• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Cara Mensterilkan Menstrual Cup yang Tepat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Cara Mensterilkan Menstrual Cup yang Tepat

Ketahui Cara Mensterilkan Menstrual Cup yang Tepat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 Januari 2022

“Penggunaan menstrual cup kini sedang trend dan semakin diminati banyak wanita. Produk ini bisa menjadi pengganti pembalut dan tampon yang hanya sekali pakai. Karena menstrual cup dapat digunakan berulang-ulang kali, maka penting untuk mengetahui cara membersihkan dan mensterilkan menstrual cup sebelum digunakan.”

Ketahui Cara Mensterilkan Menstrual Cup yang Tepat

Halodoc, Jakarta – Menstrual cup kini semakin diminati banyak wanita sebagai pengganti atau alternatif pembalut dan tampon. Menstrual cup terbuat dari bahan silikon yang aman dari segi medis dan bebas dari bahan kimia beracun. Berbeda dengan pembalut dan tampon yang hanya sekali pakai, menstrual cup bisa digunakan berulang dalam waktu lama. Hanya saja, demi keamanan dan kebersihan organ intim, perlu bagi pengguna mengetahui cara membersihkan atau mensterilkan menstrual cup. 

Jika kamu sudah memutuskan untuk menggunakan menstrual cup untuk digunakan saat menstruasi, maka itu bisa jadi pilihan yang bagus. Menstrual cup dianggap lebih aman, nyaman, dan baik untuk lingkungan.

Namun, yang perlu dipahami betul sebelumnya yaitu mengenai cara tepat untuk membersihkan dan mensterilkannya. Supaya masa penggunaan menstrual cup sesuai dengan jangka waktunya dan aman juga bagi kesehatan organ intim. 

Cara Tepat Mensterilkan Menstrual Cup

Mensterilkan menstrual cup adalah kunci untuk memperpanjang umur menstrual cup, serta membuatnya aman untuk digunakan. Salah satu fitur terbaik dari menstrual cup adalah dapat dipakai dengan aman hingga 12 jam (tergantung aliran menstruasi juga). Dengan begitu, mencuci dan mensterilkan menstrual cup harus menjadi protokol wajib selama periode menstruasi berlangsung. 

Saat produk menstrual cup baru dibeli dan pertama kali digunakan, maka harus direbus selama kurang lebih 5 menit. Ini adalah cara sederhana untuk memastikan menstrual cup benar-benar bersih dan siap digunakan. Pastikan juga panci yang kamu gunakan untuk merebus menampung cukup air hingga menstrual cup dapat mengapung. 

Proses sterilisasi menstrual cup juga harus dilakukan setelah periode menstruasi selesai. Kamu direkomendasikan untuk membilas menstrual cup sampai bersih, lalu rebus selama beberapa menit. Setelah menstrual cup direbus, sisihkan hingga benar-benar dingin dan kering. 

Beberapa merek menstrual cup biasanya juga menjual gelas sanitasi yang dapat diisi dengan air. Kemudian dimasukkan ke dalam microwave dengan menstrual cup di dalamnya, dan direbus selama 3 hingga 4 menit. 

Proses membersihkan dan sterilisasi diperlukan untuk menghilangkan dan mencegah pertumbuhan bakteri sebelum penggunaan berikutnya. Pembersihan menstrual cup setiap hari saat periode menstruasi hanya menghilangkan beberapa bakteri di permukaan dan bau. Namun, mensterilkan sepenuhnya dapat menghilangkan bakteri, sehingga dapat disimpan dan siap digunakan lagi saat periode menstruasi datang lagi. 

Cara Membersihkan Menstrual Cup Sehari-hari

Selama periode menstruasi, kamu harus selalu membersihkan menstrual cup yang sudah penuh sebelum digunakan lagi. Jangan lupa juga untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah memasukkan cangkir. 

Berikut ini cara membersihkan menstrual cup sehari-hari:

  • Lepaskan menstrual cup dan kosongkan darah ke toilet.
  • Bilas dengan air bersih, dan gunakan sabun yang lembut, bebas, minyak, dan bebas pewangi untuk membersihkannya.
  • Setelah bersih, kamu bisa memasukkan menstrual cup kembali.

Sebagian besar produk menstrual cup dilengkapi dengan tempat khusus untuk menyimpan saat kamu tidak menggunakannya. Simpan tempat penyimpanan di tempat yang sejuk dan kering. 

JIka kamu tidak membersihkan dan mensterilkan menstrual cup dengan tepat, bakteri, bau, noda, dan erosi dapat terjadi. Hati-hati kondisi tersebut bisa menyebabkan iritasi hingga infeksi. 

Itulah yang perlu diketahui mengenai cara mensterilkan menstrual cup  dengan tepat. Jika terjadi masalah terkait menstruasi dan penggunaan menstrual cup, tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How to Clean and Store Your Menstrual Cup
Blood and Milk. Diakses pada 2022. How to Clean Your Menstrual Cup
Pixie Cup. Diakses pada 2022. Sterilizing your menstrual cup
Healthline. Diakses pada 2021. Which Menstrual Cup is Right for You?
Sciencealert. Diakses pada 2021. The First Major Review of Menstrual Cups Has Just Given Its Verdict.