk alami infeksi tinggi.

2.  Kontraksi

Kontraksi juga termasuk salah satu tanda melahirkan sudah dekat, terutama di usia kehamilan memasuki minggu ke-37. Namun, ibu perlu tahu, ada  kontraksi asli dan palsu. Untuk kontraksi palsu, biasanya terjadi tidak intens dan dipicu oleh rasa lapar atau dehidrasi.

Adapun, kontraksi asli akan terasa lebih intens dengan interval semakin kuat saat waktu persalinan semakin dekat. Durasinya bisa selama 20-40 detik per kontraksi dengan interval 10 menit sekali menjadi 5 dan bahkan 3 menit sekali. Segera ke rumah sakit jika kontraksi yang dirasakan semakin intens.

3.  ASI Mulai Keluar

Pertanda melahirkan lainnya yang umum dirasakan wanita adalah ASI yang mulai keluar. Ini umum terjadi di beberapa minggu terakhir sebelum waktu persalinan tiba. Air susu yang keluar dari dada ibu adalah kolostrum, yaitu cairan yang sangat baik untuk kesehatan bayi karena kaya akan nutrisi.

4.  Lebih Rutin Buang Air Kecil

Ibu juga dapat mengalami lebih sering untuk buang air kecil saat waktunya melahirkan sudah dekat. Sebab, kandungan yang semakin besar dapat menekan kandung kemih dan membuat tubuh lebih sering buang air kecil. Agar tidak mengalami dehidrasi, minum air putih lebih banyak.

5.  Perubahan pada Cara Berjalan

Semakin besarnya ukuran kandungan dapat memengaruhi cara berjalan ibu hamil. Perubahan ini dapat membuat cara berjalannya agar menyilang. Hal ini disebabkan tulang panggul jadi lebih melebar. Namun, jika cara berjalan menimbulkan rasa tidak nyaman, cobalah memeriksakan diri karena bisa menjadi tanda pelvic girdle pain (PGP).

6.  Alami Pembengkakan

Pembengkakan juga termasuk salah satu masalah yang terjadi saat hamil, terutama kaki. Selain itu, bibir vagina juga dapat membengkak menjelang persalinan. Sebab, janin sudah turun ke panggul di usia sekitar 37 minggu karena tekanan lebih pada vagina dan menyebabkan pembengkakan. 

7.  Mengeluarkan Cairan Kental

Saat rahim ibu sudah mulai mengeluarkan cairan kental, ini bisa menjadi tanda melahirkan sudah dekat. Cairan tersebut dapat berwarna cokelat atau merah muda dan bahkan berbentuk gumpalan. Jika ingin memastikan cairan tersebut bukan perdarahan, pastikan melakukan pemeriksaan ke dokter.

8. Sakit Punggung dan Kram

Wanita hamil yang menjelang persalinan juga dapat mengalami peningkatan tekanan atau kram pada area panggul dan dubur. Tentu hal ini juga bisa merasakan sakit pada area punggung. Maka dari itu, jika merasakan sakit punggung dan kram, bisa jadi hal tersebut sebagai tanda melahirkan yang sudah dekat.

Nah, itulah beberapa tanda melahirkan sudah dekat yang perlu setiap ibu hamil ketahui. Jika merasakan salah satu atau bahkan lebih dari pertanda tersebut, ada baiknya untuk segera menemui dokter. Hal ini juga dapat memastikan kontraksi yang terjadi asli atau palsu jika ibu merasakannya.

Ibu bisa, lho, memesan pemeriksaan dengan dokter spesialis di rumah sakit ternama melalui aplikasi Halodoc. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam pemesanan terkait pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Untuk itu, gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Live Science. Diakses pada 2022. Signs of labor: 6 clues baby is coming soon.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Signs That Labor Is 24 to 48 Hours Away.