• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Beragam Kebiasaan yang Dapat Merusak Otak

Ketahui Beragam Kebiasaan yang Dapat Merusak Otak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Otak menjadi salah satu bagian dalam tubuh yang fungsinya sangat penting. Otak yang sehat akan memudahkan koordinasi dengan bagian tubuh yang lain. Mulai dari mengatur perilaku, perasaan, hingga fungsi tubuh. Untuk itulah sangat penting menjaga kesehatan otak agar terhindari dari berbagai macam gangguan kesehatan.

Baca juga: Mitos dan Fakta Mengenai Otak Kiri dan Otak Kanan

Otak merupakan salah satu bagian tubuh yang paling kompleks. Otak terdiri dari 3 bagian besar, otak besar, otak kecil, dan batang otak. Selain adanya faktor gangguan kesehatan, nyatanya otak dapat rusak akibat beragam kebiasaan yang dilakukan. Tidak ada salahnya ketahui beberapa kebiasaan yang dapat merusak otak, di bawah ini!

Inilah Kebiasaan yang Dapat Merusak Otak

Otak adalah bagian tubuh yang paling rumit. Otak yang sehat dapat membantu kamu untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan yang mungkin terjadi. Mulai dari gangguan jantung, tekanan darah, hingga gangguan hormon. Selain itu, otak menjadi salah satu bagian tubuh yang dapat mengatur ingatan, perasaan, hingga berbagai gerakan yang akan dilakukan oleh manusia.

Untuk itu, otak menjadi salah satu organ tubuh yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Bukan hanya penyakit, seperti stroke atau alzheimer saja. Nyatanya, beberapa kebiasaan buruk juga dapat memicu kerusakan otak jika dilakukan terus-menerus. Berikut ini kebiasaan yang dapat merusak otak.

1.Merokok

Dampak negatif dari merokok yang cukup dikenal adalah gangguan jantung hingga paru-paru. Namun, tahukah kamu bahwa merokok dapat meningkatkan risiko kerusakan pada otak? Kebiasaan merokok dapat memicu berkurangnya pasokan oksigen menuju otak. 

Otak yang kekurangan oksigen rentan mengalami cerebral hypoxia. Kondisi yang tidak segera diatasi dapat meningkatkan risiko kematian akibat kematian sel pada otak. Jadi, untuk menghindari kondisi ini, hindari kebiasaan merokok dan mulai menjalani gaya hidup sehat.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Otak dengan Kemampuan Bilingual

2.Kurang Tidur

Tiap orang membutuhkan waktu tidur minimal selama 8 jam. Bukan hanya merokok, kurang tidur juga dapat menyebabkan kematian sel-sel otak. Kondisi ini dapat membuat kamu merasa kelelahan terus-menerus dan sulit berkonsentrasi. Tidak hanya itu, kondisi ini juga dapat memicu suasana hati yang buruk.

Penuhi kebutuhan tidur setiap harinya. Pastikan kamu berada dalam suasana yang nyaman sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas tidur.

3.Tidak Mengonsumsi Sarapan

Jangan sepelekan waktu makan pagi hari atau sarapan. Melewatkan sarapan terus-menerus nyatanya dapat berisiko menyebabkan kerusakan pada otak. Sarapan merupakan waktu makan yang cukup penting. 

Melewatkan sarapan dapat menyebabkan gangguan pada kadar gula darah sehingga tubuh dapat kekurangan gizi yang dibutuhkan oleh otak. Sebaiknya pilihlah makanan yang sehat untuk sarapan agar kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik. 

4.Kurang Beristirahat Ketika Sakit

Saat kamu merasakan adanya keluhan kesehatan, sebaiknya berikan tubuh dan otak beristirahat. Jangan memaksa untuk bekerja atau melakukan sesuatu yang cukup berat. Memaksa otak tetap bekerja saat kondisi tidak optimal dapat meningkatkan risiko kerusakan pada otak. Selain dapat menurunkan imunitas tubuh, kebiasaan ini juga dapat memicu gangguan kesehatan yang lainnya.

Baca juga: 5 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Kinerja Otak

Itulah beberapa kebiasaan yang dapat merusak otak. Sebaiknya hindari dan batasi kebiasaan tersebut agar kesehatan otak tetap terjaga dengan baik. Jika kamu mengalami berbagai gejala terkait gangguan kesehatan pada otak, kamu bisa gunakan Halodoc, loh. Dengan melakukan download aplikasi Halodoc kamu bisa bertanya langsung pada dokter mengenai kondisi kesehatan kamu. Yuk, gunakan Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Step to Health. Diakses pada 2020. 11 Daily Habits that Damage The Brain.
Healthy and Natural World. Diakses pada 2020. 8 Habits That Are Killing Your Brain Cells and Shrink Your Brain According to Science.