• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 9 Sumber Makanan yang Mengandung Mangan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 9 Sumber Makanan yang Mengandung Mangan

Ketahui 9 Sumber Makanan yang Mengandung Mangan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 05 Agustus 2022

“Sebagai nutrisi yang berperan dalam proses kimia dalam tubuh, asupan mangan menjadi kebutuhan wajib. Ada beberapa sumber makanan yang mengandung mangan, seperti kentang, teh hitam, kerang, kacang hazel, dan buncis.”

Ketahui 9 Sumber Makanan yang Mengandung Mangan

Halodoc, Jakarta –    Mangan adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh karena keberadaan mangan diperlukan dalam pelbagai proses kimia dalam tubuh. Kamu perlu tahu sumber makanan yang mengandung mangan, karena mereka dibutuhkan untuk pemrosesan kolesterol, karbohidrat, protein serta terlibat dalam pembentukan tulang.

Mangan dapat ditemukan dalam makanan termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, teh, dan sayuran berdaun hijau. Karena mangan adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, maka kekurangan mangan dapat menyebabkan tulang yang lemah dan rapuh. Yuk, baca selengkapnya di sini sumber makanan apa saja yang mengandung mangan!

Sumber Makanan yang Mengandung Mangan

Mangan membantu membentuk enzim antioksidan yang disebut superoksida dismutase (SOD). Antioksidan melindungi tubuh dari radikal bebas, yaitu molekul yang menghancurkan atau merusak sel-sel dalam tubuh. Mangan dapat diperoleh dari makanan.

Nah, berikut ini adalah sumber makanan yang mengandung mangan:

1. Kerang

Banyak jenis kerang memiliki kadar mangan yang tinggi. Makan 5,8 mg kerang dapat mencukupi kebutuhan mangan harianmu. Tiram atau kerang bisa direbus, dikukus, atau ditumis supaya lezat disantap. 

2. Beras Merah

Dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah jauh lebih tinggi nutrisi seperti serat, potasium, dan beberapa vitamin B. Nasi merah atau beras merah juga mengandung lebih banyak mangan bila dibandingkan dengan nasi putih biasa. 

3. Kacang Hazel

Selain enak, kacang hazel juga merupakan sumber makanan yang mengandung mangan. Kamu bisa mencampurkannya ke dalam salad, atau menggilingnya untuk dibikin sebagai campuran cookies. Menambahkan kacang hazel ke dalam jus, juga pilihan sehat dan lezat. 

4. Buncis

Buncis kaya protein dan enak dimakan untuk segala jenis masakan. Mulai dari masakan tumisan, dicampur ke dalam sup atau dijadikan jus. Nah, selain kaya akan protein, buncis juga mengandung mangan. Buncis bisa menjadi alternatif sumber makanan yang mengandung mangan lainnya. 

5. Bayam

Bayam adalah sayuran sumber nutrisi dimana termasuk di dalamnya vitamin A dan serat dalam jumlah tinggi. Tapi, perlu kamu ingat, supaya tidak kehilangan nutrisinya, jangan merebus bayam terlalu lama, dan jangan menyimpan bayam dalam kurun waktu yang terlalu lama juga.

6. Nanas

Nanas mengandung mangan dan juga kaya akan vitamin C. Kombinasi mangan dan vitamin C pada nanas dapat berperan penting untuk kesehatan dan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, nanas sangat disarankan untuk dimakan buat anak-anak dalam masa pertumbuhan, terutama anak-anak yang bergerak aktif. 

7. Roti Gandum

Satu potong roti gandum mengandung 0,7 miligram mangan. Makan dua tangkup roti gandum bisa memenuhi sekitar dua pertiga kebutuhan mangan harianmu. Kamu direkomendasikan untuk makan roti gandum yang mengandung biji-bijian utuh, supaya kaya akan serat dan baik untuk kesehatan. 

8. Teh Hitam

Segelas teh hitam hangat mengandung 22 persen kebutuhan mangan harian. Minum teh hitam setiap pagi atau sore dapat menjadi alternatif kesehatan. Untuk mendapatkan khasiat yang lebih bermanfaat, usahakan jangan mencampur teh hitam dengan gula.

9. Kentang

Kentang panggang berukuran sedang mengandung 0,3 gram mangan, tetapi pastikan memakan kentang dengan kulitnya. Pasalnya, kandungan mangan lebih banyak terdapat pada kulit kentang. Selain itu, kulit kentang juga kaya akan serat, zat besi, vitamin C, dan B6.

Itulah sumber makanan yang mengandung mangan, punya pertanyaan seputar masalah kesehatan lain, tanyakan saja ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Pineapple: 8 Impressive Health Benefits.
WebMD. Diakses pada 2022. Healthy Foods High in Manganese.
Livestrong.com. Diakses pada 2022. 16 Foods High in Manganese for Immune Support.