• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Cara Mengatasi Krisis Komunikasi dalam Keluarga

Ketahui Cara Mengatasi Krisis Komunikasi dalam Keluarga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Komunikasi merupakan bagian penting dari sebuah keluarga. Banyak manfaat yang bisa dirasakan jika komunikasi dalam keluarga berjalan dengan baik. Bukan hanya dapat memenuhi kebutuhan keluarga satu dengan yang lain, komunikasi dalam keluarga juga dinilai menjadi cara lain dalam mengutarakan kasih sayang antar keluarga.

Baca juga: Cara Menjaga Komunikasi yang Baik dalam Keluarga

Komunikasi yang tidak berjalan dengan baik dalam keluarga tentunya membuat keluarga terasa tidak nyaman. Untuk itu, sebaiknya ketahui cara tepat mengatasi krisis komunikasi dalam keluarga agar kondisi ini tidak terjadi berlarut-larut. Yuk, simak dalam artikel ini cara membangun komunikasi yang berkualitas dalam keluarga.

Mengatasi Krisis Komunikasi dalam Keluarga

Keluarga terdiri dari beberapa anggota yang memiliki pendapat maupun pikiran berbeda-beda. Apalagi jika kamu memiliki anggota keluarga yang sudah beranjak dewasa. Tentunya, membangun komunikasi yang baik menjadi hal utama agar keluarga tetap harmonis dan bahagia.

Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dengan memiliki komunikasi yang baik dalam keluarga. Mulai dari mengutarakan keinginan, ketidakpuasan, saat tidak nyaman, atau untuk menunjukkan kasih sayang antar keluarga. Dengan komunikasi yang baik, lingkungan rumah pun akan terasa sangat nyaman apalagi jika kamu memiliki anak yang masih dalam proses tumbuh kembang.

Untuk itu, sebaiknya cari tahu cara tepat mengatasi krisis komunikasi dalam keluarga. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan:

1.Buatlah Jadwal Rutin untuk Kumpul Keluarga

Sebaiknya orangtua membuat jadwal untuk berkumpul dengan seluruh anggota keluarga secara rutin. Bisa membuat jadwal sarapan bersama setiap pagi atau sekedar menghabiskan waktu sambil olahraga sore hari bersama keluarga. Lakukanlah kegiatan tersebut secara rutin. 

Selain berkumpul, buatlah kegiatan tersebut menyenangkan dan menjadi waktu untuk bertukar cerita bagi setiap anggota keluarga. Waktu di akhir minggu juga cukup menyenangkan untuk menghabiskan waktu dengan bermain kartu bersama seluruh anggota keluarga. Bukan hanya komunikasi yang menjadi lebih baik, ikatan kekeluargaan akan semakin meningkat.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjaga Keharmonisan dalam Keluarga?

2.Sediakan Waktu untuk Setiap Harinya

Tidak harus berjam-jam, kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit bersama anggota keluarga lainnya. Pastikan kamu menyapa anggota keluarga sebelum melakukan berbagai kegiatan sehari-hari atau tidur.

Ibu juga bisa melakukan komunikasi yang lebih hangat dengan pasangan setelah atau sebelum tidur. Siapkan beberapa menit sebelum memulai hari.

3.Jadilah Pendengar yang Baik

Tidak ada salahnya kamu bertanya pada anak maupun pasangan mengenai harinya yang dilalui. Tanyakan bagaimana perasaannya dan harinya berjalan. Jika anak-anak atau pasangan menceritakan sesuatu, sebaiknya jadilah pendengar yang baik

Ketika didengarkan dengan baik, tentunya seseorang akan merasa dihargai. Hal ini akan membuat seseorang lebih mudah untuk berkomunikasi. Hal ini akan membuat komunikasi dalam keluarga menjadi lebih baik.

4.Lakukan Cara Komunikasi yang Baik dalam Keluarga

Selain beberapa cara di atas, sebaiknya kamu juga perlu melakukan komunikasi yang baik dalam keluarga. Hindari berteriak atau bernada tinggi saat berkomunikasi dengan keluarga. Sebaiknya gunakan bahasa yang lembut dan mudah dimengerti oleh anggota keluarga.

Jika kamu sedang dalam keadaan emosi atau kurang baik, sebaiknya tunggu hingga suasana hati menjadi lebih baik untuk berbicara. Dengan begitu, kalimat atau kata-kata yang keluar dari mulut akan menjadi lebih baik dan tenang.

Baca juga: Silaturahmi dengan Keluarga Tingkatkan Rasa Bahagia

Itulah beberapa cara mengatasi krisis komunikasi dalam keluarga. Jika komunikasi dalam keluarga tidak membaik dalam beberapa waktu, kamu bisa berkonsultasi dengan psikolog untuk memastikan komunikasi yang tepat dalam keluarga. 

Tidak perlu repot, kamu bisa gunakan Halodoc untuk membuat janji di rumah sakit terdekat atau tanya jawab secara langsung dengan dokter melalui aplikasi. Mudah dan praktiskan? Kamu tinggal download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play di smartphone kesayangan kamu!

Referensi:
Froddo. Diakses pada 2021. 8 Steps to Better Family Communication.
Health Children. Diakses pada 2021. Improving Family Communication.