Ketahui Cara Ahli Gizi Klinis Tangani Penyakit Jantung

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui Cara Ahli Gizi Klinis Tangani Penyakit Jantung

Halodoc, Jakarta - Salah satu penyakit yang menyumbang tingginya angka kematian di dunia adalah penyakit yang berhubungan dengan jantung, seperti penyakit jantung. Gangguan ini terjadi karena pola hidup dan pola makan yang tidak sehat, seperti terlalu banyak konsumsi alkohol, makanan berlemak, kurang berolahraga, dan merokok berlebihan. Tidak melulu pada jantung, masalah ini juga terhubung dengan pembuluh darah.

Artinya, diperlukan perubahan kebiasaan pola hidup dan pola makan agar bisa terhindar dari penyakit jantung. Jika kamu sudah mengalami atau didiagnosis mengidap penyakit ini, perubahan tetap harus dilakukan. Kamu mungkin membutuhkan bantuan ahli gizi. Namun, sebenarnya apa hubungan antara gangguan jantung dan ahli gizi?

Penyakit Jantung dan Ahli Gizi, Apa Hubungannya?

Tentu saja ada. Penyakit jantung yang dialami sering terjadi karena buruknya asupan nutrisi atau pola makan yang salah pada seseorang, sehingga memicu timbulnya masalah pada jantung atau bagian kardiovaskular pada tubuh. Jika kamu ingin melakukan perubahan pola makan, kamu tidak hanya membutuhkan arahan dari dokter ahli jantung, tetapi juga ahli gizi klinis.

Baca juga: Alasan Pengidap Penyakit Jantung Membutuhkan Pemeriksaan Treadmill

Dokter spesialis gizi memiliki kewenangan untuk mengatur tata laksana nutrisi terkait dengan beberapa masalah kesehatan, salah satunya adalah gangguan fungsi organ dan masalah metabolisme tubuh. Tugasnya tentu saja melakukan persiapan nutrisi harian pada pengidap masalah fungsi hati, pankreas atau pada bagian saluran pencernaan.

Permasalahan endokrin dan metabolisme tubuh pun menjadi area para ahli gizi, terutama untuk pengidap diabetes, masalah pernapasan, gangguan saraf, masalah pada saluran kemih dan ginjal, hingga gangguan yang berhubungan dengan pembuluh darah dan penyakit jantung. Sederhananya, keterkaitan antara masalah jantung dan ahli gizi ada pada persiapan perubahan pola makan yang lebih sehat.

Bagaimana Cara Ahli Gizi Klinis Tangani Penyakit Jantung?

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana caranya para ahli gizi klinis ini menangani masalah penyakit jantung, jika memang berkaitan dengan perubahan pola makan? Pertama, ahli gizi melakukan pemeriksaan tubuh dan melakukan wawancara terkait dengan status gizi seseorang. Ini dilakukan untuk meninjau kondisi saluran cerna, metabolisme, dan status gizi.

Baca juga: Bolehkah Pengidap Sakit Jantung Tetap Berolahraga?

Setelah mengetahui latar belakang status gizi dan kondisi saluran cerna serta metabolisme pengidap penyakit jantung, ahli gizi akan memberikan resep atau terapi nutrisi dan kebiasaan makan baru untuk pengidap, seperti anjuran kalori yang dibutuhkan, berikut protein, serat, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin harian atau akumulasi yang dibutuhkan tubuh.

Tidak lupa, ahli gizi memberikan saran bagaimana asupan nutrisi ini dipenuhi. Bisa melalui cara makan seperti biasa, mungkin juga melalui infus jika memang kondisi tubuh membutuhkannya. Di dalam beberapa waktu setelah terapi nutrisi ini diberikan, ahli gizi melakukan evaluasi terkait status gizi serta perubahan kondisi kesehatan setelah melakukan terapi yang diberikan.

Baca juga: Ketahui 3 Penyakit Jantung yang Mengintai Anak

Terkait dengan penyakit jantung, makanan yang harus dikonsumsi diatur juga porsinya, seperti batasan garam dan protein, juga jenis lemak yang boleh dikonsumsi. Serat dan karbohidrat juga dibutuhkan, begitu pula vitamin dan mineral. Ada pula makanan yang dipantang, seperti makanan dengan kandungan gas tinggi, minuman soda, teh atau kopi kental, dan makanan pedas serta asam.

Sekarang, kamu akan lebih mudah dalam membuat janji dengan ahli gizi di rumah sakit yang sesuai dengan keinginanmu, simak caranya di sini. Jika ingin bertanya lebih lengkap seputar masalah gizi, kamu bisa download aplikasi Halodoc dan memanfaatkan fitur Tanya Dokter.