• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Cara Ampuh untuk Menghilangkan Mata Sembap
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Cara Ampuh untuk Menghilangkan Mata Sembap

Ketahui Cara Ampuh untuk Menghilangkan Mata Sembap

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 21 Januari 2022

“Mata sembap bisa dihilangkan dengan cara memberikan kompres dingin, meletakkan kantung teh bekas ke atas kelopak mata, dan memberikan masker wajah secara keseluruhan. Kurang tidur atau tidur tidak teratur juga bisa membuat mata sembap. Jika itu yang menjadi pemicu pembengkakan pada mata, tidak ada cara lain selain tidur teratur dan mengubah rutinitas tidur menjadi lebih sehat.”

Ketahui Cara Ampuh untuk Menghilangkan Mata Sembap

Halodoc, Jakarta – Ada banyak penyebab mata sembap, bisa karena menangis yang berkepanjangan, sakit mata, tidur telat, kebanyakan tidur, termasuk mengonsumsi terlalu banyak garam pada makanan.

Makan terlalu banyak garam dapat menyebabkan retensi cairan tambahan dalam tubuh termasuk pada mata. Terkadang mata sembap juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, terasa berat, dan agak sakit. Yuk, simak di sini cara ampuh menghilangkan mata sembap! 

Cara Menghilangkan Mata Sembap

Tadi sudah disinggung sebelumnya, salah satu penyebab mata sembap adalah karena menangis. Saat menangis, cairan berkumpul di kelopak mata dan di sekitar area mata. Untuk mengurangi pembengkakan, kamu bisa melakukan beberapa cara ampuh ini: 

1. Kompres Dingin 

Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan. Cukup ambil kain lap bersih dan basahi dengan air dingin. Duduk di tempat tidur atau di kursi yang nyaman. Lalu kompres mata selama beberapa menit sembari memberi tekanan lembut.

2. Irisan Timun atau Kantung Teh Bekas Pakai 

Irisan mentimun juga dapat membantu menenangkan mata yang bengkak dan mengurangi pembengkakan. Namun, hasilnya akan lebih baik jika mentimun yang digunakan sudah didinginkan sebelumnya. 

Selain irisan timun, kamu juga bisa menggunakan kantung teh yang sudah dipakai sebelumnya. Sebagian besar jenis teh hitam mengandung kafein, dan ada beberapa bukti bahwa teh hitam dapat menembus kulit, meredakan bengkak, dan meningkatkan sirkulasi. 

3. Pijat Lembut Area Mata untuk Merangsang Aliran Darah

Salah satu cara ampuh lain untuk menghilangkan mata sembap adalah meningkatkan aliran darah ke area yang terkena dengan memberikan pijatan lembut di sekitar mata. Mulai dari alis, sudut mata, hidung, pipi, leher, selama lebih kurang 3 menit. Ulangi sesuai kebutuhan. 

4. Gunakan Roller Mata

Gel pendingin mata yang dioleskan menggunakan bola roller logam juga dapat membantu meredakan pembengkakan. Kamu bisa menggerakkan roller mulai dari bagian bawah mata, naik ke pelipis lalu ke alis. Lakukan pelan-pelan selama 2-3 menit.

5. Oleskan Krim Wajah atau Serum Dingin

Mendinginkan area mata dapat membantu mengurangi bengkak dengan menyempitkan pembuluh darah. Cobalah mendinginkan area mata bengkak dengan menggunakan krim wajah atau krim mata. 

6. Minum Air

Minum air dapat membantu mengurangi pembengkakan mata, karena air dapat menetralkan kelebihan garam di tubuh dan menghilangkan dehidrasi. Jika kamu kurang suka minum air putih, kamu bisa memberikan tambahan perasan lemon sebagai perasa dan ada sensasi segarnya. 

7. Tidur yang Cukup

Tidur cukup saat malam hari tidak hanya baik untuk metabolisme tetapi juga membantu mengurangi mata bengkak. Orang dewasa membutuhkan sekitar 7 hingga 9 jam tidur setiap malam. Untuk memastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup, buatlah jam tidur pasti dan patuhi apa yang sudah terjadwalkan. 

Untuk mendapatkan istirahat malam yang berkualitas, selain mematuhi jam tidur kamu juga perlu: 

  • Berhenti minum kafein setidaknya 6 jam sebelum tidur.
  • Berhenti minum alkohol menjelang waktu tidur.
  • Selesaikan makan malam sekitar 3 jam sebelum tidur.
  • Selesaikan olahraga beberapa jam sebelum tidur.
  • Matikan elektronik 1 hingga 2 jam sebelum tidur

Itulah informasi mengenai cara ampuh menghilangkan mata sembap. Nah, kalau kamu mau melakukan pemeriksaan mata di rumah sakit pilihan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Tanpa perlu repot antre, kamu hanya perlu datang pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Tunggu apa lagi? Ayo, segera download aplikasinya untuk mendapatkan kemudahannya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Eyes Swollen from Crying? Try One of These 13 Home Remedies.
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Ways to Get Rid of Puffy Eyes.