• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Bahaya Suntik untuk Membentuk Otot pada Pria
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Bahaya Suntik untuk Membentuk Otot pada Pria

Ketahui Bahaya Suntik untuk Membentuk Otot pada Pria

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 Juni 2022

“Memiliki otot tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri pria. Namun, hindari prosedur suntik otot pria karena ini dapat memicu dampak yang membahayakan kesehatan, seperti penurunan kualitas sperma hingga kerontokan rambut.”

Ketahui Bahaya Suntik untuk Membentuk Otot pada Pria

Halodoc, Jakarta – Olahraga menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat kesehatan tubuh semakin optimal. Selain itu, olahraga juga bisa membuat otot pada tubuh semakin kencang dan kuat. Hal ini menyebabkan otot akan terbentuk pada beberapa bagian tubuh khususnya pada pria. 

Memiliki otot yang berbentuk dan kencang membuat sebagian pria merasa percaya diri. Namun, jika otot tersebut bukan didapat dari olahraga, misalnya dengan suntik otot pria, kondisi ini justru dapat memicu bahaya. Simak berbagai dampak yang bisa akan dialami oleh para pria akibat melakukan suntik untuk membentuk otot pria.

Bahaya Suntik Otot Pria 

Ada berbagai jenis olahraga yang bisa membantu kamu mendapatkan tubuh yang sehat dan otot yang kuat, seperti melakukan angkat berat. Selain itu, menjalani diet sehat yang tepat juga bisa membantu kamu memiliki kekuatan otot yang kamu inginkan.

Tentunya jika massa otot didapat dari berolahraga, hal ini tidak akan menimbulkan dampak apapun. Malahan, kondisi ini membuat sebagian pria memiliki rasa percaya diri yang lebih baik. Namun, jika massa otot yang dimiliki didapatkan melalui suntikan steroid, kondisi ini dapat memicu bahaya dan dampak buruk pada kesehatan.

Steroid adalah zat sintetis yang mirip dengan hormon testosteron pada pria. Namun, penyuntikan steroid biasanya dilakukan para medis untuk mengatasi anemia tertentu atau membantu pria yang tidak bisa menghasilkan jumlah testosteron yang cukup secara alami. 

Suntikan steroid tidak pernah digunakan untuk membantu orang sehat yang ingin memiliki massa otot. Bahkan, untuk mendapatkan steroid pun harus menggunakan resep dokter dan penggunaannya harus berada dibawah pengawasan dokter.

Jika digunakan sembarangan, ada beberapa dampak yang bisa kamu alami ketika melakukan suntik membentuk otot pria, yaitu:

1. Menurunkan Jumlah dan Kualitas Sperma

Penggunaan steroid dalam jumlah yang tidak sesuai dengan anjuran pemakaian, justru dapat menurunkan jumlah dan kualitas sperma. Hal ini sangat berbahaya bagi para pria yang memiliki rencana untuk mendapatkan keturunan.

2. Meningkatkan Risiko Kanker Prostat

Sebaiknya jangan melakukan suntik steroid tanpa anjuran medis. Kebiasaan ini nyatanya dapat memicu gangguan kesehatan pada prostat. Mulai dari pembesaran prostat hingga kanker prostat. 

3. Gangguan Jantung

Suntik steroid juga dapat menyebabkan gangguan jantung pada penggunanya. Gangguan jantung yang dialami bisa berupa serangan jantung. Bahkan, kondisi ini bisa menjadi gangguan kesehatan yang lebih berbahaya, seperti stroke. 

4. Tekanan Darah Tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu dampak yang bisa dialami oleh pengguna suntik steroid. Penyakit ini tidak menyebabkan gejala apapun pada pengidapnya. Namun jika sudah memburuk, tekanan darah tinggi dapat memicu komplikasi yang berbahaya, seperti gagal jantung.

5. Kerontokan Rambut

Suntik otot pada pria juga berisiko menyebabkan kerontokan rambut. Jika kamu sudah memiliki riwayat keluarga atau faktor genetik dengan kebotakan dini, sebaiknya pastikan lagi untuk membentuk otot dengan cara yang lebih sehat. 

6. Perubahan Suasana Hati

Suntik steroid juga dapat menyebabkan dampak pada psikologis pria, seperti perubahan suasana hati, paranoia, hingga delusi dan halusinasi.

Itulah dampak suntik otot pada pria yang perlu diketahui. Jadi, pastikan kamu mendapatkan otot yang kuat dan sehat dengan cara tepat. 

Segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit ketika kamu mengalami beberapa dampak akibat penggunaan suntik steroid. Cari rumah sakit terdekat menggunakan aplikasi Halodoc agar pemeriksaan bisa dilakukan dengan lebih baik. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:

Web MD. Diakses pada 2022. Anabolic Steroids.
Drug Enforcement Administration. Diakses pada 2022. Anabolic Steroids.
NHS UK. Diakses pada 2022. Anabolic Steroid Misuse.