• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Cara Membuat Desinfektan Sendiri di Rumah

Ketahui Cara Membuat Desinfektan Sendiri di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Cara Membuat Desinfektan Sendiri di Rumah

Desinfektan diperlukan selama masa pandemi untuk menjaga kebersihan rumah dari virus corona. Cairan pembersih ini memang sudah banyak dijual di pasaran, tetapi kamu bisa membuatnya sendiri lho di rumah. Selain mudah, desinfektan buatan sendiri juga efektif membunuh kuman dan virus lho.

Halodoc, Jakarta – Desinfektan menjadi salah satu produk yang penting untuk disediakan di rumah selama masa pandemi. Cairan tersebut bermanfaat untuk membersihkan berbagai macam permukaan di rumah untuk mencegah penularan virus corona.

Alih-alih mengeluarkan uang untuk membeli produk desinfektan yang dijual di pasaran, kamu bisa membuat cairan tersebut sendiri di rumah lho. Selain mudah membuatnya, desinfektan buatan sendiri juga tidak kalah efektif untuk membersihkan permukaan. Yuk, simak ulasannya di sini.

Baca juga: Begini Cara Tepat Menggunakan Disinfektan di Rumah

Cara Membuat Desinfektan Sendiri di Rumah

Ada tiga bahan yang direkomendasikan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) untuk membuat desinfektan, antara lain pemutih, alkohol, dan hidrogen peroksida. Nah, dengan menggunakan bahan-bahan tersebut sebagai bahan dasar, berikut ini cara membuat desinfektan sendiri di rumah:

  1. Solusi Pemutih Encer

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Pemutih rumah tangga 5–6 persen tanpa pewangi
  • Air

Cara membuatnya, cukup tuangkan pemutih ke dalam botol semprot kemudian tambahkan air, lalu tutup botol semprot sampai rapat, kemudian kocok sampai rata. Sesederhana itu. Untuk takarannya, kamu bisa mencampur sepertiga cangkir pemutih ke dalam tiap satu galon air, atau empat sendok teh pemutih per liter air.

  1. Solusi Alkohol Gosok

Solusi ini efektif dalam membunuh bakteri dan virus, plus tidak menggunakan pemutih yang bisa menjadi racun. Minyak esensial thyme yang digunakan dalam solusi ini juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 20 tetes minyak esensial thyme. Minyak thyme juga bisa diganti dengan tea tree, kayu manis, atau kayu putih.
  • Alkohol gosok 70–99 persen, atau alkohol isopropil.

Cara membuat desinfektan ini sendiri, yaitu masukkan 20 tetes minyak thyme ke dalam botol semprot, lalu campur dengan alkohol gosok, kemudian tutup botol semprot hingga rapat dan kocok secara perlahan. Setiap kali kamu ingin menggunakan solusi ini, sebaiknya kocok terlebih dahulu.

Baca juga: Ini Cara Membunuh Virus Corona di Rumah Menurut Para Ahli

  1. Solusi Hidrogen Peroksida

Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA) mencantumkan hidrogen peroksida sebagai alat sterilisasi yang efektif untuk membunuh patogen, termasuk virus corona baru. Kamu bisa menggunakan konsentrasi tiga persen hidrogen peroksida saja atau diencerkan menjadi 0,5 persen untuk desinfektan.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Seperempat cangkir hidrogen peroksida 3 persen.
  • Satu cangkir air.

Cara membuatnya, tuangkan semua bahan ke dalam botol semprot berwarna buram. Mengapa harus berwarna buram? Karena hidrogen peroksida sangat sensitif terhadap cahaya dan akan mulai rusak bila terpapar. Setelah mencampur semua bahan, kocok sampai rata. Mudah bukan?

  1. Larutan Hidrogen Peroksida dan Etil Alkohol

Untuk solusi ini, alkohol yang digunakan adalah etanol, bukan isopropil. Alkohol isopropil biasanya digunakan dalam hand sanitizer, sedangkan etanol adalah jenis alkohol yang dikonsumsi. Contohnya, alkohol gandum atau vodka high proof. Kedua alkohol tersebut bisa membunuh kuman. 

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Tiga setengah ons air suling.
  • 12 ons 95 persen etil alkohol. Jika menggunakan vodka high-proof (minimal 130 proof), jangan tambahkan air.
  • Setengah sendok teh hidrogen peroksida.
  • 30 hingga 45 tetes minyak esensial. Beberapa jenis minyak esensial yang bisa digunakan, antara lain, lavender, peppermint, cengkeh, tea tree, kayu putih, kayu manis, dan lain-lain.

Cara membuat desinfektan ini sendiri, yaitu tuangkan hydrogen peroksida dan air ke dalam botol semprot buram. Kemudian, masukkan campuran minyak esensial yang diinginkan, lalu tambahkan etil alkohol. Kocok dengan baik untuk mencampurnya.

Baca juga: Intip Cara Sterilisasi Kamar Usai Isolasi Mandiri

Itulah cara membuat desinfektan sendiri di rumah. Selain desinfektan, persediaan obat-obatan juga perlu diperhatikan nih selama masa pandemi. Nah, kamu bisa membeli obat-obatan yang kamu perlukan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play. 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Scary Mommy. Diakses pada 2021.  Be Gone, Germs! 8 Easy Ways To Make Disinfectant Spray At Home