• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 9 Rekomendasi Makanan yang Menyehatkan Jantung
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 9 Rekomendasi Makanan yang Menyehatkan Jantung

Ketahui 9 Rekomendasi Makanan yang Menyehatkan Jantung

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 Mei 2022

“Beberapa rekomendasi makanan yang menyehatkan jantung adalah ikan salmon, oatmeal, biji-bijian, sayuran hijau, anggur, dan alpukat.”

Ketahui 9 Rekomendasi Makanan yang Menyehatkan Jantung

Halodoc, Jakarta – Berdasarkan laporan kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit jantung masih menempati peringkat satu kematian dunia. Gaya hidup, terutama pola makan menjadi penyebab peningkatan risiko penyakit jantung dunia. 

Agar jantung tetap berfungsi dengan baik, tentunya harus menjaga pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan yang dapat menyehatkan jantung. Simak selengkapnya rekomendasi makanan yang menyehatkan jantung di sini!

Dari Ikan Salmon sampai Alpukat, Baik untuk Jantung

Mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans dapat menyebabkan kolesterol menumpuk di arteri (pembuluh darah). Kondisi ini menempatkanmu pada risiko penyakit jantung. Supaya jantung sehat, kamu perlu mengonsumsi makanan yang menyehatkan jantung. Apa sajakah itu?

1.  Ikan Salmon

Ikan salmon dan jenis ikan lain yang mengandung akan asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan omega 3 ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah. 

Selain itu, omega 3 juga berfungsi mencegah peradangan pembuluh darah. Kamu direkomendasikan untuk makan ikan setidaknya dua kali dalam seminggu. Sebab, hal ini sangat baik untuk tubuh dan dapat menyehatkan jantung.

2.  Oatmeal

Makanan yang menyehatkan jantung lainnya adalah oatmeal. Oatmeal tinggi serat yang dapat menurunkan kolesterol. Oatmeal juga membantu menjaga kadar gula darah, sehingga berguna bagi pengidap diabetes. Serat pada oatmeal dapat menyehatkan jantung, karena bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL).

3.  Biji-bijan

Mengonsumsi biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya. Biji-bijian tersebut mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral (zat besi, zinc, dan magnesium).

4.  Jeruk

Dalam sebuah jeruk mengandung vitamin c, karbohidrat, potasium, folat, kalsium, thiamin/vitamin B1, niacin/vitamin B3, pyridoxine, dan berbagai vitamin lainnya yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan yang terdapat dalam buah jeruk juga mampu mengurangi kadar kolesterol darah, dan meningkatkan risiko kolesterol baik (HDL).

5.  Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung banyak serat, karotenoid, folat, fitokimia, magnesium, potasium, dan kalsium. Karotenoid adalah pigmen yang mengandung senyawa antioksidan yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran yang berwarna cerah. Karotenoid juga dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung, sehingga menyehatkan jantung.

6.  Bawang

Seperti yang diketahui, bahwa bawang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, karena bawang mengandung kalsium, saltivine, belerang, protein, lemak, fosfor, dan vitamin A, B1, dan C. 

Bawang putih juga dapat menggantikan garam untuk menambah rasa gurih pada makanan. Tentunya hal ini baik untuk kesehatan jantung, karena semakin banyak kamu mengonsumsi garam. Maka, semakin tinggi pula risiko terkena tekanan darah tinggi yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

Batas asupan garam harian yang baik adalah tidak lebih dari 5-6 gram per hari atau setara dengan 2000 – 2400 mg natrium per hari. Sedangkan bagi orang yang memiliki risiko penyakit jantung, konsumsi natrium maksimal adalah 1.500 mg.

7.  Anggur

Rekomendasi jenis makanan lain untuk menyehatkan jantung adalah anggur. Anggur memiliki potensi mencegah penyakit jantung dan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Anggur mengandung serat dan senyawa quercetin yang dapat melindungi pembuluh darah dari penyumbatan.

8.  Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga termasuk makanan yang menyehatkan jantung. Minyak zaitun berasal dari buah zaitun yang memiliki lemak sehat dan kaya antioksidan sehingga baik untuk jantung. 

Selain itu minyak zaitun juga dapat melindungi pembuluh darah, dari timbulnya plak-plak yang dapat menyumbat pembuluh darah yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan melancarkan peredaran darah.

9. Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung dan kerap dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol. Alpukat juga kaya akan potasium, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan jantung. 

Tentunya, menjaga kesehatan jantung tidak hanya bergantung pada makanan melainkan juga pola hidup lain seperti olahraga. Kalau kamu punya pertanyaan seputar penyakit jantung, tanyakan saja ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 15 Incredibly Heart-Healthy Foods
WebMD. Diakses pada 2022. 21 Foods That Can Save Your Heart
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Heart-healthy diet: 8 steps to prevent heart disease