• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Bahaya Infeksi Jamur Hitam di India bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Bahaya Infeksi Jamur Hitam di India bagi Kesehatan

Ketahui Bahaya Infeksi Jamur Hitam di India bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 15 September 2022

“Infeksi jamur hitam menjadi ramai dibicarakan saat India menghadapi peningkatan jumlah kematian akibat gelombang kedua COVID-19, dan disertai peningkatan infeksi jamur hitam. Infeksi tersebut menyebabkan kebutaan, disfungsi organ, hilangan jaringan tubuh, bahkan kematian.”

Ketahui Bahaya Infeksi Jamur Hitam di India bagi KesehatanKetahui Bahaya Infeksi Jamur Hitam di India bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Jamur hitam (black fungus) atau mucormycosis adalah infeksi jamur langka yang menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa, dengan risiko kematian yang tinggi. Peristiwa ini ramai dibicarakan saat India menghadapi peningkatan jumlah kematian akibat COVID-19, dan disertai peningkatan infeksi jamur hitam.

Meningkatkan kasus jamur hitam India dikaitkan dengan beberapa hal, yaitu:

  • Penggunaan steroid yang meluas.
  • Kondisi kesehatan yang mendasarinya.
  • Penekanan kekebalan dari COVID-19. 

Di samping itu, pengidap diabetes juga berisiko tinggi terkena infeksi jamur hitam di India. 

Infeksi Jamur Hitam India dapat Mengancam Jiwa

Ahli menjelaskan bahwa jamur hitam India dapat menyebabkan kebutaan, disfungsi organ, hilangan jaringan tubuh, bahkan kematian jika tidak ditangani segera. Orang yang terinfeksi jamur hitam harus segera melakukan skrining aktif dan intervensi dini. Dengan begitu dokter dapat mengetahui sampai di mana jamur hitam dihirup (hidung, sinus, atau paru-paru). 

Jika jamur hitam masuk dari luka terbuka atau kulit, maka dapat menyebabkan infeksi lokal. Namun, jika masuk dari sinus, maka dapat mempengaruhi mata dan otak. Kontrol yang buruk pada pengidap diabetes merupakan penyebab terbesar peningkatan infeksi jamur hitam, terutama pasca COVID-19. 

Infeksi jamur hitam juga berisiko tinggi pada orang dengan kondisi berikut:

  • Orang dengan sistem kekebalan tubuh terganggu.
  • Orang yang menjalani transplantasi organ.
  • Orang yang menggunakan imunosupresan.
  • Orang yang menggunakan ventilator untuk jangka waktu lama.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat,  melaporkan bahwa tingkat kematian infeksi jamur hitam sebesar 54 persen. Meski begitu, jumlahnya dapat berfluktuasi berdasarkan tempat infeksi, kondisi kesehatan dasar seseorang, dan jenis jamur.

Pengobatan Jamur Hitam India

Kabar baiknya, jamur hitam India dapat diobati. Namun, hanya jika didiagnosis tepat waktu. Sebab jika jamur hitam sudah sampai dan menyerang lobus frontal otak, maka dapat menyebabkan gejala psikosis dan bicara tidak teratur. Infeksi juga dapat menghancurkan jaringan, mengikis tulang, dan menyebabkan peradangan.

Mengobati jamur hitam juga bisa sangat rumit. Ketika infeksi jamur menyerang otak, dokter spesialis bedah harus mengangkat jaringan otak yang mati atau terinfeksi melalui pembedahan. Kemudian dokter harus melakukan debridement dan membersihkan setiap jaringan yang terkena jamur hitam, serta menyingkirkan semua jaringan yang mati.

Prosedur endoskopi perlu dilakukan untuk mengobati infeksi jamur hitam yang telah menyebar ke otak. Melalui prosedur endoskopi, semua jaringan tulang nekrotik diambil, otak dibersihkan, dan diberikan antijamur.

Setelah debridement, orang yang terinfeksi biasanya diberikan amfoterisin B intravena. Namun, obat tersebut dapat menimbulkan efek samping serius yang berlangsung selama berminggu-minggu. Sedangkan pemberian obat antijamur mungkin perlu dilakukan selama berminggu-minggu, agar pengobatan awal berhasil.

Bisakah Infeksi Jamur Hitam Dicegah?

Hingga saat ini belum ada cara pasti untuk mencegah jamur hitam. Namun, kamu dapat melakukan beberapa hal untuk menghindari infeksi ini, yaitu:

  • Jauhi area dengan banyak debu atau tanah, seperti lokasi konstruksi atau penggalian. Jika harus berada di area tersebut, kenakan masker wajah seperti N95.
  • Hindari air yang terkontaminasi. Hal ini mencakup air banjir atau bangunan yang rusak karena air. Terutama setelah bencana alam seperti angin topan atau banjir. 
  • Jika kamu memiliki sistem kekebalan yang lemah, hindari aktivitas yang melibatkan debu dan tanah. Misalnya berkebun atau bekerja di halaman. Jika tidak bisa, lindungi kulit dengan sepatu, sarung tangan, celana panjang, dan baju lengan panjang. Selain itu cuci luka atau goresan dengan sabun dan air sesegera mungkin.

Itulah yang perlu diketahui tentang bahaya jamur hitam India. Jika kamu memiliki gangguan kesehatan terkait jamur dan pernapasan, segera kunjungi dokter. Kamu juga bisa membuat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. COVID-19 increases black fungus infection risk in India
Very Well Health. Diakses pada 2022. What Is Black Fungus and Why Is It Surging in India?
WebMD. Diakses pada 2022. Mucormycosis: What to Know