• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Batas Maksimal Gula Darah dalam Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Batas Maksimal Gula Darah dalam Tubuh

Ketahui Batas Maksimal Gula Darah dalam Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 28 Januari 2022

“Kadar glukosa darah normal untuk orang dewasa, tanpa diabetes, dua jam setelah makan adalah 90 hingga 110 mg/dL. Batas maksimal gula darah dianggap aman berbeda-beda tiap orang, tergantung pada kondisi kesehatan, usia dan faktor-faktor lainnya. Namun, pada umumnya batas maksimalnya adalah 160 hingga 240 mg/dL.”

Ketahui Batas Maksimal Gula Darah dalam Tubuh

Halodoc, Jakarta – Sangat penting untuk menjaga kadar gula darah tetap dalam kisaran normal untuk mencegah gangguan kesehatan seperti penyakit jantung, kehilangan penglihatan, dan penyakit ginjal.

Batas normal gula darah dalam tubuh, kalau sebelum makan 80 hingga 130 mg/dL dan dua jam setelah mulai makan kurang dari 180 mg/dL. Batas maksimal gula darah dianggap aman berbeda-beda tiap orang, tergantung pada kondisi kesehatan, usia dan faktor-faktor lainnya. Namun, pada umumnya batas maksimal gula darah adalah 160 hingga 240 mg/dL. Informasi selengkapnya baca di sini!

Batas Maksimal Gula Darah Tergantung Aktivitas dan Kesehatan Personalnya

Kadar gula darah adalah jumlah glukosa yang dimiliki seseorang dalam darahnya pada waktu tertentu. Memiliki kadar gula darah yang tinggi atau rendah dapat mengindikasikan kondisi kesehatan yang mungkin memerlukan perhatian medis. 

Tadi sudah disinggung, kadar gula darah bisa normal, tinggi, atau rendah, tergantung pada seberapa banyak glukosa yang dimiliki seseorang dalam aliran darahnya. Glukosa adalah gula sederhana yang ada dalam aliran darah setiap saat. 

Kadar glukosa darah normal dapat diukur saat seseorang berpuasa, makan, atau setelah makan. Kadar glukosa darah normal untuk orang dewasa, tanpa diabetes, yang tidak makan setidaknya selama delapan jam (puasa) adalah kurang dari 100 mg/dL. Kadar glukosa darah normal untuk orang dewasa, tanpa diabetes, dua jam setelah makan adalah 90 hingga 110 mg/dL.

Banyak faktor yang bisa memengaruhi kadar gula darah sepanjang hari, yaitu:

1. Jenis makanan yang dikonsumsi, berapa banyak, dan kapan mengonsumsinya.

2. Aktivitas fisik.

3. Obat-obatan yang digunakan.

4. Kondisi medis.

5. Usia.

6. Stres.

7. Dehidrasi.

8. Penyakit.

9. Periode menstruasi.

10. Konsumsi Alkohol.

Kadar gula darah yang ideal bagi siapa saja tanpa diabetes atau pradiabetes, tanpa memandang usia, di pagi hari harus kurang dari 100 mg/dL. Ingat, kadar gula darah dapat berfluktuasi sepanjang hari sebagai akibat dari faktor-faktor yang disebutkan sebelumnya.

Kadar Gula Darah Pengidap Diabetes

Lantas, bagaimana dengan pengidap diabetes? Kadar gula darah normal, bagi pengidap diabetes, akan bervariasi tergantung pada usia dan hal-hal lainnya.  Anak-anak di bawah usia 6 tahun harus memiliki kadar glukosa darah yang berkisar antara 80 hingga 200 mg/dL setiap hari.

Kisaran ini dianggap sehat, dan jumlah glukosa dalam tubuh anak akan berfluktuasi dari saat mereka bangun hingga setelah makan dan sebelum tidur. Untuk alasan ini, anak-anak dengan diabetes atau episode hipoglikemik mungkin harus diperiksa kadar gula darahnya di tengah malam oleh orang tuanya.

Anak-anak berusia 6 hingga 12 tahun harus memiliki kadar gula darah yang berkisar antara 80 hingga 180 mg/dL. Kadar gula darah naik setelah makan karena tubuh memecah karbohidrat menjadi glukosa, yang kemudian didistribusikan ke seluruh aliran darah. Agar gula darah anak tidak naik terlalu banyak sebelum tidur, cobalah membatasi asupan makanan ringan sebelum tidur.

Remaja harus memiliki kadar gula darah rata-rata yang berkisar antara 70 hingga 150 mg/dL. Masa remaja sering kali menjadi masa yang paling sulit untuk mengelola diabetes karena membutuhkan tanggung jawab dan kontrol perilaku. Remaja harus berusaha menjaga kadar gula darah mereka antara 70 hingga 150 mg/dL sepanjang hari dengan memperhatikan apa yang mereka makan, berolahraga, dan minum obat diabetes jika dibutuhkan.

Orang dewasa yang berusia 20 tahun atau lebih sebaiknya  memiliki kadar gula darah yang berkisar antara kurang dari 100-180 mg/dL selama seharian. Ketika bangun di pagi hari, gula darah puasa harus berada pada titik terendah karena kamu belum makan selama sekitar delapan jam. 

Kadar glukosa darah di luar rentang yang tercantum di atas dikategorikan sebagai gula darah tinggi atau rendah. Kadar gula darah dianggap tinggi jika melebihi 130 mg/dL sebelum makan atau 180 mg/dL dalam satu hingga dua jam setelah makan. Banyak pengidap diabetes tidak mengalami gejala gula darah tinggi sampai kadarnya mencapai 250 mg/dL atau lebih tinggi. 

Itulah informasi mengenai batas maksimal gula darah dalam tubuh. Kalau punya pertanyaan lebih lanjut mengenai diabetes tanyakan saja langsung ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya, download sekarang juga ya!

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Manage Blood Sugar.
Singlecare. Diakses pada 2022. What are normal blood glucose levels?