• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Cara Mencegah Demam Berdarah Menyerang Anak

Ketahui Cara Mencegah Demam Berdarah Menyerang Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Setelah malaria, demam berdarah menjadi salah satu penyakit yang ditularkan oleh nyamuk dan sering dialami oleh anak-anak. Orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah sangat rentan terinfeksi virus dengue. 

Jika orangtua menemukan ruam pada kulit anak dan anak mengalami demam serta nyeri di tubuh, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Lantas, bagaimana cara mencegah demam berdarah pada anak? Selengkapnya ada di bawah ini!

Langkah Pencegahan Demam Berdarah pada Anak

Jika musim hujan tiba ataupun tinggal di pemukiman padat penduduk, semestinya orangtua perlu untuk lebih waspada. Berikut ini langkah-langkah pencegahan demam berdarah yang bisa dilakukan:

Baca juga: Waspada DBD, Jangan Biarkan Air Menggenang

  1. Pastikan anak mengonsumsi banyak air sepanjang hari karena dehidrasi meningkatkan risiko demam berdarah. Nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus dengue berkembang biak di air dalam pot bunga, genangan air, dan lain-lain.

Mereka paling aktif di siang hari karena itu membatasi jumlah waktu yang dihabiskan anak di luar ruangan, terutama pada jam-jam sekitar fajar dan senja.

  1. Pastikan anak untuk selalu mengenakan pakaian lengan panjang untuk mengurangi paparan nyamuk ke kulit. Warna gelap menarik nyamuk, karenanya pilihlah pakaian berwarna terang
  2. Mengajari anak untuk membiasakan diri mencuci tangan sejak usia dini dan mendorong mereka untuk makan-makanan bergizi dibandingkan dengan jajanan.
  3. Gunakan krim dan semprotan berbasis minyak sereh atau pengusir nyamuk herbal lainnya untuk memperkecil kemungkinan gigitan nyamuk. 

Konsultasikan dengan dokter anak sebelum menggunakan obat nyamuk yang diaplikasikan ke kulit. Minyak daun dari pohon eucalyptus lemon juga dikenal sangat efektif untuk mengusir nyamuk.

Jika memungkinkan, pasang kelambu di tempat tidur. Supaya aman, orangtua juga bisa memasang jaring nyamuk di jendela rumah. Jika ada celah atau lubang di dinding, segera perbaiki.

  1. Mempraktikkan hidup bersih sangat penting untuk mencegah nyamuk menggigit anak. Pastikan kulit anak selalu bersih dan kering. Minta anak-anak mandi segera setelah kembali dari bermain.
  2. Menjadi lebih mudah bagi tubuh untuk melawan segala jenis infeksi jika tingkat imunitasnya tinggi. Caranya adalah memasukkan makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi. Informasi lebih detail mengenai pencegahan demam berdarah pada anak bisa ditanyakan lewat aplikasi Halodoc.

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah.

Tingkatkan Imun Tubuh, Cegah Demam Berdarah

Demam berdarah dapat dicegah dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Beberapa jenis makanan dapat membantu meningkatkan kekebalan secara alami. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dapat membantu membangun kekebalan yang kuat.

Baca juga: Nyeri di Belakang Mata, Tanda Lain dari Demam Berdarah

Vitamin C membantu dalam produksi sel darah putih yang merupakan sel penangkal penyakit pada tubuh. Makanan ini juga sarat dengan antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Jeruk, lemon, jeruk, anggur, dan kiwi adalah buah yang direkomendasikan untuk meningkatkan vitamin C dalam tubuh.

Selain memberikan cita rasa pada makanan, bawang putih berkontribusi untuk kekebalan tubuh yang lebih baik dan memerangi infeksi. Bawang putih juga memiliki sifat antibakteri dan anti jamur. Tambahkan bawang putih dalam setiap masakan untuk meningkatkan imun tubuh. Yoghurt, bayam, kunyit, dan jahe adalah jenis makanan lain yang baik untuk imunitas tubuh.

Referensi:
Kokilaben Hospital. Diakses pada 2020. Tips To Fend Off Dengue Fever In Children.
NDTV. Diakses pada 2020. Dengue Fever Prevention: 7 Immunity-Boosting Foods That Can Help You Prevent Dengue.