Ketahui 9 Manfaat Racikan Garam Alami untuk Kecantikan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
manfaat garam

Halodoc, Jakarta - Garam yang dikenal sebagai salah satu penyedap makanan ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi kecantikan. Bahan alami yang satu ini tergolong murah dan mudah didapatkan. Berikut sejumlah manfaat garam bagi kecantikan:

Baca juga: 6 Manfaat Garam untuk Kecantikan

  • Detoks Kulit

Bahan alami ini dipercaya dapat melembapkan kulit, serta menghilangkan bakteri penyebab tersumbatnya pori-pori wajah. Sebagai bahan detoksifikasi kulit, kamu dapat mencampurkan secangkir garam ke bak mandi yang berisi air hangat. Mandi garam dipercaya dapat mendetoksifikasi kulit, serta menghilangkan bengkak karena alergi pada tubuh.

  • Facial Wajah

Garam kerap dijadikan bahan campuran untuk facial wajah. Tekstur garam yang kasar dapat digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan sel kulit mati pada wajah. Sebagai bahan facial wajah, kamu dapat mencampur garam dengan face oil, kemudian pijat lembut pada wajah dengan gerakan memutar. Kemudian bilas hingga bersih.

  • Toner Wajah

Sebagai toner wajah, kamu dapat mencampurkan garam dengan air hangat. Kemudian semprotkan pada wajah, lalu tepuk-tepuk hingga kering. Bahan alami yang satu ini dapat dijadikan sebagai pengganti toner untuk menutrisi kulit.

  • Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah pada kulit wajah yang sangat ditakutkan oleh semua orang. Masalah kulit yang kerap menyerang secara tiba-tiba ini ternyata dapat diatasi dengan garam. Untuk mengatasi jerawat, kamu dapat mencampurkan seperempat sendok garam dengan segelas air hangat. Aplikasikan menggunakan kapas di area yang berjerawat dan diamkan selama satu menit. Garam akan bekerja dengan mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada kulit.

Baca juga: Ketahui 5 Jenis Garam dan Manfaatnya untuk Kesehatan

  • Mengatasi Bibir Kering

Masalah yang satu ini juga kerap dialami oleh orang yang setiap hari menggunakan lip stick. Caranya dengan mencampurkan tiga sendok garam dengan satu sendok pelembap bibir, kemudian gosok pada bibir yang kering. Kemudian bersihkan kulit dengan lap basah.

  • Scrub Kulit

Garam dapat menghaluskan kulit serta menyamarkan kerutan jika digunakan secara rutin dengan cara di-scrub. Jika belum terbiasa, kamu akan merasakan perih. Caranya dengan mencampur garam dengan minyak zaitun. Kemudian aplikasikan pada kulit. Setelah selesai, bilas hingga bersih.

  • Merendam Kaki

Kamu pernah mengalami luka setelah melakukan perawatan pada kaki? Jika iya, kamu dapat mencoba ramuan alami berbahan dasar garam. Caranya dengan mencampur secangkir garam dengan air hangat, kemudian rendam kaki pada cairan tersebut. Terapkan cara ini sebanyak dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

  • Cairan Kumur

Tak hanya baik bagi wajah dan kulit, bahan alami ini dapat digunakan sebagai obat kumur. Garam dapat digunakan sebagai bahan kesehatan mulut. Senyawa alami yang terdapat pada air garam sangat efektif dalam membunuh bakteri dalam mulut dan menghilangkan sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi.

Tak hanya itu, garam dapat menghilangkan bau mulut, masalah yang kerap dialami oleh sebagian orang. Bau mulut sendiri dapat terjadi karena adanya kuman dan bakteri yang berkembang dalam mulut akibat malas menyikat gigi. Dalam hal ini, kamu dapat menjadikan garam sebagai obat kumur.

Baca juga: Tak Hanya Masakan, Ketahui Manfaat Garam Laut untuk Kecantikan

Untuk lebih jelas mengenai manfaat kecantikan lain dari garam, kamu dapat bertanya langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc. Tak hanya bermanfaat bagi kecantikan, garam dapat digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan yang kamu alami. Selamat mencoba!

 
Referensi:
Women’s Health. Diakses pada 2019. 10 DIY Ways To Use Salt For Gorgeous Skin, Hair, Teeth, And Nails.
Style Caster. Diakses pada 2019. 5 Surprising Beauty Benefits of Salt Water.