Ketahui Cara Mengobati Histoplasmosis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
ketahui-cara-mengobati-histoplasmosis-halodoc

Halodoc, Jakarta – Ternyata infeksi paru-paru tidak hanya bisa disebabkan oleh virus atau bakteri saja. Histoplasmosis adalah infeksi paru-paru yang disebabkan oleh spora jamur bernama Histoplasma capsulatum. Spora jamur ini sering ditemukan di tanah atau pada kotoran burung dan kelelawar, dan bisa masuk ke dalam tubuh bila kamu tidak sengaja menghirupnya melalui udara. 

Sebagian besar kasus histoplasmosis memang tidak memerlukan penanganan khusus. Namun, bagi orang dengan daya tahan tubuh yang rendah, penyakit ini bisa menyebabkan masalah yang serius. Karena itu, ketahui cara mengobati histoplasmosis di sini.

Penyebab dan Cara Penularan Histoplasmosis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, histoplasmosis disebabkan oleh spora jamur Histoplasma capsulatum. Jamur ini tumbuh di tanah yang lembab dan kaya akan bahan organik, terutama pada kotoran kelelawar dan unggas, sehingga sering ditemukan di kandang ayam dan burung, serta di gua dan taman.

Penularan histoplasmosis paling sering terjadi melalui udara. Jadi, spora jamur yang berada di tanah bisa terbang tertiup angin dan mencemari udara, lalu masuk ke dalam sistem pernapasan manusia bila tidak sengaja terhirup. Seseorang bisa terinfeksi histoplasmosis berkali-kali, tetapi gejala yang paling parah terjadi pada infeksi yang pertama. Meski demikian, infeksi ini jarang menular antar manusia.

Sebenarnya, histoplasmosis bisa terjadi pada semua orang. Namun, ada berbagai profesi yang memiliki risiko tinggi untuk terpapar spora jamur penyebab histoplasmosis, antara lain:

  • Petani;

  • Tukang bangunan;

  • Pekerja lapangan;

  • Tukang kebun; dan

  • Penjelajah gua.

Anak-anak dan orang dewasa yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah berisiko lebih tinggi mengalami histoplasmosis diseminata. Kelompok orang yang berisiko tinggi mengidap histoplasmosis, antara lain pengidap HIV/AIDS, pengidap kanker yang menjalani kemoterapi, dan orang yang mengonsumsi obat-obatan kortikosteroid atau penekan sistem imun.

Baca juga: Selain Merokok, Kebiasaan Ini Menjadi Penyebab Infeksi pada Paru-Paru

Gejala Histoplasmosis yang Mesti Diwaspadai

Histoplasmosis yang masih ringan umumnya tidak menimbulkan gejala apapun. Itulah mengapa pengidap histoplasmosis seringkali tidak menyadari bahwa dirinya sudah terinfeksi. Namun, gejala bisa muncul bila spora jamur terhirup dalam jumlah yang banyak. Gejala histoplasmosis biasanya akan muncul 3–17 hari setelah terpapar, meliputi demam dengan suhu tubuh yang terus naik, nyeri otot, nyeri sendi, sakit kepala, batuk kering, dan sesak napas.

Pada orang yang sudah memiliki penyakit paru sebelumnya, seperti emfisema, histoplasmosis bisa berkembang menjadi kronis. Histoplasmosis kronis menimbulkan gejala yang mirip dengan gejala tuberkulosis, yaitu batuk berdarah, keringat berlebih, dan penurunan berat badan. 

Sedangkan histoplasmosis yang berat, biasanya terjadi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti pengidap HIV/AIDS, dan bisa memengaruhi sejumlah organ tubuh lain, misalnya mulut, hati, sistem saraf pusat, kulit, dan kelenjar adrenal. Kondisi ini disebut histoplasmosis diseminata dan bisa berbahaya bila tidak segera ditangani.

Baca juga: Infeksi Paru-Paru saat Kecil Dapat Sebabkan Bronkiektasis

Cara Mengobati Histoplasmosis

Bagi kasus histoplasmosis yang masih ringan, pengobatan biasanya tidak dibutuhkan. Namun, bagi pengidap yang mengalami gejala yang berat, histoplasmosis kronis, atau histoplasmosis diseminata, dokter akan memberikan obat antijamur, baik berupa tablet minum atau suntikan untuk mengatasinya. Contoh obat antijamur yang biasa digunakan untuk mengobati histoplasmosis adalah itraconazole, ketoconazole, dan amphotericin B.

Baca juga: Bagaimana Cara Mencegah Histoplasmosis?

Jadi, segeralah temui dokter bila kamu mengalami gejala histoplasmosis seperti di atas. Kamu juga bisa membicarakan gejala kesehatan yang kamu alami pada dokter Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa berdiskusi dan minta saran kesehatan dari dokter kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
MedicineNet. Diakses pada 2019. Histoplasmosis (Cave Disease) Diagnosis, Treatment & Symptoms.
Medical News Today. Diakses pada 2019. Histoplasmosis: Causes, risk factors, and treatment